Mencari dan Bekerja dengan Kontraktor Pembangunan atau Renovasi Rumah

Menyewa kontraktor untuk memperbaiki atau membangun ulang rumah adalah hal penting yang harus mendapatkan perhatian lebih. Mengapa?

Karena pemilihan kontraktor akan memberikan dampak yang besar terhadap hasil pembangunan ataupun renovasi rumah yang menjadi proyek kita.

Memilih Kontraktor

Sebagian besar orang cenderung menitik-beratkan pemilihan kontraktor pada harga yang ditawarkan. Semakin murah harga yang dipatok oleh kontraktor atas proyek renovasi atau pembangunan rumah, calon konsumen ini akan semakin mudah terpikat. Sayangnya, tidak semua yang murah itu memiliki kualitas tinggi.

Ujung-ujungnya, saat semua sudah selesai dikerjakan, kekecewaan muncul di belakang; entah karena hasilnya yang tidak memuaskan atau karena harga murah yang ditawarkan di awal ternyata mengalami pembengkakan karena alasan ini itu dari kontraktor.

Kriteria utama yang harus diperhatikan dalam memilih salah satu dari sekian banyak kontraktor adalah reliabilitasnya; atau seberapa banyak konsumen yang mempercayai kinerja mereka. Jika banyak konsumen (yang telah menggunakan jasanya) mengeluarkan sejumlah komplain, maka kontraktor tersebut sebaiknya tidak masuk dalam daftar pilihan kita.

Untuk mencari kontraktor yang berkualitas; dalam hal profesionalitas kerja berikut tenaga yang dimilikinya, ada beberapa cara yang bisa ditempuh:

  • Meminta rekomendasi dari teman, saudara, partner kerja, atau anggota keluarga yang pernah menggunakan jasa kontraktor berkualitas tertentu. Rekomendasi dari orang terdekat, yang pernah memakai jasa si kontraktor, tentu akan lebih bisa dipercaya
  • Browsing di internet untuk mencari referensi kontraktor di dekat tempat tinggal. Dari sejumlah kontraktor yang kita temukan di internet, kita harus berhati-hati dalam menentukan pilihan. Pastikan kontraktor tersebut nyata, mempunyai nomor yang bisa dihubungi, serta memiliki reputasi yang bagus. Semakin sering muncul di mesin pencari, besar kemungkinan kontraktor tersebut telah banyak digunakan dan memiliki kualitas bagus
  • Survey di beberapa tempat
  • Mencari link di majalah-majalah yang banyak mengupas tentang hunian

Rumah adalah investasi jangka panjang yang nantinya akan kita tinggali dalam jangka waktu yang lama. Karena itu, langkah awal dalam memilih kontraktor ini sangat perlu diperhatikan untuk hasil yang memuaskan. Tidakperlu terburu-buru dalam menentukan pilihan; jajaki satu per satu demi menemukan yang terbaik.

Bekerjasama dengan Kontraktor

Masih terkait kontraktor, kita tidak bisa berhenti pada pemilihan kontraktor yang baik saja; lantas menimpakan seluruh tanggung-jawab dari proses pembangunan atau renovasi rumah kepada mereka.

Tetap harus ada kerjasama antara kita dengan mereka. Hal ini penting untuk mencegah terjadinya sesuatu yang tidak diinginkan; seperti mangkirnya pekerja bangunan, pengurangan kualitas material bangunan yang dipakai, dan lain sebagainya.

Untuk mencegah hal tersebut, sekaligus memastikan kontraktor dan partnernya bekerja sesuai keinginan kita, ada beberapa hal yang perlu kita lakukan;

  • Menyampaikan detail rencana renovasi/ pembangunan rumah kepada kontraktor sejelas-jelasnya. Mintalah saran jika memang kita memerlukan pertimbangan dan masukan dari ahlinya.
  • Meskipun tidak ikut membantu proses renovasi atau pembangunan, kita harus aktif dalam melakukan pengawasan di lapangan. Apalagi jika kita memakai jasa secara borongan, segala hal termasuk pembelian material harus kita awasi dengan cermat. Sampaikan kepada para pekerja dan kontraktor bahwa kita percaya pada mereka; sehingga tidak terkesan bahwa pengawasan kita adalah bentuk ketidak-percayaan
  • Perluaslah pengetahuan tentang bangunan dan segala hal yang terkait dengannya. Ini akan memberi kita gambaran jelas mengenai hal tersebut; sehingga kita tidak seperti kerbau dicocok hidungnya ketika berhadapan dengan kontraktor yang memberikan saran-saran

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s