Tips Home Improvement untuk Rumah di Daerah Tropis

Jika anda kurang suka dengan ruangan rumah anda yang terlalu pengap dan ingin segera melakukan home improvement pada rumah anda. Maka berhubung kita berada di daerah tropis ada baiknya menyesuaikan dengan kondisi yang ada. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu anda perhatikan sebelum memulai perombakan.

Pentingnya sirkulasi udara dan sinar matahari yang cukup

Sirkulasi udara untuk rumah di daerah tropis memang sangat penting. Jika anda merasa rumah anda pengap dan suhu udara cukup tinggi maka ada baiknya melakukan perombakan yang cukup besar untuk mendapatkan kenyamanan.

Salah satunya adalah dengan melakukan perombakan pada ventilasi. Dengan melakukan hal ini, tidak hanya akan membuat rumah anda nyaman tetapi juga sehat bagi penguni rumah.

Selain itu, gantilah jendela atau pintu rumah anda dengan bukaan yang cukup luas.

Jarak antara lantai dan langit-langit juga perlu diperhatikan, ada baiknya jaraknya cukup tinggi untuk memperlancar sirkulasi udara.

Bagi anda yang mempunyai rumah dengan 2 lantai. Mengunakan plat beton atau plafond untuk rumah anda dapat membuat ruangan menjadi sejuk. Selain itu, untuk melindungi rumah anda dari serangan panas yang berlebihan maka gunakanlah Aluminium foil.

Jika anda ingin melakukan home improvement yang cukup besar untuk membuat rumah anda menjadi lebih nyaman maka jika memungkinkan pastikan setiap ruangan rumah anda terkena sinar matahari. Tapi pastikan juga sinar matahari yang masuk tidak terlalu banyak karena dapat menyebabkan rasa panas di dalam ruangan rumah.

Sinar matahari dapat membantu anda untuk menghilangkan kelembaban di rumah anda yang memicu munculnya rayap dan jamur. Jika memang tidak memungkinkan untuk setiap ruangan dimasuki sinar matahari maka perhatikan saja ruangan-ruangan tertentu yang sangat penting untuk terkena sinar matahari.

Salah satunya adalah dapur. Ruangan ini adalah salah satu ruangan yang sangat berpotensi dihuni oleh jamur dan bakteri. Maka dari itu pastikan dinding-dindingnya terkena cahaya matahari yang cukup. Selain itu sirkulasi udara dalam dapur juga perlu diperhatikan agar membuat ruangan tetap segar.

Pastikan atap rumah anda mampu bertahan di dua musim

Daerah tropis memiliki perbedaan iklim yang cukup ekstrim. Jika musim kemarau, maka kita akan merasakan kekeringan dan kepanasan yang cukup menyengat. Di musim hujan, udara di sekitar kita menjadi dingin karena curah hujan yang sangat tinggi.

Maka dari itu untuk membuat rumah tetap nyaman di kedua musim tersebut pastikan anda memperhatikan atap rumah anda. Pastikan anda mendesain atap dengan kemiringan sekitar 30 sampai 45 derajat agar saat musim hujan berlangsung, atap mampu mengalirkan air secara cepat.

Selain kemiringan perhatikan juga sambungan dari elemen penutup atap. Jika menggunakan genteng maka pastikan pemasangannya cukup baik agar air tidak merembes masuk kedalam celah genteng.

Tapi jika rumah anda menggunakan atap terbuat dari logam seperti seng, maka ada baiknya anda melapisi screw atau paku dengan karet. Hal ini berguna agar air tidak merembes masuk.

Untuk menghindari atap rumah mengalami rembesan dari air hujan atau panas berlebih saat musim kemarau, anda pun bisa mengunakan aluminium foil diantara atap dan rangka kaso.

Itulah beberapa hal yang perlu anda perhatikan sebelum melakukan home improvement. Dengan memperhatikan tiga hal tersebut maka anda dapat mendesain ulang rumah anda menjadi rumah yang sehat, nyaman dan tahan terhadap cuaca.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s