Tips Memilih Jasa Tukang Untuk Renovasi Rumah

Merenovasi rumah bukanlah suatu hal yang mudah dilakukan oleh setiap orang. Bahkan merenovasi rumah butuh biaya, waktu, serta tenaga ahli yang benar-benar berpengalaman dalam membangun rumah. Oleh sebab itu saat anda merencanakan untuk merenovasi rumah, perencanaan yang sangat teliti harus dilakukan.

Perencanaan yang detail akan membuat renovasi rumah berjalan lancar dan tidak terhenti ditengah jalan karena anda kehabisan dana. Dalam perencanaan yang detail tersebut, sebaiknya juga dimasukkan pemilihan jasa tukang renovasi dan biaya yang anda butuhkan. Dengan begitu anda tidak akan kecewa dengan kinerja tukang yang akan anda sewa.

Pada dasarnya pengerjaan renovasi rumah bisa dikerjakan secara borongan atau harian. Jika anda bertanya kepada tukang-tukang bangunan, sebagian dari mereka memilih dibayar borongan sementara sebagian lain bersedia dibayar harian. Berikut ini ada beberapa tips untuk memilih jasa tukang renovasi rumah.

Tips Memilih Jasa Tukang Untuk Renovasi

Tips pertama dalam memilih jasa tukang adalah anda membuat suatu daftar yang berisi semua daftar hal yang perlu anda perbaiki. Daftar yang anda bawa harus detail dan menyeluruh. Pada saat anda bertemu dengan tukang, anda harus membawa daftar tersebut dan tunjukkan kepada mereka.

Diskusikan apa yang anda inginkan untuk diperbaiki dengan para tukang yang hendak anda sewa tersebut dan dapatkan masukan yang berharga dari mereka berupa usulan perubahan renovasi, tempat pembelian material, serta berbagai hal lainnya sehingga anda bisa melakukan renovasi dengan lebih murah.

Tips kedua, pilih dengan seksama tukang yang hendak anda sewa. Untuk memilih, perhatikan saat mereka berdiskusi dengan anda tentang daftar renovasi yang anda inginkan. Dengan sedikit kecermatan anda akan tahu tukang mana yang profesional dan yang hanya sekedar bisa.

Untuk lebih memastikan, paling tidak anda harus berbicara dengan tiga orang tukang berbeda sehingga anda punya pertimbangan yang lebih luas.

Untuk tambahan pertimbangan, mintalah pendapat orang-orang yang sudah pernah menyewa tukang-tukang yang hendak anda sewa dan tanyalah tentang kinerja dan kualitas pekerjaan mereka. Referensi semacam ini sangat berharga dan berguna untuk menentukan tukang terbaik yang harus kita sewa jasanya.

Jelaskan Tugas Tukang

Setelah anda memutuskan menyewa salah satu dari tukang tersebut, maka ajak dia berkeliling rumah anda untuk menunjukkan bagian-bagian mana saja yang harus direnovasi. Ajak berkeliling rumah agar tukang tersebut mempunyai pandangan bagian-bagian yang harus dia kerjakan.

Minta dia mengecek keadaan rumah dan berikan kesempatan kepada dia untuk bertanya seperti apa kemauan anda untuk merenovasi rumah.

Jika dia sudah paham dengan apa yang anda inginkan, maka segera tanyakan tarif atau bayaran yang dia inginkan sehingga anda bisa merencanakan anggaran untuk tukang.

Selain itu, tanyakan juga tentang peralatan yang diperlukan apakah dibawa sendiri atau anda sediakan sehingga anda terhindar dari pengeluaran mendadak.

Seorang tukang yang baik dan berkualitas pasti akan membawa peralatannya sendiri karena dia lebih tahu peralatan apa saja yang dibutuhkan untuk mengerjakan renovasi tersebut. Biasanya tukang lebih nyaman dengan peralatan yang dimilikinya daripada memakai peralatan baru.

Negosiasikan tarif yang harus anda bayar. Jika bisa dibayar lebih murah maka anda bisa menghemat budget anda dalam merenovasi rumah anda. Jika anda sudah mantap dengan tukang tersebut, segera buat kesepakatan yang berupa kontrak pengerjaan dan juga upah yang akan dibayarkan. Tidak perlu secara formal namun harus dengan suatu diskusi atau pembicaraan yang serius.

Advertisements

One thought on “Tips Memilih Jasa Tukang Untuk Renovasi Rumah

  1. o May 29, 2014 / 15:42

    saya mo renovasi interior. tapi takut tukang lambat alias tidak bisa mengejar deadline. krn trauma dengan tukang yg telah lewati deadline dan masih meminta tambahan dana walaupun target kerja masih banyak. gimana dengan kasus seperti ini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s