Tips Melakukan Home Improvement di Rumah Kita

Home improvement adalah sebuah cara yang bisa kita lakukan untuk menambah nilai dari rumah kita. Nilai apa sajakah yang bisa kita tingkatkan untuk rumah kita?

Jawabanya adalah banyak sekali, bisa di berbagai bidang. Kita bisa membuat perubahan pada sistim penggunaan energinya sehingga lebih efektif dan kita bisa lebih menghemat pengeluaran kita setiap bulanya.

Kita juga bisa membuat perubahan pada tata ruang untuk mempercantik tampilan rumah kita sehingga rumah kita akan menjadi tempat yang paling nyaman untuk kita dan kita tidak perlu pergi jauh-jauh untuk melakukan refreshing karena kita bisa melakukannya di rumah kita sendiri.

Karena manfaatnya yang luar biasa besar, kita sangat disarankan untuk melakukan home improvement ini secara berkala sehingga selain bisa merubah suasana di rumah kita, kita juga bisa semakin hemat dengan melakukan inovasi-inovasi penghematan pemakaian energi yang semakin baik setiap waktunya.

Lalu adakah cara agar kita bisa melakukan home improvement ini dengan tepat?

Berikut ini adalah tipsnya.

Tips Melakukan Home Improvement dengan tepat

Untuk melakukan home improvement dengan tepat, ada beberapa hal yang perlu kita pikirkan sebagai persiapannya. Yang pertama yaitu memikirkan perubahan yang perlu dilakukan.

Kita bisa memulai langkah awal ini dengan mengevaluasi keadaan rumah kita. Jika ada bagian-bagian yang telah rapuh atau tidak terlihat bagus, berarti kita harus mengutamakan untuk memperbaiki ataupun membersihkannya terlebih dahulu.

Kemudian jika ada dinding yang warnanya sudah rusak, berarti mengecat ulang dinding bisa menjadi agenda home utama improvement yang akan kita lakukan. Begitu juga jika kita melihat bahwa sistem pencahayaan di rumah kita tidak bagus, maka kita bisa mencatatnya sebagai bagian yang perlu diperbaiki.

Kemudian yang berikutnya yaitu mendahulukan masalah utama yang harus diperbaiki. Jika kita memiliki beberapa catatan, sebaiknya kita mengutamakan salah satu bagian untuk dirombak daripada langsung mengerjakan semuanya sekaligus. Dengan begitu kita bisa lebih fokus untuk melakukan pekerjaan tersebut.

Lagipula, dengan merombak bagian per bagian, maka kita tidak perlu mencukup-cukupkan uang kita dengan menggunakan bahan-bahan yang kualitasnya lebih rendah supaya murah. Dengan begini pekerjaan kita kualitasnya akan benar-benar baik.

Tips Home Improvement untuk Beberapa Bagian Rumah

Tujuan dari home improvement tentu saja yaitu untuk menambah nilai dari rumah kita. Ada beberapa tips yang bisa kita gunakan dalam melakukan home improvement di rumah kita.

Yang pertama, untuk melakukan home improvement di bagian atap, ada beberapa tips yang sangat menarik. Kita harus memilih untuk menggunakan genteng rumah yang terbuat dari bahan yang baik untuk memantulkan panas matahari sehingga tidak justru menyerap panas tersebut ke dalam rumah. Bahan-bahan yang bagus untuk genteng diantaranya yaitu tanah dan juga keramik.

Kemudian untuk konstruksi rangka atap, sebagian besar masyarakat kita masih lebih memilih untuk menggunakan rangka kayu. Jika kita memiliki modal yang cukup besar, rangka baja bisa menjadi pilihan yang paling tepat karena memiliki banyak sekali keunggulan jika dibandingkan dengan rangka atap yang terbuat dari kayu.

Selanjutnya, untuk menurunkan suhu di dalam rumah ketika musim panas tiba, kita bisa memasang kipas tanpa listrik untuk mengalirkan udara panas dari ruangan antara atap dan plafon. Dengan demikian sirkulasi udara di atas akan lancar.

Kemudian untuk bagian dalam rumah, ada juga beberapa tips yang bisa kita lakukan. Yang pertama yaitu aturlah penggunaan lampu supaya hemat energi dan tepat guna. Selanjutnya aturlah perabot atau furnitur rumah dengan baik sehingga mendukung kelancaran sirkulasi udara.

Lalu sebaiknya kita gunakan barang-barang yang efektif dan efisien seperti lampu hemat energi, kompor gas yang irit, keran air otomatis, televisi hemat energi, dan lain-lain.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s