Saat yang Tepat untuk Renovasi Rumah

Persiapan Renovasi Rumah

Rumah merupakan tempat bagi sebuah keluarga berkumpul dan memulainya aktivitas. Sehingga kebanyakan orang mengidamkan rumah yang dapat membuatnya nyaman dan menjadi tempat melepas lelah setelah seharian beraktivitas dirumah.

Namun mengidamkan sebuah rumah yang nyaman membuat orang tidak dapat mempersiapkan konsep yang matang baik dari segi waktu maupun dana untuk material.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan home improvement agar dapat meminimalisir masalah yang akan didapat pada saat proses pembangunan hingga selesai siap dihuni.

Desain

Pada tahap pertama desain adalah hal dasar yang paling menentukan untuk mendapatkan rumah idaman. Ide dan konsep yang anda inginkan dapat anda tuangkan pada desain yang akan dibuat sebagai panduan membangun rumah idaman,

Kontrak

Memberikan tanggung jawab rumah kepada kontraktor diperlukan draft perjanjian secara tertulis diatas materai mengenai proses pengadaan bahan material serta kualitas dan rencana anggaran biaya yang akan dikeluarkan serta jadwal proses perbaikan rumah. Hal ini dapat memberikan kenyamanan saat proses perbaikan berlangsung.

Bahan bangunan

Periksalah kwitansi pembelian material bangunan untuk memastikan jumlah yang dibeli telah sesuai dengan perjanjian, hak tersebut untuk menghindari dari kerugian yang akan didapat. Survey langsung bahan bangunan yang akan dipakai juga tidak ada salahnya untuk memastikan material yang akan dipakai telah sesuai dengan konsep.

IMB

Perizinan untuk mendirikan bangunan tentunya tidak boleh luput karena perizinan merupakan bentuk kontrol pemerintah untuk menjamin keselarasan antara bangunan dan lingkungan. IMB juga dimaksudkan untuk menghindari pembangunan yang tidak memenuhi standar keamanan dan kesehatan penghuni rumah.

Jika hal-hal diatas telah kita penuhi, waktunya untuk memilih waktu atau kondisi yang tepat untuk home improvement.

Waktu kemarau adalah cuaca paling tepat untuk merenovasi karena pekerja bangunan dapat bekerja dengan optimal dibandingkan saat musim hujan. Pada musim kemarau yang didukung dengan teriknya matahari, pengeringan bahan material seperti semen ataupun pengecatan dapat lebih cepat prosesnya.

Selain itu, di musim penghujan bahan material dapat dipastikan akan meningkat karena sulitnya mendapatkan bahan baku seperti pasir yang didapatkan dari sungai. Pada musim hujan sungai dapat meluap dan banjir hingga kelangkaan bahan material bisa terjadi.

Di musim ini juga, proses pengerjaan renovasi rumah dapat anda awasi langsung karena cuaca yang cerah dan anda bisa mengetahui langsung detail proses pengerjaan.

Renovasi Rumah yang Tidak Tepat

Semua keluarga pasti menginginkan buah hati. Ketika kehadirannya bertepatan dengan rencana home improvement sebaiknya tunda dulu setelah sang buah hati cukup usia. Sangat tidak dianjurkan memiliki bayi saat renovasi rumah berlangsung.

Renovasi dapat menimbulkan polusi suara yang dapat membuat bayi anda tegang karena kegiatan renovasi rumah menghasilkan suara-suara yang cukup memekakkan telinga.

Selain itu, udara di rumah menjadi kotor karena material bahan bangunan menghasilkan aroma asing yang kuat dan bersifat racun. Bahan-bahan tersebut dapat merangsang produksi selaput lendir berlebihan, infeksi pada pernapasan, mual dan pening.

Tak hanya aroma kimia yang mengandung bahan racun, debu-debu yang dihasilkan dari pengerjaan rumah dapar beterbangan dan mengganggu pernapasan.

Renovasi rumah juga dapat berbahaya bagi bayi anda karena serpihan-serpihan material kayu, keramik yang licin, kabel-kabel listrik yang dipakai, bahan-bahan lainnya yang memiliki sisi tajam, semua berpotensi mencelakakan bayi maupun penghuni rumah lainnya.

Tak dapat dihindari, setelah melahirkan beberapa Ibu mengalami stress atau yang disebut baby blue. Kegiatan renovasi rumah dapat menambah stress pada Ibu maupun bayi karena gerakan serta mobilitas penghuni rumah yang terhambat dan suara-suara yang ditimbulkan.

Bayi juga dapat terganggu aktivitas motoriknya dikarenakan bayi harus diisolasi diruang tertentu dan tak dapat bergerak leluasa.

Pertimbangkan lagi renovasi rumah yang akan anda lakukan sebelum menghambat proses pengerjaan home improvement dan aktivitas keluarga anda. Karena saat yang tepat bisa membuat dana yang anda keluarkan lebih hemat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s