Tips Merenovasi Hunian Anda

Hunian yang nyaman merupakan dambaan setiap orang. Jadi, jika saat ini anda sebagai seseorang yang bekerja dan sedang merintis untuk membuat hunian yang nyaman, maka ada beberapa hal yang penting yang harus anda ketahui yang akan membuat anda lebih kreatif, seksama, dan hemat dalam proses renovasi rumah anda.

Renovasi bukan hanya berkaitan dengan uang, namun tentunya renovasi akan berkaitan dengan kreatifitas anda sebagai pemilik hunian agar tercipta hunian yang aman dan nyaman dan yang pastinya unik.

Berikut ini kita akan memberikan tips dalam merenovasi hunian. Tips ini akan kita bagi menjadi dua haluan besar utama yang sangat berpengaruh dalam proses perenovasian.

Dana dan peraturan

Hal paling utama dan paling penting untuk dibicarakan adalah berkisar masalah dana. Merenovasai rumah ibarat menjatuhkan isi dompet dimana uang akan terkuras habis secara pelan-pelan tanpa terasa.

Hampir kebanyakan dari mereka yang merenovasi rumah memiliki kesalahan dalam proses penghitungan atau lebih tepatnya tidak menghitung pengeluaran secara rinci. Oeh karena itu, sering kali biaya yang dibutuhkan pun melampaui batas perkiraan kita.

Sebagai saran saja, sebaiknya, anda menghitung dan mengkalkulasi pengeluaran secara terperinci. Dengan begitu anda tidak akan melampaui batas. Selain itu, sebaiknya anda juga harus melebihkan budget 20% dari biaya yang sudah diperkirakan. Jadi, sebelum anda berangkat merenovasi, pastikan harga material terlebih dahulu. Survey mana toko yang bisa menyediakan material yang murah dan berkualitas.

Selain itu, proses dan pelaksanaan renovasi sering kali berjalan di luar rencana. Hal tersebut pun nantinya akan membuat pusing kepala anda. Jadi, jika ada masalah dalam proses pelaksanaan pembangunan, maka anda harus mengingatkan para pekerja.

Jika saat ini anda menggunakan jasa kontraktor atau jasa home improvement untuk merenovasi rumah anda, maka anda harus meminta garansi karena kesalahan dalam proses.

Jika anda melakukan home improvement sendiri dengan hanya menyewa tukang, maka anda harus tahu bahwa seyogyanya anda melakukan pengawasan sendiri atau menyuruh orang kepercayaan anda untuk melakukan pengawasan.

Pengaturan Material

Selama proses renovasi ini, tentunya anda akan membutuhkan banyak sekali material. Kebutuhan material yang akan digunakan untuk membangun rumah pun harus dipasok tepat waktu. Jadi, anda harus tahu bahwa pemesanan material harus dilakukan secara bijak dan sempurna.

Melakukan pemesanan material di toko bahan bangunan yang sudah anda tuju merupakan hal yang penting. Jangan terlalu memasok material terlalu banyak. Mengapa begitu?

Karena anda harus tahu bahwa nyatanya pemasokan bahan material ini harus dilakukan sesuai kebutuhan renovasi agar nantinya penggunaan bahan material ini tidak disia-siakan. Jika kurang, pemesanan pun bisa dilakukan sesuai kebutuhan.

Kemudian, jika saat ini anda melakukan renovasi, pastikan bahan bangunan yang anda beli haruslah diletakkan di tempat yang tepat. Mengapa begitu? Agar tentunya bahan material itu tidak akan mengganggu lalu lintas dari jalan di sekitar rumah anda.

Jika suatu saat bahan material seperti pasir, batu bata, semen, yang sudah anda pesan memiliki sisa, maka anda harus tahu bahwa anda harus menyimpan semua material ini di tempat yang tepat. Anda bisa meletakkannya pada karung.

Pasir dan semen bisa diletakkan pada karung goni atau karung plastik. Kemudian, batu bata bisa anda tata di gudang belakang.

Selamat mencoba dan buktikan anda bisa membangun hunian nyaman dan aman bagi keluarga.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s