Alternatif Lantai

Lantai Laminasi

Setelah bertahun-tahun dihadapkan dengan interior yang sama, maka ada saatnya kita akan merasa bosan. Namun untuk membuat berbagai home improvement, pastinya kita harus mengeluarkan biaya yang cukup besar dan kita sering tidak dapat melakukan ini. Namun kini, kita memiliki jenis lantai laminasi yang tidak terlalu baru namun mulai semakin berkembang pola dan warnanya.

Lantai laminasi merupakan lantai yang mudah untuk dilepas dan diganti. Memang tidak semudah karpet, namun demikian, lantai laminasi memiliki keunggulan lain jika dibandingkan dengan karpet, selain itu lantai laminasi juga tidak terlalu tahan lama.

Karpet cukup sulit untuk dibersihkan. Untuk membersihkan karpet, anda mungkin membutuhkan jasa profesional. Sedangkan untuk lantai laminasi, anda dapat membersihkannya sendiri. Alat yang dibutuhkan untuk membersihkan lantai jenis ini juga tidaklah sulit. Peralatan yang dibutuhkan sama dengan jika anda menggunakan lantai keramik.

Karena kemudahan dalam memasangnya, lantai jenis ini amatlah sesuai bagi anda yang mudah bosan dengan interior yang ada dan suka mengubah-ubah tampilan rumah anda.

Instalasi Lantai Laminasi

Yang pertama anda lakukan adalah mengumpulkan semua material dan perlengkapan yang ada. Lantai ini dapat diinstal di atas lantai yang sudah ada. Anda tidak perlu melepas lantai lama anda sehingga sewaktu-waktu anda bebas untuk melepaskan lantai laminasi dan mengembalikan lantai lama anda.

Material yang anda butuhkan adalah lantai, alat pengukur, pel kering atau pel uap, pisau, gergaji, pelapis, lem dan beberapa peralatan lainnya. Kemudian, anda harus mengepel lantai anda secara menyeluruh untuk menghilangkan semua kotoran yang ada termasuk lumut.

Namun demikian, pastikan bahwa anda tidak menggunakan air ataupun pel basah. Atau jika sudah terlanjur menggunakannya, maka pastikan anda menunggu sampai semuanya benar-benar kering sebelum memilai untuk memasang lantai laminasi.

Pemasangan lantai laminasi sebenarnya tidak berbeda jauh dengan pemasangan lantai kayu. Namun lantai laminasi sebenarnya malah lebih mudah diinstal. Dari peralatannya saja, anda tidak membutuhkan alat yang sulit. Bahkan amatirpun dapat melakukannya sendiri.

Memang akan lebih mudah untuk meminta bantuan profesional karena mereka sudah lebih berpengalaman, namun demikian jika anda hendak menghemat dan juga memasang semua sendiri sehingga sesuai dengan keinginan anda, maka ada baiknya jika memasang semuanya sendiri. Setelah mempersiapkan semuanya, maka yang perlu anda lakukan adalah membuka pelapis dan merentangkan di atas lantai tersebut.

Guntinglah bagian-bagian yang berlebih sehingga pelapis tersebut bisa pas dengan ukuran lantai tersebut. Namun satu hal yang perlu anda perhatikan adalah untuk menyisakan beberapa mili di setiap sisinya sehingga tidak terlalu mepet.

Kemudian, cobalah untuk meletakkan lantai laminasi di atasnya dan pastikan sebaris lantai dapat terpasang dengan ukuran yang sesuai.

Jika sudah demikian, gunakanlah lem yang sesuai dan rekatkanlah sebaris lantai laminasi tersebut. Untuk merekatkan lantai laminasi ke lantai, ketuklah dengan menggunakan balok kayu kecil.

Sebaiknya ketika mengetukkannya anda tidak menggunakan palu karena palu cukup berat dan mungkin akan meninggalkan bekas di atas lantai laminasi. Ini juga berlaku untuk palu yang terbuat dari karet.

Ketukkanlah balok kayu tersebut ke seluruh lapisan lantai sehingga semua bagian dari lantai laminasi akan menempel dengan sempurna.

Kemudian, rentangkan barisan kedua. Lakukan proses yang sama dengan proses sebelumnya. Ulangi proses ini sampai seluruh ruangan tertutupi dengan sempurna. Tunggu sampai lem benar-benar kering seperti yang tertulis di petunjuknya sebelum anda dapat mempergunakan ruangan tersebut lagi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s