Pengecatan Rumah

Ada berbagai cara yang dapat kita tempuh untuk melakukan home improvement atau perbaikan terhadap rumah kita. Salah satu cara yang paling mudah adalah dengan mengecat berbagai ruangan kita.

Walaupun pengecatan sepertinya sederhana, namun dengan pilihan warna yang apik, ruangan kita seperti mendapatkan sentuhan baru yang menyegarkan. Namun demikian, ada berbagai hal yang perlu kita perhatikan.

Langkah-langkah Pengecatan Rumah

Hal pertama yang harus anda lakukan ketika mempersiapkan ruangan anda untuk proses pengecatan adalah dengan menutupi saklar lampu dan listrik. Jangan lupa untuk menutupi sekrup-sekrup yang ada di sisinya juga supaya cat tidak masuk ke sela-selanya dan membuat anda harus membersihkan semuanya ketika anda selesai mengecat.

Bayangkan betapa merepotkannya harus membersihkan bekas cat kering yang menempel di saklar ataupun sekrupnya, namun pastinya amat mengganggu pemandangan jika dibiarkan begitu saja.

Anda sebaiknya juga menutupi lantai dengan plastik dan Koran sehingga cat tidak akan menetes ke lantai dan mongering.

Setelah itu, telusurilah seluruh tembok untuk mencari tempat-tempat yang kurang sempurna seperti retak ataupun lubang. Jika ada, tandailah bagian-bagian tersebut sehingga ketika kita hendak memperbaikinya, maka tidak akan ada satupun yang terlewatkan oleh kita.

Langkah berikutnya adalah memperbaiki lubang ataupun retak-retak tersebut dengan menggunakan semen dan pasir. Setelah itu, bersihkanlah tembok dengan menggunakan spons basah. Ini dimaksudkan untuk menghilangkan debu dan juga bekas perbaikan yang tadinya anda lakukan.

Baru setelahnya, anda mulai mempersiapkan segala yang dibutuhkan untuk mengecat seperti kuas kecil, kuas besar, roller, cat, kain lap, tempat cat, pembuka kaleng, pengaduk cat, dan berbagai alat lainnya. Ini adalah langkah yang penting karena jika anda tidak mempersiapkannya, bisa-bisa anda melupakan suatu alat dan anda harus berhenti mengecat hanya untuk membeli alat tersebut di toko material terdekat.

Letakkan alat-alat tersebut di satu sisi ruangan sehingga anda tahu dimana harus mencari peralatan ketika membutuhkannya. Setelah semua langkah itu selesai, maka mulailah mengecat setelah mengaduk rata cat sehingga pigmen warna tercampur dengan sempurna.

Tips Mengecat Rumah

Ketika anda membeli cat, pastikan anda memilih yang paling sesuai untuk anda. Jika anda hendak mengecat bagian luar rumah, maka anda harus membeli cat eksterior.

Memang cat eksterior lebih mahal dibandingkan cat interior, namun jangan tergoda untuk membeli car interior dan mengaplikasikannya di bagian luar rumah. Ini dikarenakan cat interior tidaklah dapat menahan cuaca panas dan hujan, sehingga dalam waktu singkat, cat ini akan luntur.

Begitu pula ketika hendak mengecati bagian kayu, sebaiknya tidak menggunakan cat untuk tembok untuk hasil yang lebih maksimal.

Sedangkan untuk warna, pastikan anda menggunakan palette warna yang terbaik dan sesuai dengan selera anda. Anda bisa mendapatkan berbagai referensi dari website dan majalan interior.

Selain itu, anda juga harus memahami daya sebar cat. Setiap merk memiliki daya sebar yang berbeda pula. Jika anda hanya memilih sebuah merek berdasarkan harga yang ekonomis, mungkin anda malah mendapatkan sebaliknya.

Sedangkan untuk anda sendiri, persiapan yang sebaiknya anda lakukan adalah dengan menggunakan pakaian yang nyaman serta tidak menggunakan satu perhiasanpun.

Untuk alas kaki, anda sebaiknya menggunakan sepatu yang tertutup di bagian atas namun tidak di bagian belakang sehingga mudah dilepas dan dipakai kembali ketika anda memasuki dan meninggalkan ruangan.

Anda tidak perlu menggunakan sepatu boot ataupun safety shoes karena mengecat tidaklah berbahaya seperti membangun rumah. Yang penting kaki anda terlindungi dari tetesan cat.

Selain itu, jika anda hendak mengecat bagian langit-langit, maka anda harus menutupi kepala anda. Tidak perlu menggunakan helm yang berat karena malah membuat anda tidak nyaman ketika harus mendongak ke atas, namun gunakanlah penutup seperti penutup rambut ketika mandi yang biasa disebut juga dengan shower cap atau topi.

Selain itu, pastikan juga anda menggunakan pelindung mata. Ini amatlah penting karena mata kita amatlah sensitif. Jika bagian tubuh lain dapat dengan mudah dibersihkan dari cat, tidak demikian dengan mata.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s