Menyiasati Ruang Tamu Besar dan Terkesan Kosong

Ukuran ruang tamu yang kurang pas seringkali menimbulkan masalah tersendiri bagi pemilik rumah, baik itu ruang tamu yang terlalu kecil maupun ruang tamu yang terlalu besar.

Beberapa pemilik rumah mungkin pernah merasakan bahwa ruang tamu mereka terlalu besar sehingga terkesan kosog dan kurang menarik untuk dipandang. Jika anda mengalami hal seperti ini, anda mungkin akan mencoba menambah perabotan untuk ruang tamu anda.

Namun, jika tidak dilakukan dengan tepat hal ini justru akan membuat perabotan menjadi menumpuk dan membuat ruang tamu terlihat berantakan.

Salah satu permasalahan yang paling umum dikeluhkan oleh pemilik rumah dengan ruang tamu yang besar adalah dinding yang terkesan kosong sehingga terlihat membosankan. Hal ini menunjukkan bahwa sebanyak apapun furniture yang anda tambahkan ke dalam ruang tamu dan masalah utamanya adalah diding rumah, maka solusi untuk mengatasi masalah ini tentu bukan dengan cara menambah mebel.

Merampingkan Ruang Tamu Besar Dengan Cat

Seperti pada kebanyakan prinsip yang sudah diterapkan dalam renovasi atau desain rumah bahwa warna cat yang anda pilih akan sangat berpengaruh pada hasil keseluruhan penampilan yang anda dapatkan.

Perlu diketahui bahwa warna – warna yang cerah berfungsi untuk memantulkan cahaya, sedangkan warna – warna cat yang gelap akan menyerap cahaya. Oleh karena itu, salah satu alternatif yang dapat anda lakukan untuk mengurangi kesan besar dan kosong, anda dapat menggunakan warna – warna yang relatif gelap misalnya warna coklat, biru, hijau, dan warna – warna gelap lain untuk ruangan yang besar.

Warna – warna tersebut akan memberikan kesan yang nyaman dan rileks bagi anda. Selain itu, anda juga dapat memadukan beberapa warna senada pada warna dinding ruang tamu anda. Namun perlu diperhatikan bahwa sebaiknya anda memilih maksimal 3 warna saja agar tidak menimbulkan kesan yang terlalu ramai.

Selain cat, salah satu cara untuk menyiasati dinding ruang tamu yang kosong adalah dengan hiasan dinding. Anda dapat menggantung sebuah lukisan berukuran besar. atau memasang beberapa foto dan gambar dengan pigura yang sama untuk memberikan kesan yang lebih hangat. Alternatif lain yang dapat anda lakukan adalah memajang gorden pada dinding.

Perhatikan Komponen – Komponen Ruang Tamu

Selain menyiasati melalui dinding ruang tamu, anda juga dapat menghilangkan kesan kosong pada ruang tamu dengan memanfaatkan furniture dan perabotan lain yang ada di ruang tamu.

Pilihlah mebel dengan warna – warna yang gelap seperti hitam, coklat, dan warna lainnya. Warna – warna tersebut akan membuat mebel anda menjadi focal poin bagi ruang tamu anda sekaligus menambahkan kesan elegan untuk ruang tamu.

Namun, jika anda tidak ingin mengganti mebel lama anda dan tetap ingin menggunakan mebel berwarna pucat atau cerah, anda dapat menyiasatinya dengan bantal – bantal sofa yang berwarna gelap.

Sebenarnya, dalam ruang tamu yang besar anda tidak boleh ragu – ragu untuk menggunakan warna gelap. Anda dapat menggunakan warna – warna gelap pada karpet besar, taplak meja, dan aksen lainnya di ruang tamu.

Mendesain ruang tamu berukuran besar sebenarnya lebih mudah daripada mendesain ruang tamu yang kecil karena anda memiliki ruangan yang lebih luas untuk dikreasikan.

Selain itu, anda juga tidak perlu untuk mendorong perabotan mendekati dinding ruang tamu. Bahkan, anda dapat mengumpulkan perabotan anda ke tengah ruangan. Untuk menambah kesan nyaman, anda dapat menambahkan beberapa pot tanaman indoor yang akan menyegarkan ruang tamu anda.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s