Mendesain Kamar Anak dengan Tema Dongeng

Kamar anak sebenarnya merupakan salah satu ruangan yang wajib dimiliki oleh pasangan yang telah memiliki anak. Kebanyakan keluarga di Indonesia memang masih belum terlalu mementingkan keberadaan kamar anak di dalam rumah.

Seringkali, mereka meremehkan keberadaan ruangan yang satu ini karena mereka menganggap bahwa anak-anak yang masih kecil bisa tidur bersama di kamar tidur orangtua. Dan biasanya, orangtua dengan model seperti ini beranggapan bahwa anak-anak baru akan membutuhkan kamar sendiri ketika mereka berumur lebih dari 5 tahun.

Padahal sebenarnya, membiasakan anak untuk tidur sendiri sedari kecil sangatlah bagus untuk melatih kemandirian dan keberaniannya. Anda bisa mengajarkan mereka untuk tidak takut dan mau untuk tidur di kamar mereka sendiri dengan mendesain dan mendekorasi kamar anak dengan tema yang menarik sehingga mereka pun akan senang dan betah untuk berada di kamar mereka sendiri.

Berikut ini adalah beberapa tips mendesain kamar anak dengan tema dongeng yang pastinya akan membuat anak-anak anda merasa senang.

Tips Mendesain Kamar Anak Perempuan dengan Tema Dongeng

Tema dongeng sering dikaitkan dengan hal-hal yang berhubungan dengan anak-anak perempuan. Hal ini bisa terjadi karena sebagian besar cerita dongeng memang mengisahkan tentang cerita puteri-puteri dari kerajaan yang memiliki paras jelita dan sikap yang anggun.

Itu sebabnya mengapa tema ini sangat cocok untuk diangkat sebagai tema utama saat anda mendesain kamar untuk anak perempuan anda.

Tips yang pertama adalah pilih cat tembok dengan warna-warna yang lembut dan feminin, seperti misalnya merah muda, ungu, putih dan biru muda. Anda bisa memadukan warna-warna tersebut untuk menghasilkan nuansa kamar yang indah, tentram dan menenangkan.

Tips yang kedua, lengkapi kamar anak anda dengan perabotan dengan warna senada. Anda bisa memilih tempat tidur, lemari dan meja berwarna putih yang akan cocok untuk dipadukan dengan segala macam warna.

Ketiga, hiasi kamar anak anda dengan dekorasi yang mencerminkan tema dongeng. Anda bisa menggunakan stiker dinding bergambar puteri-puteri dalam kartun atau dongeng, bunga-bunga, istana, peri-peri atau bahkan binatang-binatang yang ada dalam cerita dongeng seperti unicorn misalnya.

Anda juga bisa menambahkan hiasan kelambu pada tempat tidur anak untuk mempermanis tampilan kamar tidur mereka.

Tips Mendesain Kamar Anak Laki-Laki dengan Tema Dongeng

Beranjak dari tips mendesain kamar anak perempuan, sekarang kita akan membahas beberapa tips mendesain kamar anak laki-laki dengan tema yang sama. Banyak orang mungkin tidak pernah berpikir akan mendesain kamar anak laki-laki mereka dengan tema dongeng, karena tema ini memang memiliki kesan yang feminin.

Padahal sebenarnya anggapan ini tidaklah benar. Semua itu hanya tergantung pada bagaimana anda memilih palet warna cat dinding, memilih perabotan dan mendekorasinya.

Tips pertama, tentukan tokoh dongeng apa yang akan anda pilih untuk menjadi tema utama kamar anak laki-laki anda. Anda bisa memilih tokoh Peterpan misalnya. Tokoh ini cocok untuk digunakan dalam desain kamar anak laki-laki.

Tips kedua, pilihlah warna yang sesuai dengan karakter dongeng yang sudah dipilih. Jika anda memilih tema dongeng peterpan, maka sebaiknya anda memilih warna-warna terang seperti kuning, hijau, cokelat dan biru.

Ketiga, tambahkan stiker dinding yang cocok untuk dipadukan dengan tema tersebut untuk dekorasinya. Misalnya stiker bergambar karakter peterpan itu sendiri, pepohonan, dedaunan dan masih banyak yang lainnya.

Terakhir, pilihlah perabotan dari kayu yang berwarna cokelat. Selain cocok untuk dipadukan dengan tema peterpan, perabotan kayu berwarna cokelat juga akan menambah kesan natural dan menenangkan pada kamar anak anda.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s