Prinsip-Prinsip Mengatur Ruang Rumah

Apakah anda saat ini sedang bingung untuk mengatur ruang rumah anda? Silahkan anda simak review di bawah ini. Siapa tahu dengan membaca review seputar cara mengatur ruang rumah, anda akan terinspirasi untuk menata ulang ruangan rumah anda agar terlihat lebih indah, rapi, dan nyaman.

Rumah memiliki peran yang sangat penting bagi kita semua. Rumah adalah tempat melepas lelah setelah berjam-jam bekerja di lokasi kerja. Rumah juga merupakan tempat yang paling ideal untuk berkumpul dengan keluarga tercinta untuk menikmati suasana yang hangat karena kasih dan sayang keluarga kita.

Pada intinya adalah rumah tempat terbaik bagi kita. Maka dari itu, sebaik mungkin kita harus menjaga dan menata rumah agar tetap indah dan nyaman.

Seiring berjalannya waktu, banyak pemilik yang lebih menonjolan nilai estetik dan artistic sebuah rumah selain kenyamanan sebuah rumah. Bahkan hingga kini banyak pemilik rumah yang seolah-olah berlomba-lomba memperindah rumahnya agar tetap menjadi rumah yang indah dan mewah. Anda pun demikian, bukan?

Tidak perlu besar dan mewah, anda bisa mendapatkan rumah yang indah dan nyaman dengan cara menata dan mengatur setiap ruangan rumah anda.

Prinsip-prinsip mengatur ruang rumah

Dalam mengatur ruang rumah, anda harus memenuhi prinsip-prinsip pengaturan tata ruang dalam sebuah rumah. Hal ini dimaksudkan agar ruangan tertata dengan rapi sehingga akan tampak indah dan nyaman untuk digunakan. Apa saja prinsip pengaturan ruang rumah? Berikut ini adalah ulasannya.

Prinsip yang pertama adalah prinsip harmonisasi. Inti dari prinsip harmonisasi adalah bahwa sebuah ruangan dalam sebuah bangunan adalah sebuah kesatuan yang saling berhubungan dengan ruangan lainnya.

Karena hal inilah, sebuah ruangan harus memiliki harmony dengan ruangan yang lainnya seperti dalam hal tema, dekorasi rumah, warna, dll.

Prinsip yang kedua adalah prinsip keseimbangan di mana dalam hal ini prinsip tata ruang terbagi menjadi tiga jenis hal penting. Pertama, keseimbangan simetris pada visualisasi properti rumah seperti furniture, ornamen, dll.

Prinsip keseimbangan ini biasanya akan lebih difokuskan pada ruangan-ruangan formal seperti ruang tamu.

Prinsip keseimbangan yang kedua adalah keseimbangan yang asimetris.Prinsip keseimbangan yang kedua ini lebih fokus kepada sisi ketidak-beraturan pada elemen visual yang sengaja diaplikasikan untuk memperkuat elemen keseimbangan pada rumah.

Prinsip ini biasa akan diterapkan pada ruangan-ruangan non-formal dan unik yang mana dapat memancing kreativitas pemilik rumah dan pengunjung rumah.

Dan jenis prinsip keseimbangan yang ketiga adalah prinsip keseimbangan radial. Prinsip ini akan difokuskan untuk menciptakan efek pemusatan dalam sebuah ruangan. Efek visual yang akan diciptakan adalah penarik perhatian pada sebuah titik dalam sebuah ruangan.

Aksen dan ritme berperan penting dalam mengatur ruang rumah

Prinsip dalam mengatur ruang rumah yang ketiga adalah prinsip pemilihan aksen. Aksen di sini memiliki makna sebagai sebuah titik poin yang kemudian akan menjadi ikon sebuah ruangan.

Ketika aksen sudah ditentukan, aksen ini akan menjadi acuan dalam mengatur isi ruangan seperti furniture/ perabot rumah dan ornament ruangan. Pemberian aksen ini dimaksudkan agar menjadi daya tarik bagi siapa saja yang memasuki ruangan ini.

Penciptaan ritme adalah prinsip berikutnya yang harus anda pertimbangkan ketika akan menata dan mengatur ruangan pada rumah anda. Ciptakan ritme yang berbeda pada setiap ruangan rumah anda agar setiap ruangan yang anda miliki mempunyai karakter yang berbeda-beda namun memiliki keterkaitan satu sama lainnya.

Dan jangan lupa perhatikan detail ruangan yang tidak lain adalah prinsip tata ruang yang terahir dalam bahasan ini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s