Cara Mudah Meningkatkan Kualitas Rumah Anda

Aktivitas yang padat ibarat dua sisi mata uang, sisi yang satu berguna untuk meningkatkan taraf hidup sosial, dan di sisi lain gangguan kesehatan, stres, atau kurangnya waktu untuk keluarga menjadi ancaman.

Stres dapat terjadi apabila tekanan di kantor dirasa semakin menguras pikiran dan tenaga. Survei menunjukkan bahwa 30% pekerja kantor di kota-kota besar mengalami stres di lingkungan kerjanya. Salah satu tempat menghilangkan stres tak lain adalah rumah dan keluarga.

Namun bagaimana bila rumah anda pun membuat anda stres?

Menempati rumah di tengah kota menjadi pilihan karena untuk mencapai kantor atau tempat-tempat strategis lainnya anda akan menghemat waktu. Namun hidup di perkotaan juga memiliki resiko, kualitas udara misalnya, serta kadar polusi dan tingkat kebisingan. Kondisi seperti ini dapat memicu stres.

Lalu bagaimana menyiasati agar rumah anda tetap dalam kondisi sehat sehingga anda dapat merasa nyaman di rumah?

Meningkatkan Kualitas Pekarangan Rumah

Apabila anda memiliki pekarangan, meskipun tidak terlalu luas namun anda dapat meningkatkan kualitas pekarangan rumah anda. Bagaimana caranya?

Pertama anda harus tahu ukuran luas pekarangan anda, tidak mungkin anda akan menanam pohon mangga di pekarangan rumah yang luasnya hanya 2×2 meter bukan?

Perhatikan luas pekarangan anda, bukan berarti pekarangan atau halaman rumah yang sempit tidak dapat ditingkatkan kualitasnya. Bila pekarangan rumah anda cukup luas, mungkin anda dapat membuat kolam ikan.

Keberadaan binatang peliharaan seperti ikan dapat sejenak menyegarkan pikiran anda sepulang dari kantor. Buatlah kolam ikan yang tidak terlalu besar dan juga tidak terlalu kecil, disesuaikan dengan luas pekarangan anda. Berikan efek suara air pada kolam ikan anda, suara gemericik air pun diyakini mampu membuat anda merasa lebih rileks.

Selanjutnya perhatikan kondisi rumah anda, apabila pada waktu hujan pekarangan anda sering tergenang air, maka disarankan untuk memberi kantung biopori agar air dapat diserap dengan baik oleh tanah.

Berikan juga sentuhan tanaman hijau yang menyegarkan mata, tempatkan tanaman hijau serta beberapa jenis bunga yang anda sukai, hindari bunga anggrek bila anda tidak terlalu bisa merawatnya.

Tanam tumbuh-tumbuhan yang mudah dalam perawatan seperti mawar, tanaman perdu, bambu, bonsai, dan sebagainya. Tanaman ini tidak memerlukan perawatan khusus hanya perlu disiram dengan air secara rutin.

Meningkatkan kualitas bagian dalam rumah

Bagian dalam rumah anda adalah bagian yang vital, disini anda menghabiskan waktu setelah lelah seharian bekerja. Apa yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan kualitas bagian dalam rumah anda?

Anda dapat memulai dengan mengecek sistem aliran udara rumah anda. Apabila rumah anda menggunakan air conditioner sebaiknya anda rutin untuk melihat saringan udara pada AC anda, sebaiknya lakukan pengecekan berkala sesuai anjuran di buku manual AC.

Bila tidak menggunakan AC, anda dapat membuat sistem aliran udara panas-dingin, dimana aliran udara panas keluar lewat sekat atas, dan aliran udara dingin masuk melalui celah sekat bawah. Bila anda masih kurang familiar dengan cara ini, anda dapat menghubungi jasa pembuatan saluran udara rumah.

Hal lain yang dapat anda lakukan adalah dengan meletakkan tanaman Sanseviera atau Lidah Mertua di dekat barang-barang elektronik anda. Tanaman Lidah Mertua dapat menyerap radiasi buruk yang dikeluarkan oleh barang elektronik. Radiasi dapat menyebabkan kepala pusing, mual, bahkan stres, sehingga tanaman ini menjadi solusi agar radiasi di dalam rumah anda berkurang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s