Perbaikan Rumah yang Harus Dihindari

Mengenai Perbaikan Rumah

Memang benar apa yang dikatakan oleh mereka yang sudah memiliki rumah, bahwa sekali anda telah memilikinya, maka pembangunan saja tidaklah cukup. Anda tidak akan pernah puas dan anda akan selalu berusaha untuk melakukan home improvement yang pastinya membutuhkan biaya.

Terkadang biaya yang dibutuhkan tidaklah banyak, namun terkadang bisa saja melebihi dari budget yang sudah kita persiapkan. Belum lagi karena kita tinggal di daerah beriklim tropis, sering kita harus menghadapi berbagai masalah seperti masalah rayap.

Kalau tidak langsung diperbaiki, masalah yang satu ini akan merayap kemana-mana dan menghancurkan seluruh bagian rumah yang terbuat dari kayu.

Oleh karena itu, jika memang memungkinkan, sebaiknya anda membangun rumah dengan menggunakan rangka baja ringan. Rangka ini memang lebih mahal, namun pastinya akan lebih kuat dan tahan lama jika dibandingkan dengan rangka kayu.

Faktor Perbaikan yang Harus Dihindari

Tidak semua perbaikan rumah akan berakibat baik. Terkadang, malah akan memberikan hasil yang tidak memuaskan dan hanya merupakan pemborosan semata. Adapun untuk menghindari berbagai hal negatif yang mungkin timbul dari proyek perbaikan rumah, ada beberapa factor yang harus kita perhatikan.

Factor pertama adalah keamanan. Keamanan merupakan hal yang amat penting. Memang di Indonesia, factor yang satu ini masih sering diabaikan. Para pekerja sering tidak menggunakan alat keamanan seperti seharusnya padahal mereka bekerja di tempat yang cukup berbahaya dan mudah terjadi kecelakaan.

Para pekerja bangunan tidak terbiasa menggunakan helm, sepatu karet dan juga kacamata, padahal ketiga hal ini merupakan hal yang mendasar dalam pekerjaan mereka. Ini menghindarkan mereka dari kemungkinan yang dapat membahayakan jiwa.

Di lain sisi, banyak pula yang memang tidak bersedia untuk membelikan berbagai kebutuhkan ini hanya untuk alasan penghematan. Mereka tidak menyadari bahwa penghematan ini bisa saja berakhir dengan pemborosan jika para pekerja mendapat kecelakaan dan harus membiayai pengobatan mereka sampai selesai.

Faktor lainnya adalah persiapan yang matang. Perencanaan dan persiapan matang amat dibutuhkan dengan berbagai proyek. Ini dimaksudkan agar proyek tersebut dapat berjalan sesuai dengan jadwal dan dalam budjet yang telah dipersiapkan.

Salah satu persiapan yang penting adalan persiapan alat. Sebaiknya alat-alat yang dibutuhkan dipersiapkan sejak awal sehingga ketika proyek berjalan, pekerja tidak harus berhenti bekerja hanya karena tiba-tiba menyadari bahwa mereka membutuhkan alat tertentu yang tidak tersedia. Ini pastinya akan memperlambat jalannya proyek dan mungkin malah akan terjadi kemunduran.

Selain itu, pastikan anda hanya mempekerjakan mereka yang memiliki kemampuan dalam bidangnya. Jangan mempekerjakan pekerja amatir hanya karena mereka lebih murah.

Selain hasilnya yang mungkin tidak memuaskan, anda malah mungkin akan harus mengeluarkan lebih banyak jika dibandingkan dengan pekerja profesional yang sudah tahu apa yang harus mereka lakukan dalam situasi tertentu.

Selanjutnya, anda juga harus memastikan bahwa rumah anda bisa meminimalisir penggunaan energi dengan memaksimalkan pencahayaan alami dan juga udara alami. Hindari penggunaan pendingin udara di setiap ruangan dan juga menyalakan lampu selama seharian penuh hanya karena ruangan anda tidak mendapatkan cahaya alami seperti seharusnya.

Sebelum anda memulai perbaikan rumah, maka pastikan bahwa semua perijinannya telah selesai terproses. Ini menghindarkan anda dari permasalahan yang mungkin muncul belakangan.

Anda juga mungkin akan terkendala sangsi denda dan penghentian pembangunan dari pemerintah jika anda tidak terlebih dahulu mempersiapkan perijinan. Memang perijinan memakan waktu yang cukup lama, maka sebaiknya persiapkan jauh-jauh hari sebelum perencanaan pembangunan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s