Menyiasati Ruangan Kecil di Rumah

Semua orang menginginkan rumah yang luas, tertata, nyaman, juga terlihat gaya dengan desain-desain tertentu. Sayangnya, mereka seringkali dihadapkan dengan permasalahan luas ruang atau rumah yang ingin disulap sesuai impian.

Lahan atau ruangan yang berukuran kecil lagi sempit memang memunculkan keterbatasan tersendiri dalam merancang atau merenovasinya. Ingin meletakkan banyak barang; ruangan akan terlihat makin sempit; belum lagi tidak bisa menerapkan desain-desain tertentu di rumah.

Meskipun demikian, tetap ada trik-trik yang bisa diaplikasikan untuk menyiasati terbatasnya ruangan yang kita miliki. Asalkan kita mengetahui ilmu dan caranya, ruangan yang kecil bukan lagi masalah untuk mewujudkan rumah yang penuh gaya dan terlihat menarik.

Permainan Warna dan Cahaya

Warna dan cahaya adalah dua komponen penting yang bisa digunakan untuk menghadapi permasalahan sempitnya ukuran ruang-ruang di rumah kita.

Pertama, kita lebih disarankan untuk memilih warna-warna terang seperti biru muda, kuning, merah muda, hijau muda, putih, dan warna terang lainnya untuk mengecat tembok di ruangan sempit.

Warna yang cerah selain akan memancarkan keceriaan, juga akan membuat ruang yang sempit terlihat lebih lapang. Bandingkan jika kita mewarnainya dengan warna gelap, ruang tersebut akan terasa lebih sempit dan pengap.

Selain warna cat untuk tembok, kita pun bisa menggunakan warna serupa untuk aksesori dan furnitur yang kita letakkan di ruangan tersebut; tentunya dengan memperhatikan keharmonisan warna secara keseluruhan.

Kedua, terkait pencahayaan. Untuk menyiasati ruang sempit supaya terlihat lebih luas, pasanglah alat penerangan yang bisa menjangkau seluruh ruangan. Penerangan yang baik bagus untuk penglihatan kita, sekaligus membuat ruang terlihat luas dan lapang. Memasang jendela di kamar atau membuat jalan cahaya di atap misalnya, juga bisa menjadi alternatif untuk membuat penerangan yang baik.

Siasat Lain untuk Ruangan Sempit/ Kecil

Selain bermain di warna dan pencahayaan, ruangan-ruangan mini tersebut juga masih bisa disiasati melalui berbagai cara lain:

Memilih furnitur berukuran kecil atau minimalis. Tentu kita akan perlu meletakkan beberapa furnitur atau barang di ruangan yang sempit sekalipun; apalagi itu adalah bagian vital rumah seperti kamar tidur, kamar mandi, dapur, atau ruang tamu.

Agar ruangan tidak terlihat penuh dan crowded dengan barang-barang; pilihlah furnitur minimalis yang ukurannya bisa disesuaikan dengan ukuran ruangan. Barang-barang dengan ukuran mini ini tentu tidak akan memakan sebagian besar tempat di ruangan, sehingga masih cukup banyak bagian bebas yang tersisa.

Furnitur atau hiasan multi fungsi. Selain ukuran yang minimalis, ada baiknya kita memilih barang-barang yang memiliki banyak fungsi untuk ruangan yang berukuran relatif kecil. Misalnya memilih tempat tidur yang mempunyai kolong. Bagian kolong bisa dimanfaatkan sebagai tempat penyimpanan barang sehingga barang-barang tidak berserakan dan memenuhi ruangan.

Hiasan di dinding. Dibanding meletakkan hiasan seperti bingkai foto di meja, akan lebih baik jika barang tersebut digantung di dinding. Selain mudah dilihat, posisi ini tidak akan memakan tempat yang seharusnya bisa digunakan untuk meletakkan barang lain.

Begitu pula dengan rak. Jika memungkinan, serta tidak membahayakan, rak berisi barang-barang ringan lebih baik digantung daripada diletakkan di bawah.

Memasang cermin. Percaya atau tidak, dengan adanya cermin di satu atau dua sisi dari ruangan akan menimbulkan efek ‘terlihat lebih luas’. Kita bisa membuktikannya saat berkunjung ke tempat yang di dalamnya terdapat banyak kaca; kita akan merasa ruangan tersebut luas.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s