‘Ya’ dan ‘Tidak’ dalam Home Improvement

Home improvement adalah istilah yang mewakili segala jenis upaya untuk mengubah tampilan rumah; baik secara eksterior maupun interior.

Yang termasuk dalam kategori mengubah penampilan rumah antara lain pembangunan taman di belakang, depan, atau samping rumah; memperbaiki seluruh atau sebagian rumah; mengganti desain bangunan dengan yang baru, membuat rumah menjadi lebih modern, dan sejenisnya.

Bagi sebagian besar orang, rumah merupakan tempat menghabiskan banyak waktu. Oleh karena itu, sebuah rumah sudah seharusnya memenuhi nilai-nilai kenyamanan bagi penghuninya. Home improvement ini merupakan cara yang ditempuh orang untuk menemukan kenyamanan atau memunculkan suasana baru di tempat yang ditinggalinya bersama keluarga.

‘Ya’ dan ‘Tidak’ dalam Home Improvement

Merenovasi, membangun kembali, atau membuat rumah menjadi lebih menarik tentu memerlukan pendanaan yang tidak sedikit; apalagi jika kita menginginkan sesuatu yang bagus dan nyaman. Akan ada pengeluaran-pengeluaran yang mungkin cukup fantastis untuk beberapa bagian dari proses home improvement itu sendiri.

Karena banyaknya uang yang harus dikeluarkan demi mewujudkan rumah impian; ada beberapa hal yang harus diperhatikan; agar hasilnya tidak mengecewakan atau apa yang sudah dikeluarkan berakhir sia-sia.

Merencanakan anggaran

Sebelum memulai semuanya, susunlah anggaran berdasarkan dana yang telah tersedia. Rencana ini sangat dianjurkan untuk mengetahui estimasi pembiayaan yang dibutuhkan.

Jika rencana pembangunan berikut biaya tenaga kerjanya tidak seimbang dengan dana yang disediakan, kita bisa segera mencari pinjaman atau mengurangi sebagian dari rencana home improvement untuk direalisasikan di lain waktu.

Memilih pekerja yang profesional

Pekerjaan untuk membangun rumah dalam skala yang cukup besar tentu tidak bisa kita lakukan sendiri; perlu menyewa pekerja bangunan.

Demi hasil yang memuaskan, kita harus berusaha keras menemukan rekanan kerja dan/atau pekerja profesional yang ahli di bidangnya. Hindari menggunakan tenaga yang murah tetapi tidak profesional, karena ini beresiko pada hasil pembangunan yang tidak sesuai dengan bayangan.

Membeli bahan bangunan yang berkualitas bagus

Rumah yang bagus, tahan lama, dan nyaman tentu membutuhkan bahan-bahan dasar seperti pasir, batu bata/batako, semen, dll, yang berkualitas. Dalam hal ini, sekali lagi kita tidak boleh hanya mempersoalkan tentang harga yang murah; tetapi lebih menekankan pada kualitas bahan materialnya.

Akan lebih bagus jika kita bisa melakukan survey kecil-kecilan mengenai harga material bangunan dan memilih yang termurah namun dengan kualitas baik.

Utamakan kemananan dan keselamatan

Keamanan adalah sesuatu yang sangat penting untuk diperhatikan. Faktor ini utamanya terkait dengan instalasi listrik. Pastikan listrik terpasang dengan baik dan rapi, tidak ada kabel menjuntai dimana-mana, yang bisa membahayakan penghuni rumah.

Self Home Improvement

Apabila kita hanya ingin melakukan perbaikan minor, bisa jadi kita tidak perlu mendatangkan tenaga kerja; sepanjang kita bisa mengerjakannya sendiri. Hal apa saja yang sebaiknya kita lakukan dan yang seharusnya tidak dilakukan saat menyelenggarakan home improvement sendiri?

Pertama, faktor keselamatan. Pastikan kita bekerja dengan perlindungan penuh, terutama di bagian-bagian vital tubuh kita seperti kepala dan mata. Gunakan pelindung kepala, sarung tangan, penutup hidung/ mulut, dan kacamata jika diperlukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti masuknya debu ke dalam mata/ hidung/ mulut atau tergoresnya tangan oleh peralatan.

Yang kedua tentu terkait dengan anggaran yang harus dipersiapkan. Jangan sampai melakukan pembangunan dengan jumlah anggaran melebihi yang sudah ada.

Ketiga, terkait dengan material bangunan peralatan yang digunakan untuk membangun. Gunakan material yang berkualitas serta peralatan yang berfungsi dengan baik agar pekerjaan menjadi lebih mudah dan hasilnya sesuai harapan kita.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s