Home Improvement untuk Hidup yang Lebih Baik

Makna dan Arti Pentingnya sebuah Hunian

Bagi semua manusia, pemenuhan atas tempat tinggal sangatlah perlu diperhatikan. Mengapa?

Karena rumah memiliki fungsi yang vital bagi kehidupan manusia, yaitu sebagai tempat tinggal. Tidak hanya untuk tinggal saja, namun rumah dapat dijadikan sebagai tempat untuk menghabiskan waktu bersama orang yang kita cintai seperti keluarga.

Selain itu, rumah berfungsi sebagai tempat berlindung manusia dari macam bahaya dari lingkungan luar seperti panas matahari, hujan hingga badai. Oleh karena itu, rumah haruslah dibangun senyaman mungkin agar semua orang didalamnya dapat merasakan kehangatan dan tentunya manfaatnya.

Rumah sebagai salah satu kebutuhan primer atau utama bagi manusia selain bahan makanan dan pakaian tentu perlu diperhatikan keadaannya. Membangun rumah sebaiknya dibicarakan saat seseorang hendak membangun mahligai rumah tangga.

Perlu perhatian ekstra dalam merencanakan hunian idaman yang nyaman dan aman untuk keluarga di masa depan. Mengapa? Karena ternyata fungsi rumah tidak hanya sebagai tempat berlindung, namun sebagai pusat kehangatan antar anggota keluarga yang satu dengan yang lainnya kelak. Membangun hunian tidak perlu bermewah-mewah, yang paling utama adalah kenyamanan.

Di Indonesia, terutama kota-kota besar seperti Jakarta banyak kita temui masyarakat yang tinggal di daerah kumuh, kolong jembatan atau gang sempit dengan rumah semi-permanent.

Daerah dengan tempat tinggal kumuh tadi terlihat sangat kontras dengan daerah perumahan elite didepannya. Ini menyebabkan kesenjangan social.

Maka dari itu, sebaiknya sebagai sesama manusia kita tidak perlu membangun atau memperbaiki rumah bermewahan. Karena percuma apabila kita menempati rumah yang mewah namun kita tidak menikmatinya. Lagipula rumah kita di dunia hanya sementara jadi seperlunya saja.

Perbaikan rumah untuk masa depan

Rumah perlu sesekali diperbaiki agar menambah kesan nyaman saat menempatinya. Melakukan perbaikan rumah bukan berarti anda merubahnya secara total. Anda hanya perlu memperbaiki bagian rumah yang anda prediksi akan menganggu kenyamanan anda.

Misalnya pada saat musim hujan seperti ini, anda perlu mengecek dan memperbaiki atap rumah anda apakah ada yang bocor atau tidak. Jika sudah ada yang bocor, anda harus segera melakukan perbaikan agar saat hujan terjadi rumah anda tidak bocor.

Pada saat memperbaiki rumah sebaiknya perlu diperhatikan kenyamanan dan yang paling penting biaya. Saat memilih aksesori pelengkap atau pengganti bagian rumah anda, sebaiknya pilih yang kualitasnya baik. Mengapa? Karena tujuan dari perbaikan rumah adalah agar kehidupan selanjutnya akan jauh lebih baik.

Contoh mudahnya, apabila dahulunya rumah kita memiliki lantai yang terbuat dari keramik biasa, maka pada saat melakukan perbaikan setidaknya ganti dengan keramik yang lebih bagus seperti marmer atau sebagainya yang sekiranya lebih baik dari keramik kualitas biasa.

Namun ada yang perlu dicatat, bahwa dalam melakukan perbaikan rumah, sebaiknya anda utamakan mana yang lebih penting untuk diperbaiki atau diganti. Ini berlaku bagi anda yang memiliki budget cukup. Tetapi walaupun anda mempunyai budget yang lebih sekalipun sebaiknya anda mengikuti saran tadi.

Apabila menurut anda perlu memperbaiki semua bagian rumah, anda harus berpikir kembali apakah dengan melakukan itu akan meningkatkan kenyamanan anda menempati rumah anda tadi atau tidak. Jangan sampai ketika anda telah melakukan perbaikan rumah, tetapi aspek kenyamanan dan kehangatan dari rumah tidak anda dapatkan. Ini akan percuma saja.

Ingatlah bahwa perbaikan rumah dilakukan sebagai upaya perbaikan kehidupan anda dimasa yang akan datang bukan untuk memenuhi hasrat anda saja. Namun tetap utamakan kenyamanan sebagai prioritasnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s