Renovasi Rumah Dengan Budget Terbatas

Rumah adalah kebutuhan primer umat manusia. Tanpa rumah manusia tidak akan bisa bertahan terhadap cuaca dan juga tidak akan bisa memenuhi kebutuhan sehari-harinya. Oleh sebab itu banyak orang bekerja keras agar bisa membangun rumah sederhana demi kebutuhan tempat tinggalnya dan keluarga.

Bagi mereka yang sudah mempunyai rumah, juga masih harus bekerja keras agar bisa memperbaiki dan membangun rumah mereka menjadi lebih bagus dan nyaman. Memang saat ini sedang tren istilah rumah tumbuh yaitu rumah yang selalu dibangun jika ada uang yang tersedia.

Dengan kata lain, rumah dibangun dulu seadanya baru kemudian ditambah sana-sini sehingga menjadi rumah yang diidam-idamkan. Cara ini adalah cara yang paling mudah untuk mendapatkan rumah idaman.

Bahkan anda tidak perlu mempersiapkan terlau banyak uang untuk membangung rumah sekali jadi. Oleh sebab itu, anda harus mempersiapkan rencana renovasi rumah secara bertahap walau dengan dana yang sangat terbatas. Ada banyak cara agar anda bisa tetap merenovasi rumah walau dengan dana yang sangat terbatas.

Tips Merenovasi Rumah Dengan Dana terbatas

Hal pertama yang harus anda perhatikan adalah menghitung dengan seksama jumlah uang yang anda punyai. Hitung dengan seksama agar saat anda merenovasi rumah, kebutuhan anda yang lain tidak terlantar.

Jika anda sudah yakin dengan dana yang anda punyai, tips kedua yang bisa anda lakukan adalah merencanakan dengan seksama renovasi yang akan anda lakukan.

Buat daftar bagian rumah yang akan diperbaiki. Jika ada terlalu banyak bagian yang harus diperbaiki, buatlah skala prioritas. Dahulukan bagian rumah yang penting yang harus direnovasi duluan.

Misalnya anda mendahulukan membangun kamar mandi dan tower air serta memperbaiki atap yang bocor daripada membangun pagar didepan rumah.

Tips berikutnya adalah memperhatikan desain yang sudah anda buat dan kurangi pekerjaan yang bisa dikurangi seperti tidak memplester tembok yang baru saja dibuat atau membiarkan tembok tidak dicat terlebih dahulu.

Tips selanjutnya adalah mempergunakan bahan material yang masih bisa dipakai. Jika anda membongkar atap, jangan buang genting atau kayu-kayunya. Pilihlah yang masih bagus dan pergunakanlah kembali. Jika warna sudah lusuh, bisa anda cat sedikit.

Tidak perlu malu untuk mempergunakan bahan material bekas dari rumah mertua atau tetangga yang bisa dibeli dengan harga yang sangat murah. Syarat mempergunakan bahan bekas adalah anda harus memilih dengan cermat material tersebut agar tidak mendapat material yang berkualitas jelek.

Kurangi Harga Yang Harus Anda Bayar

Jika dana anda sangat-sangat terbatas, kurangilah biaya yang harus anda bayar dengan cara mempergunakan material yang tidak memerlukan finishing seperti pengecatan dan plester. Dengan kata lain anda membiarkan tembok tanpa diplester dan kusen jendela tanpa dicat. Untuk hal ini mintalah nasihat kepada ahli bangunan atau arsitek yang sudah berpengalaman.

Untuk mengurangi biaya renovasi, lakukan renovasi dimusim kemarau sehingga tidak banyak pekerjaan yang tertunda dan kualitas pengerjaan bisa terjaga karena semua material bisa dalam keadaan kering.

Langkah terakhir, pilihlah tukang atau mandor yang sangat pengalaman sehingga pengerjaan renovasi bisa dilakukan tepat waktu.

Selain itu mandor yang sudah sangat berpengalaman bisa membantu anda dalam memberikan sedikit nasihat untuk mengurangi biaya yang harus anda keluarkan dalam merenovasi rumah anda. Jika anda bisa melakukan tip-tips diatas, dijamin anda bisa merenovasi rumah dengan dana sangat terbatas.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s