Tips Mendesain Rumah Tropis

Indonesia merupakan negara tropis yang dilewati oleh garis khatulistiwa. Negara ini bisa disebut sebagai negara tropis karena hanya memiliki dua jenis musim dalam satu tahun dan memiliki suhu yang hangat atau cenderung panas.

Bagi anda yang tinggal di Indonesia dan masih bingung untuk menentukan desain rumah seperti apa yang cocok untuk tempat tinggal anda, artikel ini mungkin akan menjadi jawaban yang tepat untuk anda. Artikel ini akan membahas desain rumah tropis, salah satu alternatif desain rumah yang cocok untuk dipakai di Indonesia, dan beberapa tips yang akan sangat berguna untuk anda.

Elemen dalam Rumah Tropis

Sebelum anda mengetahui beberapa tips untuk membangun rumah tropis, anda harus mengetahui terlebih dahulu elemen-elemen yang wajib ada di dalam desain rumah tropis.

Yang pertama adalah kayu. Kayu menjadi elemen yang paling penting dan wajib digunakan pada rumah tropis karena kayu merupakan ciri yang paling khas dari rumah tropis. Penggunaan kayu akan membuat rumah terlihat lebih alami, hangat dan nyaman.

Material kayu ini bisa digunakan di berbagai macam bagian di dalam rumah. Anda bisa menggunakannya sebagai pilar-pilar penyangga, pintu dan jendela, lantai, atap sampai dengan furnitur-furnitur untuk melengkapi rumah.

Elemen yang kedua adalah tanaman hijau. Untuk membuat rumah anda lebih terlihat seperti rumah tropis yang sesungguhnya, anda bisa menambahkan sentuhan tanaman hijau di halam depan dan belakang ataupun di dalam rumah anda. Selain menambah kesan tropis, tanaman hijau juga dapat membuat rumah anda terasa lebih sejuk dan segar.

Yang terakhir adalah penggunaan warna-warna natural. Untuk desain rumah tropis, anda bisa menggunbakan cat dengan warna-warna natural seperti cokelat muda, cokelat tua, hijau tua, oranye, kuning muda, cream dan putih.

Tips Mendesain Rumah Tropis

Selain memperhatikan elemen-elemen yang harus ada dalam desain rumah tropis, anda juga perlu mengetahui beberapa tips penting dalam mendesain rumah tropis.

Pertama, buatlah desain yang mengutamakan tampilan ruangan yang luas dan lebar. Cuaca negara tropis yang panas akan membuat udara di sekitar rumah menjadi panas dan gerah sehingga anda membutuhkan rumah yang terkesan luas dan lebar agar sirkulasi udara menjadi lebih lancar.

Anda bisa membuat jendela dan pintu dengan bukaan yang lebar serta menghindari penggunaan furnitur yang terlalu banyak agar rumah anda tidak terlihat sempit dan sesak.

Kedua, membuat plafon yang tinggi. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, cuaca negara tropis yang panas dapat membuat rumah anda juga terasa panas. Anda bisa mensiasatinya dengan membangun plafon yang tinggi agar udara sirkulasi udara menjadi lebih lancar dan volume rumah menjadi terlihat lebih besar.

Ketiga, negara tropis sangat rawan terhadap keberadaan jamur dan rayap. Kelembaban negara tropis yang cukup tinggi membuat rayap dan jamur dapat berkembang dengan baik. Itu sebabnya anda perlu melakukan tindakan pencegahan sebelum anda membangun rumah tropis tersebut.

Salah satu caranya adalah dengan melakukan penyemprotan dan injeksi cairan kimia ke dalam pondasi agar rayap tidak bisa berkembang disana. Anda juga bisa menyemprotkan cairan tersebut pada kayu-kayu yang digunakan untuk membangun rumah, sehingga anda pun bisa terbebas dari ancaman rayap.

Untuk pembasmian jamur, anda bisa menjaga agar rumah anda tetap berada dalam keadaan yang kering, bersih dan segar. Pastikan juga bahwa anda memiliki jendela dan ventilasi yang cukup lebar atau cukup banyak untuk memberikan akses pada sinar matahari, supaya kelembaban di rumah anda tidak tinggi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s