Memilih Warna Cat Rumah

Keindahan merupakan bagian dari kehidupan manusia yang tak dapat dipisahkan. Keindahan akan terus bertahan selama manusia hidup dan bermasyarakat. Pernahkah anda berpikir mengapa Tuhan menciptakan berbagai macam rupa dan warna pada makhluk ciptaanNya?

Langit berwarna biru, sawah berwarna hijau, tanah berwarna coklat, mawar berwarna merah dan masih banyak lagi. Begitu indah segala macam aneka warna tersebut, sehingga kehidupan kita pun menjadi dinamis dan tidak membosankan.

Bagaimanan jika Tuhan menciptakan bumi ini hanya satu warna saja, putih misalnya, pastinya akan sangat membosankan bukan?

Pentingnya Memilih Warna Cat Rumah

Rumah tak bedanya dengan alam sekitar, merupakan tempat tinggal manusia untuk berteduh dan menghabiskan waktunya bersama keluarga masing-masing. Rumah merupakan hunian manusia yang menjadi kebutuhan dasar selain daripada berbagai macam kebutuhan dasar manusia lainya seperti pangan dan sandang.

Rumah yang indah pastinya menjadi dambaan bagi setiap keluarga. Terlepas dari masalah besar kecilnya rumah atau mewah dan sederhananya rumah, rumah tetaplah rumah yang memiliki fungsi penting dalam kehidupan.

Berbicara soal rumah memang tak bisa dipisahkan begitu saja dengan warna cat rumah. Mungkin beberapa dekade yang lalu, pemilihan warna dipengaruhi dengan mainstream selera masyarakat, kebanyakan rumah memiliki cat warna rumah yang hanya berkutat pada warna netral seperti putih, krem dan abu-abu.

Ketiga warna ini memang indah, namun tentunya pemilik rumah tidak semuanya menganggap warna-warna tersebut sebagai warna favorit bukan?

Mungkin beberapa dari anda sangat menyukai warna hijau, biru, pink, oranye dan warna pastel lainnya. Mengapa hunian anda tidak anda cat dengan warna favorit anda tersebut?

Berikut ini pentingnya mengecat warna rumah sesuai warna favorit anda :

  1. Mengecat rumah dengan warna favorit akan membuat hunian menjadi semakin nyaman dan tidak membosankan untuk ditinggali. Anda pun akan semakin bersemangat dalam merawat dan menjaga kebersihan serta keindahan hunian anda.
  2. Mengecat rumah dengan warna favorit akan menimbulkan inspirasi tak terbatas yang dapat mempengaruhi kehidupan anda.
  3. Mengecat rumah dengan warna favorit akan membuat anda lebih berani dalam mengekspresikan diri dan lebih percaya diri dalam menunjukkan sisi unik anda. Anda pun akan semakin kreatif dalam memadu padankan warna di setiap sudut rumah anda tercinta.

Masih banyak alasan lainnya yang mungkin masih anda miliki yang tentunya tidak dapat disebutkan satu persatu pada tulisan ini.

Makna Warna

Setiap warna memiliki makna tersendiri yang menyiratkan sesuatu. Berikut ini beberapa warna beserta maknanya masing-masing:

Warna Biru

Warna ini menyiratkan kedamaian dan ketenangan yang identik dengan warna langit ataupun samudera. Warna ini cocok untuk ditempatkan di tempat-tempat yang biasanya digunakan anggota keluarga untuk beristirahat, kamar tidur misalnya.

Warna Kuning

Warna ini identik dengan semangat dan energi meluap-luap yang identik dengan warna sinar matahari. Warna ini bisa diaplikasikan pada ruangan yang membutuhkan banyak power, ruang kerja dan ruang baca misalnya.

Warna hijau

Warna ini identic dengan kesejukan dan keselarasan yang dapat menimbulkan perasaan sejuk dan adem. Anda dapat mengaplikasikan warna ini untuk menghias kamar tidur maupun ruang tamu dan ruang keluarga agar terlihat asri dan nyaman.

Warna orange

Warna ini berkesan penuh dengan keceriaan dan energy positif namun tetap hangat. Warna ini dapat anda sentuhkan pada berbagai ruangan seperti ruang makan, ruang keluarga maupun ruang bersantai lainnya.

Warna coklat

Warna identic dengan warna kayu yang nyaman dan hangat. Warna coklat dapat anda manfaatkan untuk menghias ruang keluarga agar terasa hangat maupun ruang tamu untuk membuat kesan rumah yang ramah.

Semoga Bermanfaat!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s