Merenovasi Rumah dengan Bijak

Rumah menjadi suatu barang yang penting untuk ditinggali. Mengapa demikian?

Karena rumah merupakan tempat tinggal yang akan kita tinggali selama bertahun-tahun bersama keluarga yang kita sayangi. Tidak hanya bertahun-tahun, bahkan mungkin selama hidup kita akan dihabiskan dalam rumah tersebut.

Banyak sekali kenangan yang tertoreh dalam sebuah rumah seperti saat anda pertama kali menjadi seorang suami, lalu anda menjadi seorang ayah dan anda menjadi seorang kakek. Rumah menjadi saksi bisu yang merekam jejak hidup anda.

Bijak dalam Merenovasi Rumah

Bagi anda yang kini telah memiliki rumah, seringkali anda merasa belum puas dan ingin merenovasi rumah di beberapa tempat yang menurut anda kurang layak dan nyaman untuk ditinggali. Hal ini wajar, karena anda pastinya menginginkan kondisi rumah yang ideal yang anda idam-idamkan untuk anda tinggali selama hidup anda.

Namun dibalik semua idealistis anda tersebut, anda harus tetap mengingat berbagai keterbatasan yang anda miliki, terutama di bagian anggaran.

Merenovasi rumah bukanlah hal yang murah untuk dilakukan, mengingat harga bahan bangunan yang semakin merangkak naik per tahunnya. Tak hanya itu, harga borongan upah pekerja pun tak kalah naik mengingat UMR (upah minimum regional) yang juga selalu diperjuangkan oleh para pekerja buruh ini.

Namun perlu anda ingat, merenovasi rumah dengan anggaran yang pas-pasan bukan hal yang mustahil untuk dilakukan. Bagaimana bisa?

Ya, tentunya jika anda menganut salah satu asas ekonomi yang mengutamakan skala prioritas, anda tetap bisa merenovasi rumah tanpa perlu mengeluarkan uang dalam jumlah yang banyak.

Tips Merenovasi Rumah dengan Anggaran yang Pas-pasan

Bagi anda yang ingin merenovasi rumah tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam bahkan berhutang, baiknya anda membaca ulasan berikut ini :

Coba anda tuliskan terlebih dahulu seluruh ide-ide anda mengenai bentuk rumah yang benar-benar anda inginkan. Cobalah anda tulis dengan detail mengenai berbagai kebutuhan rumah yang anda butuhkan dan berbagai model rumah yang sekiranya anda sukai.

Setelah itu lakukan skala prioritas, renovasi mana yang paling anda butuhkan saat ini. Misalnya agar terhindar dari kebocoran hujan, banjir atau robohnya rumah. Tentunya hal tersebut adalah hal urgent yang mutlak harus dilakukan.

Sedangkan kegiatan renovasi rumah seperti membuat bath tub klasik nan mewah untuk berendam, memasang wallpaper atau mengganti lantai teras merupakan hal yang perlu namun tidak terlalu urgent. Ada harus benar-benar membedakan hal ini.

Tentukan anggaran. Setelah anda tahu mana yang benar-benar anda butuhkan dalam kegiatan renovasi anda, hitunglah terlebih dahulu estimasi biaya yang akan anda keluarkan.

Setelah itu, sesuaikan dengan anggaran renovasi rumah yang telah anda persiapkan di rekening anda. Jika biaya renovasi rumah yang dinilai urgent lebih kecil dibanding persiapan anggaran anda, anda boleh mempergunakan kelebihan dana anda untuk merenovasi rumah yang sifatnya non urgent.

Tentukan bahan bangunan yang anda butuhkan. Jika dengan material bahan bangunan yang biasa saja sudah dapat menutup kebutuhan suatu ruangan, maka pilihlah material tersebut. Janganlah anda tergiur dengan tawaran pihak toko untuk memasang material yang bagus namun tidak anda butuhkan karena hal ini akan membuat pengeluaran semakin membengkak.

Menyewa konsultan dapat anda lakukan jika anda benar-benar membutuhkan pertimbangan dan perencanaan matang dalam merenovasi rumah yang membutuhkan jasa konsultan. Tentunya anda harus mempersiapkan budget tersendiri untuk hal ini.

Namun jika anda ingin menghemat pengeluaran, anda dapat mencari informasi sebanyak-banyaknya di internet mengenai tips merenovasi bagian rumah yang anda butuhkan. Saat ini di internet banyak sekali informasi yang disediakan situs maupun blog yang sangat bermanfaat dalam merenovasi rumah.

Selamat mencoba!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s