Rumah Ramah Lingkungan

Masalah Lingkungan Hidup

Masalah lingkungan hidup merupakan masalah kita semua. Untuk dapat menanggulangi berbagai masalah dalam lingkungan hidup seperti pemanasan global, kita semua harus melakukan berbagai usaha yang tepat.

Sebenarnya tidak terlalu sulit untuk dapat berperan aktif dalam perbaikan lingkungan hidup, salah satu caranya adalah dengan membangun rumah yang ramah lingkungan dan hemat energi atau membuat berbagai home improvement untuk mendapatkan hasil tersebut.

Selain itu, kita juga dapat menerapkan berbagai sistem di rumah kita yang tidak sulit namun dapat menunjukkan peran aktif kita terhadap lingkungan hidup seperti dengan mengurangi sampah.

Mungkin sampah bukanlah hal yang terlalu kita perhatikan. Jika kita membuang sampah, maka biasanya kita tidak terlalu memperhatikan berapa banyak sampah yang kita buang dan juga pemilahannya. Yang kita tahu, tukang sampah akan mengambilnya setiap hari sehingga rumah kita bersih.

Namun jika kita hendak menelusuri sampai ke pembuangan akhir, maka kita baru menyadari bahwa kita memang belum memiliki sistem pengelolaan sampah yang benar dan hanya akan menumpuk sampah di tempat pembuangan akhir. Maka hal termudah yang dapat kita lakukan adalah dengan mengurangi sampah yang kita hasilkan dari aktifitas kita sehari-hari di rumah.

Faktor Pendukung Rumah Ramah Lingkungan

Gunakan rangka atap baja ringan. Baja ringan merupakan rangka yang kuat bagi rumah dan selain itu, rangka ini merupakan jawaban dari masalah penipisan kayu di hutan-hutan kita. Selain itu, baja ringan juga memiliki kelebihan lain, yaitu lebih efektif dalam mengaplikasikan atap.

Untuk perabotan rumah, pastikan anda memilih berbagai macam bahan yang lebih ramah lingkungan. Jika memungkinkan, pastikan bahwa perabot kayu yang hendak anda beli berasal dari kayu hasil industri dan bukan dari hutan.

Jika semua orang peduli akan asal kayu yang mereka gunakan, maka akan semakin sedikit orang yang memanfaatkan kayu hutan. Bagaimanapun kita tahu bahwa pohon merupakan hal yang penting untuk menjaga berbagai habitat, menghasilkan oksigen dan juga menahan banjir.

Kita juga terbiasa menggunakan berbagai bahan kimiawi untuk membersihkan rumah ataupun untuk membasmi serangga, padahal bahan-bahan ini sebenarnya amat berbahaya terhadap lingkungan hidup serta kita sendiri.

Tanpa kita sadari, kita telah menghirup berbagai bahan kimia setiap harinya, dan bahkan menurut sebuah penelitian yang dilakukan baru-baru ini, tali pusat seorang bayi yang baru lahir saja dapat mengandung sampai dengan 200 macam bahan kimia industri yang bisa kita dapati di rumah kita.

Sedapat mungkin, bangunlah rumah yang dapat memaksimalkan cahaya alami sehingga meminimalisir penggunaan listrik.

Kurangi pemakaian listrik anda seminimal mungkin dengan mematikan listrik di waktu-waktu yang tidak dibutuhkan seperti ketika anda sedang tidak berada di rumah ataupun ketika sedang tidur di malam hari. Jika semua orang melakukan ini, maka kita semua akan dapat menghemat banyak listrik.

Kurangi pemakaian kertas. Kertas dibuat dengan menggunakan kayu. Jika kita mengurangi pemakaian kertas, berarti, kita mengurangi konsumsi kayu dunia. Mengurangi kertas bisa amat mudah karena sudah banyak fasilitas digital di sekitar kita.

Kita tidak perlu lagi mengirimkan surat lewat pos karena kita bisa dengan mudah mengirimkan berbagai surat dengan bantuan surat eletronik yang selain lebih ramah lingkungan, juga lebih cepat diterima.

Gunakanlah barang-barang lokal. Selain menunjukkan rasa cinta terhadap produk dari negara kita sendiri, ini juga akan mengurangi kebutuhan import sehingga mengurangi juga bensin untuk transportasi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s