Home Improvement untuk Lingkungan Hijau

Home improvement adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas yang dimiliki oleh sebuah rumah. Kualitas yang ditingkatkan bisa pada berbagai bidang.

Kali ini kita akan membahas tentang home improvement yang bisa kita lakukan di rumah kita untuk mendukung program lingkungan hijau. Ini berarti kita harus membuat langkah-langkah untuk merubah beberapa bagian pada rumah kita dengan segala sesuatu yang berprinsip ramah lingkungan.

Namun sebelum kita mulai membahas hal tersebut, alangkah baiknya jika kita memahami dulu pentingnya melakukan home improvement untuk lingkungan hijau ini, sehingga kita semua tergerak untuk melakukannya.

Salah satu faktor yang menyebabkan langkah-langkah tersebut perlu untuk kita aplikasikan di rumah kita yaitu untuk mencegah semakin memburuknya pemanasan global yang terjadi di bumi.

Kita semua adalah makhluk hidup yang menghuni bumi ini. Kita memerlukan bumi ini untuk tempat tinggal kita dan tempat hidup kita. Oleh karena itu, kita semua perlu ikut menjaga kelestarian alam ini, yaitu salah satunya dengan melakukan langkah-langkah home improvement yang telah disebutkan di atas.

Selain itu, akan ada pula berbagai manfaat yang bisa kita dapatkan dari melakukan perubahan tersebut di rumah kita. Berikut ini adalah penjelasan beberapa manfaat yang akan kita peroleh dengan mengaplikasikan home improvement untuk lingkungan hijau di rumah kita.

Manfaat Home Improvement untuk Lingkungan Hijau

Banyak selkali manfaat yang bisa kita rasakan dengan mengaplikasikan di rumah kita home improvement atau bisa juga disebut dengan perombakan rumah untuk mendukung terciptanya lingkungan hijau di sekitar kita.

Yang pertama yaitu manfaat yang paling penting bagi kita, kesehatan. Dengan melakukan perombakan pada beberapa bagian di rumah kita dengan prinsip ramah lingkungan, berarti kita juga meningkatkan pola hidup sehat.

Misalnya saja jika kita menggunakan green roof pada beberapa bagian di rumah kita, maka kita akan mendapatkan pasokan oksigen yang lebih banyak sehingga udara di rumah bisa terasa lebih segar dan juga menyehatkan.

Kemudian manfaat berikutnya yang bisa kita dapatkan yaitu dari segi finansial. Dengan mengaplikasikan home improvement untuk lingkungan hijau, kita akan menghemat biaya bulanan kita untuk membayar tagihan-tagihan seperti air dan listrik.

Contohnya jika kita merenovasi sebuah ruangan dengan membuat ventilasi yang lebih baik, maka kita akan membuat sirkulasi udara menjadi sangat lancar di ruangan tersebut sehingga kita bisa menghemat biaya untuk pemakaian AC.

Langkah-Langkah Home Improvement untuk Lingkungan Hijau

Jika kita ingin melakukan sebuah perombakan pada rumah kita atau home improvement untuk melestarikan lingkungan hijau, maka ada beberapa langkah yang bisa kita lakukan. Selain memakai green roof dan juga memaksimalkan fungsi ventilasi pada rumah kita seperti yang telah sempat kita singgung di pembahasan sebelumnya, masih banyak lagi langkah-langkah yang bisa kita upayakan.

Untuk bagian atap, sebagian besar masyarakat telah menggunakan atap yang baik yaitu yang terbuat dari tanah maupun keramik yang memiliki daya hambat terhadap panas matahari dengan baik. Jika kita ingin lebih mengoptimalkannya, kita bisa melapisi kertas aluminium dibawah genteng sehingga suhu di dalam rumah akan sejuk tanpa kita harus menyalakan AC.

Kemudian akan jauh lebih baik lagi jika kita menggunakan rangka atap baja daripada kayu karena selain ramah lingkungan, rangka atap baja memiliki kekuatan dan kestabilan yang lebih baik.

Selanjutnya yaitu menggunakan listrik secara hemat dan tepat guna, yaitu kita hendaknya memasang lampu dengan tingkat penerangan secukupnya yang disesuaikan dengan luas ruangan dan kegunaan masing-masing ruangan tersebut. kemudian kita juga harus menggunakan lampu yang irit energi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s