Tingkatkan Kenyaman Rumah dengan Sistem Keamanan dan Cadangan Energi

Setiap orang bermimpi untuk memiliki rumah sendiri. Beberapa orang bermimpi memiliki rumah yang sangat mewah dengan segala fasilitas yang membuat si empunya merasa nyaman dan bangga atas rumahnya.

Beberapa orang yang lain mungkin memimpikan rumah sederhana namun nyaman ditinggali. Bila kita bertanya atau mungkin melakukan survei tentang bentuk rumah impian, mungkin kita akan menerima jawaban yang beragam tentang rumah impian.

Bagaimanapun bentuk rumah yang diimpikan, intinya adalah semua orang membutuhkan tempat tinggal yang layak dan nyaman.

Nah, bila dalam waktu dekat anda akan membangun rumah impian, jangan lupa untuk memikirkan sistem keamanan rumah serta cadangan energi di rumah anda. Berikut beberapa tips sederhana membangun rumah dengan sistem keamanan terpadu serta sistem cadangan energi rumah.

Sistem Keamanan Terpadu

Di era teknologi yang semakin canggih seperti saat ini, kebutuhan keamanan rumah dapat ditunjang oleh teknologi. Apabila anda hendak membangun rumah, perhatikan faktor keamanan rumah anda. Tentu anda tidak ingin rumah anda dengan mudah dimasuki oleh orang-orang yang tidak anda harapkan bukan?

Sebelum memutuskan sistem mana yang akan anda gunakan, sebaiknya anda memilih perangkat yang paling tepat dengan kondisi rumah anda dan lingkungan tempat tinggal anda.

Salah satu sistem keamanan yang paling familiar adalah CCTV atau kamera pengintai. Kamera pengintai bekerja 24 jam, kamera ini merekam seluruh kejadian sepanjang hari dan dapat dilihat pada monitor yang dapat dijual terpisah atau menjadi satu paket, tergantung merek yang anda pilih.

Selain CCTV, anda dapat menggunakan sistem alarm terpadu yang terdiri dari sensor gerak, kontrol unit, receiver, alarm suara, dan sebagainya. Sistem ini akan dengan mudah mengontrol gerakan yang mencurigakan seperti merusak gerendel pintu, melompati pagar rumah, mencongkel jendela, dan sebagainya.

Alarm akan berbunyi di seluruh ruang rumah anda apabila sensor menangkap gerakan yang mencurigakan. Alat ini biasanya menggunakan kabel, namun ada juga beberapa produk yang menawarkan kelengkapan wireless (tanpa kabel) sehingga lebih nyaman untuk digunakan.

Sistem Cadangan Energi Rumah

Apabila anda sedang menonton acara favorit, mengerjakan beberapa tugas kantor di rumah, atau sedang mengadakan pertemuan dengan kolega anda, tentu saja pemadaman listrik dengan tiba-tiba sangat tidak anda harapkan bukan?

Ketika anda ingin membangun rumah impian, pastikan rumah anda nantinya memiliki sistem cadangan energi yang cukup untuk mengaliri listrik di rumah anda. Pilihlah pembangkit listrik cadangan yang sesuai dengan kebutuhan rumah anda, seperti berapa cadangan listrik yang mampu disimpan oleh alat tersebut, serta apakah anda memilih alat yang menggunakan bahan bakar atau tenaga surya.

Anda dapat memilih apakah lebih baik menggunakan genset yang menggunakan bahan bakar atau yang menggunakan tenaga surya. Masing- masing memiliki keunggulan dan kelemahan. Bila musim hujan tiba, tentu genset berpembangkit tenaga surya kurang begitu bisa diandalkan.

Sebaliknya genset yang menggunakan bahan bakar tentu membuat kita harus mengeluarkan dana lebih untuk membeli bahan bakar. Apabila anda tidak bermasalah dengan berapa dana yang harus anda keluarkan, mungkin sebaiknya anda memanfaatkan kedua jenis genset tersebut.

Jangan lupa untuk mengetahui bagaimana perawatan kedua jenis genset tersebut. Genset dengan pembangkit tenaga surya memiliki baterai yang harus diberikan perawatan khusus.

Panel-panel penangkap tenaga surya ini tidak dapat dibersihkan dengan sembarangan, dan apabila ada kerusakan hendaknya diperbaiki oleh sang ahli. Jadi pertimbangkan kebutuhan anda sebelum menjatuhkan pilihan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s