Tips Agar Ruang Tamu Kecil Terlihat Lebih Besar

Banyak orang beranggapan bahwa ruang tamu yang sempit tidak nyaman dan sulit ditata. Apalagi dengan banyaknya rumah – rumah berukuran kecil yang banyak bermunculan saat ini tentu harus memaksa mereka untuk mendapatkan ruang tamu yang kecil.

Ruang tamu kecil sebenarnya bisa terlihat indah seperti ruang – ruang tamu lain yang lebih besar. Hal ini tergantung dari strategi dan siasat yang anda gunakan untuk menata ruang tamu tersebut.

Memang, menata ruang tamu yang kecil lebih menantang daripada ruang tamu berukuran besar karena anda harus bisa mendesain ruang tamu anda sedemikian rupa dengan luas yang sangat terbatas.

Jika terdapat kesalahan dalam pemilihan warna atau penempatan furniture, hal ini dapat membuat ruang tamu anda jadi terlihat penuh dan kurang nyaman. Padahal, ruang tamu itu sendiri merupakan salah satu bagian terpenting bagi setiap rumah dimana anda akan menyambut tamu di ruangan ini.

Salah satu cara yang dapat anda lakukan dengan ruang tamu berukuran kecil adalah membuatnya agar nampak lebih besar. Jika anda belum mengetahui tips nya, berikut ini beberapa tips yang dapat anda aplikasikan untuk ruang tamu anda.

Meminimalkan Penggunaan Sekat Ruangan

Sebaiknya, anda menghindari penggunaan sekat untuk ruang tamu yang sempit karena adanya sekat justru akan membuat ruang tamu semakin terasa sempit dan penuh. Biasanya ruang tamu berdekatan dengan ruang makan.

Untuk mengurangi kesan sempit, sebaiknya anda membiarkan ruang tamu anda tidak bersekat walaupun ruangan lain jadi terlihat oleh tamu. Tanpa adanya sekat, ruang tamu dapat dibentuk memanjang dan berurutan dengan ruang makan.

Dalam sebuah ruang tamu, anda tentu juga memerlukan jalur untuk keluar masuk ke dalam ruangan lainnya. Oleh karena itu, anda dapat menempatkan furniture termasuk sofa dan meja di satu bagian saja. Misalnya, sofa dan meja di pusatkan pada sisi kiri, maka jalur sirkulasi yang lega berada di bagian kanan.

Optimalkan Penggunaan Furniture Multifungsi

Di era modern saat ini, banyak sekali furniture multifungsi yang memberikan manfaat ganda bagi pemilik rumah. Furniture multifungsi biasanya menambahkan fungsi penyimpanan sehingga membuat anda dapat menyimpan barang – barang anda dengan lebih mudah dan mengurangi kesan penuh di dalam rumah.

Misalnya, meja multifungsi. Meja tersebut biasanya dilengkapi dengan rak dibagian bawah sehingga selain berfungsi sebagai meja, anda juga dapat menyimpan barang – barang di dalam rak tersebut. Dengan demikian, anda tentu dapat membuat ruang tamu kecil menjadi terlihat lebih rapi.

Salah satu strategi umum untuk menyiasati ruangan yang sempit adalah pemaksimalan cahaya. Oleh karena itu, anda perlu membuat ruang tamu menjadi lebih terang untuk menimbulkan efek yang lapang dalam ruangan.

Pilihlah warna dinding dengan warna – warna cerah atau warna lembut untuk memberikan rasa nyaman dan tenang di dalam ruang tamu. Atau, anda juga dapat memaksimalkan pencahayaan untuk ruang tamu melalui lampu atau jendela untuk mengijinkan cahaya matahari masuk ke dalam ruangan anda.

Tambahkan pula sebuah cermin di salah satu sisi dinding untuk memberikan efek yang maksimal karena cermin akan membantu memantulkan cahaya di ruang tamu.

Pemilihan warna lantai sebaiknya juga menggunakan warna yang terang. Jika anda ingin menggunakan aksesoris ruangan seperti lukisan, vas bunga, atau aksesoris lainnya, sebaiknya gunakan sedikit aksesoris saja karena terlalu banyak aksesoris juga membuat ruang tamu yang sempit menjadi kurang nyaman.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s