Menerapkan Desain Minimalis Dengan Gaya Kayu

Desain rumah minimalis saat ini memang paling banyak menarik perhatian masyarakat di seluruh dunia untuk dipakai dalam mendesain rumah mereka. Semakin terbatas dan tingginya harga tanah tentu membuat lahan rumah menjadi lebih terbatas sehingga pemilik rumah pun harus benar – benar mampu menyiasatinya dengan memiliki desain yang tepat agar semua kebutuhan dapat terakomodasi di dalam rumah tersebut.

Dengan gaya minimalis, rumah yang kecil bisa tetap nyaman dan terlihat indah dipandang mata. Tidak hanya dilihat di bagian luar rumah saja yang memang langsung terlihat oleh orang lain, tetapi desain minimalis juga diterapkan untuk bagian interior rumah.

Tidak hanya itu saja, desain minimalis sebenarnya tidak terbatas pada rumah – rumah yang kecil karena rumah berukuran lumayan besar pun sering menerapkan desain minimalis saat merenovasi rumah mereka. Jika anda ingin mendesain rumah atau membuat rumah anda saat ini bergaya minimalis, berikut ini beberapa hal yang perlu anda perhatikan.

Menyesuaikan Desain Rumah Dengan Tema Yang Dipilih

Hal pertama yang perlu anda perhatikan ketika mendesain rumah bergaya minimalis adalah menyesuaikan dengan pilihan tema rumah anda. Jika anda ingin rumah minimalis yang didominasi dengan bahan kayu. Maka, untuk desain interior rumah juga harus disesuaikan caranya adalah memilih perabotan dan lantai ruangan yang didominasi oleh kayu atau warna yang mirip kayu.

Selain itu, pada prinsip rumah minimalis anda juga tidak boleh menggunakan furniture yang berlebihan dan tidak berfungsi karena hanya akan membuat ruangan menjadi terlihat penuh dan kurang tertata rapi. Pilihlah furniture yang kiranya benar – benar diperlukan.

Jika ingin menambahkan ornamen pada interior rumah, sebaiknya gunakan ornamen berbentuk geometris sederhana, misalnya didominasi bentuk horizontal atau vertikal.

Jika rumah anda memiliki 2 lantai, anda tetap dapat menggunakan tangga dengan bahan dasar kayu. Hal terpenting yang perlu diperhatikan adalah mempertimbangkan segala hal saat mendesain interior agar terlihat selaras dan nyaman bagi anda dan keluarga.

Pemilihan Lantai Ruangan

Jika anda ingin mendapatkan rumah minimalis bergaya kayu yang terlihat benar – benar selaras, anda dapat memilih bahan lantai dengan kayu. Saat ini lantai kayu cukup populer digunakan.

Apalagi dengan perbaikan – perbaikan teknologi dan fitur, lantai kayu dapat lebih tahan lama dan menarik untuk rumah. Namun, jika anda kesulitan untuk menemukan lantai berbahan dasar kayu, anda dapat menggunakan lantai keramik yang warnanya senada dengan kayu.

Untuk mendapatkan hasil interior yang lebih unik dan sedikit kontras, anda dapat memilih warna yang kontras dengan tema kayu, misalnya memilih warna putih. Atau, anda juga dapat menggunakan karpet yang warnanya senada dengan kayu untuk melengkapi lantai anda.

Selain lantai, hal yang harus dipertimbangakan adalah pemilihan rumah. Agar interior rumah gaya kayu tidak terlihat monoton, anda dapat memilih warna cat yang kontras dengan warna kayu untuk dinding rumah anda, misalnya warna merah cerah, coklat, atau warna – warna senada. Dengan pemilihan warna yang tepat tentu anda akan mendapatkan rumah yang nyaman dan harmonis.

Selain itu, pilihlah cat dinding dengan kualitas yang bagus agar warnanya tahan lama untuk menghiasi dinding di rumah anda. Sebenarnya, di dalam desain minimalis adalah penggunakan furniture yang seminimal mungkin.

Jika anda memiliki banyak furniture di rumah, anda dapat mengurangi furniture yang kurang bermanfaat karena bisa membuat ruangan – ruangan di rumah anda menjadi penuh dan kurang rapi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s