Membuat Rumah Lebih ‘Berharga’

Semua orang pasti mengetahui arti penting sebuah rumah bagi kehidupan. Rumah tidak semata berperan sebagai tempat berlindung dari panas dan hujan, tetapi lebih dari itu.

Rumah adalah tempat kita menghabiskan banyak waktu, untuk membangun keluarga, mengembangkan kualitas diri, hingga beristirahat dan menikmati hal-hal menyenangkan dalam hidup. Tak heran, banyak orang yang mati-matian dalam membangun rumah yang mereka impikan, dengan tujuan memperoleh kenyamanan dan ketenangan dalam kehidupan sehari-hari diri dan keluarganya.

Rumah sebagai Investasi

Sementara banyak orang menganggap rumah adalah istana yang akan mereka tinggali bersama orang-orang tercinta; ada sebagian orang yang mengartikan rumah dalam lingkup yang berbeda.

Pada kenyataannya, rumah dan pembangunannya merupakan lahan bisnis yang menjanjikan. Banyak orang yang bergelut di bisnis ini; mulai dari menjual jasa pembangunan hingga jual-beli rumah dengan keuntungan yang cukup menggiurkan.

Banyak orang membeli lebih dari satu rumah tetapi hanya memanfaatkan salah satunya saja. Sisanya? Mereka perjual-belikan. Mereka menyebutnya sebagai langkah investasi; saat mereka membutuhkan sejumlah uang, mereka bisa saja menjual salah satu dari rumah-rumah tersebut.

Membuat Rumah Lebih Mempunyai Nilai Jual

Tidak semua rumah memiliki nilai jual yang bagus. Dalam hal nilai jual sebuah rumah, ada sejumlah faktor yang mempengaruhinya; antara lain luas tanahnya, desain interior dan eksterior rumah, luas halaman, perabotan-perabotan yang ada di dalamnya, dan sebagainya.

Bagaimana caranya meningkatkan nilai jual rumah kita; membuatnya lebih ‘berharga’ ketika kita harus menjualnya suatu saat nanti? Berikut ini adalah beberapa proyek pembangunan atau renovasi rumah yang bisa membuat rumah kita mempunyai nilai jual yang tinggi:

Mendesain ulang dapur

Dapur merupakan salah satu dari bagian terpenting sebuah rumah. Bahkan, beberapa orang menganggap dapur sebagai jantungnya rumah. Dapur yang bagus bukan hanya yang mewah saja, tetapi juga dapur yang desainnya memenuhi unsur estetika dan fungsional yang baik.

Buatlah dapur yang minimalis tetapi bisa mengakomodasi semua kegiatan-kegiatan dapur seperti memasak, mencuci piring, dsb. Memilih perabotan-perabotan yang unik, multi-fungsi, dan memiliki warna yang selaras dengan keseluruhan dapur akan menjadi kekuatan tambahan dapur kita.

Selain itu, pilihlah peralatan-peralatan dapur yang hemat listrik untuk mendukung kampanye penyelamatan lingkungan; sekaligus menghemat pengeluaran kita untuk membayar tagihan listrik.

Menambahkan sentuhan pada kamar mandi

Kamar mandi pun berperan penting bagi penghuni rumah. Untuk itu, kita harus mendesain secara hati-hati dengan memperhatikan unsur kebersihan, kenyamanan, juga keindahan.

Di samping itu, jika kita hanya memiliki satu kamar mandi di dalam rumah; upayakan untuk membuat satu lagi kamar mandi apabila memungkinkan. Ini akan menambah ‘nilai’ dari rumah kita. Perhatikan pula luas ruang yang dipakai untuk kamar mandi; karena beda ukuran tentu membutuhkan sentuhan yang berbeda pula.

Menambah ruangan dalam rumah

Manfaatkan space yang masih kosong di dalam rumah untuk membangun ruang-ruang baru, seperti ruang serba guna, basement yang bisa digunakan sebagai tempat bermain atau ruang tamu kedua, tempat khusus ibadah, dan ruangan yang unik lainnya.

Pembeli akan lebih tertarik membeli rumah yang memiliki jumlah ruang yang relatif banyak. Walaupun demikian, kita harus tetap memperhatikan faktor kenyamanan dan keindahan ruang-ruang tersebut.

Membangun taman

Jika kita masih memiliki lahan kosong di depan, samping, atau belakang rumah; membangun taman bisa meninggikan nilai jual rumah kita. Selain itu, pepohonan dan tanaman lainnya pun bisa kita ambil manfaatnya; baik berupa buah-buahan atau hasil lainnya, maupun udara segar dan lingkungan yang sejuk. Belakangan, taman di atap rumah kian populer; jika kita bisa mengadakannya, orang kemungkinan besar akan tertarik pada rumah kita.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s