Hunian Nyaman dengan Lantai yang Tepat

Memiliki Rumah Semakin Mudah

Industri property kini semakin ramai saja di negara kita. Dapat kita lihat di berbagai kota besar di Indonesia, berbagai perumahan dengan berbagai tipe dan harga dibangun secara besar-besaran untuk memenuhi tuntutan pasar yang membutuhkan hunian di era modern seperti ini.

Memiliki hunian sendiri merupakan dambaan setiap keluarga maupun pasangan yang baru saja meresmikan hubungan dalam status pernikahan. Permintaan masyarakat terhadap tersedianya lahan property perumahan yang semakin tinggi dipengaruhi oleh beberapa hal.

Yang pertama dan utama tentunya soal pendanaan yang kini semakin mudah didapat. Banyak sekali lembaga keuangan maupun perkreditan yang menawarkan pinjaman uang untuk KPR maupun umum dengan bunga yang relative bersaing. Hal ini merupakan kabar baik bagi mereka yang ingin memiliki hunian sendiri, mengingat harga-harga tanah dan bahan bangunan yang semakin merangkak naik.

Selain harga bahan bangunan dan tanah, biaya borongan untuk membangun rumah pun semakin tinggi, mengingat upah pekerja yang juga menuntut adanya kenaikan kesejahteraan.

Yang kedua adalah semakin sadarnya masyarakat tentang investasi kepemilikan rumah yang tepat untuk dijadikan tabungan masa depan, mengingat nilai property tak pernah turun dan terus merangkak naik tiap tahunnya.

Memilih Lantai Rumah yang Tepat

Bagi anda yang kini sedang merencanakan untuk membangun rumah sendiri maupun merenovasi rumah anda terutama pada bagian lantai, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan. Lantai merupakan bagian yang tak kalah penting dari suatu hunian.

Lantai merupakan tempat dimana kita berpijak sehari-hari di dalam rumah dan tempat terjadinya berbagai aktivitas. Berikut ini merupakan tips memilih lantai rumah berikut dengan pertimbangan-pertimbangannya :

Pilihlah jenis lantai yang sesuai dengan suhu dan iklim tempat tinggal anda. Jika tempat tinggal anda seringkali diguyur hujan dan suhunya yang relative rendah, pilihlah lantai yang sekiranya tidak terlalu dingin sehingga kita dapat beraktivitas dengan nyaman di dalam rumah.

Misalnya saja lantai kayu yang akan memberikan rasa hangat dan nyaman bagi penghuninya. Selain lantai kayu, hunian anda yang relative dingin bisa pula dilapisi dengan lantai berlapis karpet yang seringkali kita temukan di kantor-kantor yang menggunakan AC.

Pilihlah jenis lantai yang sekiranya anda mampu untuk membersihkannya. Kebersihan merupakan bagian yang mutlak harus diperhatikan dalam suatu rumah, terutama lantai karena lantai adalah tempat berpijak kaki-kaki kita.

Apalagi jika anda memiliki balita atau anak kecil di rumah yang tentunya membutuhkan lantai yang bersih untuk tempat bermain. Jika anda tidak mampu untuk membersihkan dengan vaccum cleaner, maka janganlah memilih lantai berlapis karpet, misalnya.

Pilihlah jenis lantai yang sesuai dengan anggaran anda. Jika anda hanya memiliki anggaran terbatas, maka tak ada salahnya untuk memilih lantai yang relative murah seperti lantai tegel atau keramik biasa.

Jika anda menginginkan keunikan dan lantai yang spesial, anda dapat aplikasikan lantai mozaik atau marmer dan granit pada bagian-bagian tertentu saja di berbagai sudut rumah yang sekiranya perlu.

Untuk bagian dapur dan tempat mencuci misalnya, anda bisa menghemat pengeluaran dengan memilih lantai yang relative murah, mengingat ruangan ini tidak terlalu terekspos.

Untuk mempercantik ruangan, anda dapat memilih motif, material maupun warna lantai yang disesuaikan dengan warna cat rumah anda. Selain warna cat rumah, anda pun dapat mempertimbangkan motif dan warna wallpaper yang anda aplikasikan dalam ruangan.

Pemilihan lantai yang tepat tentunya akan semakin membuat hunian anda semakin nyaman untuk ditinggali. Selamat mencoba!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s