Mendesain Ruangan yang Sempit Agar Terlihat Lebih Luas

Anda memiliki ruangan sempit di dalam rumah dan tidak tahu bagaimana cara membuatnya agar tampak lebih luas?

Anda tidak perlu kuatir lagi mengenai hal ini karena artikel ini bisa memberikan solusinya. Di dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa tips mendesain dan mendekor ruangan yang sempit agar tampak lebih luas dan indah sehingga anda pun bisa memaksimalkan lahan yang terbatas untuk menempatkan barang-barang yang anda miliki. Berikut adalah ulasannya.

Tips Mendesain dan Menata Ruangan yang Sempit

Tips pertama dalam mendesain ruangan sempit adalah jangan memilih furnitur dengan ukuran yang terlalu besar. Ukuran furnitur yang besar hanya akan membuat ruangan anda semakin terlihat lebih sempit.

Sesuaikan ukuran furnitur dengan luas ruangan yang anda miliki, sehingga ruangan anda akan terkesan lebih luas. Misalnya, anda bisa menghindari penggunaan sofa besar untuk ruang tamu anda yang sempit. Namun sebaliknya, anda bisa menggunakan kursi-kursi dan meja kecil untuk ruang tamu anda.

Kedua, sebaiknya furnitur yang anda pilih juga furnitur yang multifungsi. Sehingga selain dapat lebih efisien, juga dapat menghemat tempat. Anda juga bisa memanfaatkan furnitur yang ada semaksimal mungkin. Di dalam ruangan yang sempit tidak perlu menambah furnitur-furnitur yang tidak terlalu penting karena hanya akan memberi kesan sempit.

Ketiga, jika anda menginginkan ruangan yang sempit terlihat lebar, anda bisa menggunakan cermin sebagai triknya. Penempatan cermin di dalam ruangan yang sempit adalah salah satu cara termudah untuk memberi kesan luas.

Keempat, selain memilih ukuran dan fungsi furnitur, hal lain yang juga perlu diperhatikan adalah pemilihan warna cat dinding dan furnitur. Pada ruangan yang sempit sebaiknya anda tidak menggunakan terlalu banyak warna pada cat dinding karena hanya akan menimbulkan kesan yang berantakan.

Begitu pula dalam memilih warna furnitur, sebaiknya pilihlah warna furnitur yang senada dengan warna cat dinding. Penggunaan warna-warna seperti biru, violet ataupun putih pada dinding sangat direkomendasikan karena warna-warna ini akan memberikan kesan luas pada ruangan yang sempit.

Sebelum memutuskan warna dan furnitur apa yang ingin anda beli, sebaiknya anda memikirkan terlebih dahulu tentang tema apa yang akan anda pilih. Hal tersebut akan memudahkan anda nantinya dalam memilih warna cat dinding dan juga furnitur yang cocok.

Selain itu, penentuan tema ruangan juga dapat membantu anda untuk menghindari pembelian barang yang tidak diperlukan.

Dan terakhir, desain ruangan yang lebih sederhana juga berpengaruh dalam memberi kesan ekspansi pada ruangan anda. hindari penggunaan detail atau corak yang terlalu banyak, agar ruangan yang sempit bisa terlihat lebih luas.

Membeli Furnitur Untuk Ruangan yang Sempit

Setelah anda memutuskan tema untuk ruangan tersebut dan memutuskan furnitur-furnitur apa saja yang anda butuhkan, langkah selanjutnya yang perlu anda lakukan adalah membeli furnitur yang cocok untuk melengkapi ruangan sempit di rumah anda.

Furnitur-furnitur tersebut dapat dibeli di toko-toko furnitur di sekitar lokasi anda. Jika anda tidak menemukan furnitur yang tepat di toko-toko furnitur terdekat, anda juga bisa memesannya lewat toko online.

Saat ini, sudah mulai banyak bermunculan website-website yang menyediakan furnitur dengan berbagai macam bentuk, ukuran dan juga warna. Anda tidak perlu pergi keluar rumah untuk memesan furnitur yang anda inginkan dan anda hanya memerlukan waktu beberapa menit saja untuk memprosesnya.

Dengan cara ini, anda bisa membeli furnitur yang anda inginkan tanpa perlu repot mencarinya jauh-jauh ke dari satu toko ke toko lain.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s