Tips Renovasi Rumah dan Pencegahan Agar Rayap Tidak Kembali Lagi

Rayap merupakan salah satu ancaman terbesar yang seringkali menghantui banyak pemilik rumah, terutama bagi mereka yang tinggal di daerah rawan rayap. Rayap dianggap sebagai ancaman dan musuh terbesar bagi kebanyakan orang karena rayap akan menggerogoti kayu yang dipakai dalam bangunan sehingga kayu menjadi berlubang dan rapuh.

Jika hal ini dibiarkan terjadi, maka lama kelamaan rumah bisa ambruk. Satu-satunya cara yang bisa dilakukan ketika rayap sudah terlanjur menggerogoti sebagian besar kayu di dalam rumah adalah dengan merenovasi rumah tersebut, mencari cara untuk membasmi rayap dan mencegah rayap kembali lagi ke dalam rumah.

Berikut ini adalah beberapa ulasan mengenai bahaya rayap dan tips untuk membasminya yang mungkin akan berguna untuk anda.

Bahaya Rayap Bagi Bangunan Rumah

Tubuh rayap memang terbilang kecil, namun jangan remehkan kemampuannya dalam merusak bangunan. Pada sebagian besar kasus, rayap ternyata tidak hanya menggerogoti kayu yang digunakan pada bangunan saja, tetapi juga meubel, kabel listrik, buku-buku serta barang-barang yang lainnya.

Rayap bahkan bisa menembus tembok yang tebalnya beberapa centimeter dan memanfaatkan celah yang ada untuk mencapai sasaran yang ingin mereka tuju. Beberapa bagian di dalam rumah atau bangunan yang rawan terhadap rayap adalah teras, kerangka atap, sambungan talang air hujan, ventilasi, sudut dinding, sambungan antara dinding dengan pondasi dan sambungan antara dinding dan atap.

Dan yang membuat serangga ini menjadi lebih berbahaya lagi adalah karena rayap bekerja selama 24 jam dan tujuh hari dalam seminggu. Itu berarti, rayap bekerja seperti tak mengenal lelah dan dapat dengan cepat menggerogoti habis bangunan yang kita miliki.

Itu sebabnya mengapa sangatlah penting untuk melakukan 3 langkah penting, yaitu mencegah, membasmi dan mengendalikan rayap agar mereka tidak merusak bangunan yang kita diami.

Tips Mengatasi Rayap di Dalam Bangunan

Ketika anda membangun rumah ataupun bangunan yang lain, hal pertama yang perlu anda lakukan untuk mencegah keberadaan rayap di dalam bangunan adalah termite control service.

Penyemprotan tanah dengan termisida akan membasmi rayap yang berada di sekitar area bangunan dan mencegah rayap untuk memasuki area tersebut. Rayap tidak akan mau atau tidak akan bisa menembus tanah yang telah dilapisi oleh termisida.

Anda bisa menyemprotkan cairan termisida ke seluruh bagian pondasi bangunan, permukaan tanah sebelum dicor dan juga penyemprotan termisida pada kayu-kayu yang akan digunakan pada bangunan.

Tetapi jika anda sudah terlanjur menempati bangunan yang belum dilapisi oleh termisida dan bangunan yang anda tempati sekarang diserang oleh rayap, anda tidak perlu kuatir. Masih ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk membasmi rayap.

Pertama, anda bisa melakukan pos-construction termite control. Hampir sama dengan termite control service yang telah dijelaskan sebelumnya, cara ini juga dilakukan dengan menyemprotkan cairan termisida ke berbagai bagian di dalam bangunan yang rawan rayap. Bedanya, penyemprotan ini bisa dilakukan tanpa perlu merombak seluruh bagian rumah.

Yang kedua, anda bisa melakukan pembasmian rayap dan mencegah rayap kembali dengan menggunakan teknologi sentrion. Teknologi ini memakan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan termisida, namun hasilnya bisa lebih efektif dan lebih ramah lingkungan.

Setelah anda melakukan tips diatas, jangan lupa untuk melakukan renovasi bangunan dengan mengganti kayu-kayu atau meubel yang rusak akibat rayap. Hal ini akan berguna untuk menjaga agar konstruksi bangunan tetap kuat dan kokoh.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s