Home Improvement, Antara Kepentingan dan Status Sosial

Arti Pentingnya Melakukan Home Improvement

Rumah adalah tempat bernaung. Rumah tidak hanya ditempati sebagai sebuah tempat tinggal namun rumah telah menjadi bagian dari sebuah keluarga. Rumah adalah tempat berkumpul semua anggota keluarga dimana sebuah kehidupan terkecil dari masyarakat tinggal.

Rumah adalah pusat kehangatan yang berasal dari kasih sayang dan cinta antar penghuninya. Maka dari itulah rumah harus dibuat senyaman mungkin agar para penghuninya tidak ada yang kecewa telah menempatinya.

Memang benar fungsi utama rumah adalah sebagai tempat berlindung dari sinar matahari dan hujan. Namun apa benar apabila kita hanya membangun sebuah rumah dengan atap, dinding dan lantainya saja?

Tentu tidak. Untuk menjamin kenyamanan para penghuninya, rumah akan dibangun lengkap dengan berbagai ruang-ruangan yang akan ditempati agar sewaktu-waktu dapat digunakan oleh penghuninya. Maka dari itulah perlu dibuat home improvement atau apabila di bahasa Indonesiakan berarti perbaikan rumah.

Mengapa perlu diperbaiki apabila rumah kita sudah mencakup fungsi rumah sebagai tempat berlindung?

Apakah anda sudah yakin untuk tinggal didalamnya apabila rumah anda hanya sebagai tempat berlindung?

Ingat, bahwa fungsi lain dari rumah adalah sebagai tempat beristirahat, tempat berkumpul antara anggota keluarga, tempat bernaung, tempat untuk menaruh semua barang anda dan juga segalanya. Perbaikan rumah perlu dilakukan agar rumah anda dapat mencakupi semua fungsi rumah tadi.

Home Improvement dan Kaitannya dengan Status Sosial

Sekarang anda sudah tahu, seberapa penting perbaikan rumah dilakukan. Sekarang, anda dapat melakukan perbaikan rumah yang sesuai dengan keinginan anda. Hal ini bergantung pada beberapa faktor diantaranya kemampuan biaya yang anda punya.

Sekarang banyak sekali masyarakat yang berlomba-lomba untuk memperbaiki rumahnya menjadi rumah idamannya masing-masing. Jika anda mempunyai uang yang banyak maka anda dapat membangun kembali rumah anda layaknya istana. Namun jika uang yang anda miliki hanya sedikit, maka lakukan perbaikan rumah seperlunya saja.

Namun entah mengapa, pada awal tahun 2013 ini masyarakat banyak yang sedang memperbaiki rumahnya. Ada yang memperbaiki atap, dinding atau malah membuat lantai baru dirumahnya.

Memang patut dimaklumi karena mengingat fungsi rumah tadi, tetapi alangkah lebih baik apabila kita membuat rumah kita seperlunya saja. Tidak usah bermewah-mewah. Menurut saya, ada yang salah dengan pola pikir masyarakat kita. Mengapa rumah yang mewah selalu diidentikkan dengan pemiliknya yang kaya raya?

Entah mengapa sekarang hunian atau rumah banyak dijadikan sebagai ajang pamer status social dalam masyarakat. Ini keliru. Sebagai manusia yang bijak, kita hanya perlu melakukan sesuatu seperlunya saja, termasuk dalam hal memperbaiki rumah. Tidak perlu membangun rumah hingga berlantai tiga atau empat. Ini akan jelas-jelas membuang uang anda percuma.

Sekarang bagi anda yang hendak memperbaiki rumah atau membangun rumah, cobalah berpikir. Berkaca dan katakan pada diri anda sendiri! Apakah perlu kita membangun rumah seperti itu?

Padahal belum tentu dalam rumah yang megah-megah itu para penghuninya menikmati kenyamanan rumah tersebut. Belum tentu. Bahkan ada beberapa rumah megah tadi yang ditinggal oleh pemiliknya. Lalu buat apa membangun rumah seperti itu namun anda tidak merasakan kehangatan, kenikmatan dan kenyamanan rumah anda tersebut?

Cobalah buka pikiran anda lebar-lebar! Ingatlah bahwa memperbaiki rumah bukan untuk ajang pamer status kekayaan, namun rumah diperbaiki atau dibangun demi menambah kenyamanan anda dalam menempatinya.

Jangan sampai anda membangun atau memperbaiki rumah anda dengan baik dan megah, namun anda tidak menikmatinya sama sekali, itu akan percuma saja. Lebih baik memiliki rumah yang kecil namun nyaman daripada rumah megah atau besar jika seperti itu.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s