Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Merenovasi Rumah

Renovasi rumah bukanlah perkara mudah yang bisa diputuskan begitu saja. Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan, rencanakan dan pertimbangkan secara matang sebelum anda mulai merenovasi rumah, karena ada banyak unsur penting yang saling berkaitan satu sama lain saat anda melakukan renovasi.

Berikut ini adalah beberapa tips mengenai hal-hal yang perlu diperhatikan selama merencanakan dan melaksanakan renovasi agar anda tidak kebingungan dan melakukan kesalahan.

Merencanakan Renovasi Rumah

Sebelum anda memulai renovasi rumah, hal yang sangat penting yang perlu anda lakukan adalah membuat perencanaan. Tanpa adanya perencanaan, renovasi akan berjalan dengan kacau dan tidak terorganisir. Saat anda membuat perencanaan, anda perlu memperhatikan hal-hal berikut ini.

Pertama, pikirkan dengan matang tujuan dari renovasi tersebut. Apakah anda ingin merenovasi seluruh bagian rumah atau hanya membenahi beberapa bagian saja atau ingin menambah ruangan baru atau keinginan-keinginan yang lainnya.

Untuk mendapatkan hasil yang terbaik, anda bisa berkonsultasi dengan teman atau keluarga yang ahli dalam penataan ruang atau anda juga bisa langsung datang ke kantor desain interior di kota anda.

Kedua, hitung biaya yang dibutuhkan untuk melakukan renovasi. Jika anda datang berkonsultasi dengan desainer interior, biasanya mereka juga bisa membantu anda untuk menghitung perkiraan biaya yang dibutuhkan atau anda bisa meminta mereka untuk mencarikan desain yang pas untuk budget anda.

Namun jika anda ingin menghitungnya sendiri, anda bisa melakukan survei bahan-bahan yang dibutuhkan selama renovasi dan mencari tahu berapa besar perkiraan biaya tenaga kerja yang harus anda bayarkan.

Ketiga, persiapkan budget sejak jauh-jauh hari. Apabila anda ingin melakukan renovasi rumah, pangkaslah anggaran-anggaran yang tidak perlu dan sisihkan pemasukan anda setiap bulan untuk melakukan renovasi.

Usahakan agar budget yang anda miliki berlebih dari rencana anggaran renovasi yang telah dibuat, supaya ketika sesuatu yang tidak diinginkan terjadi anda masih memiliki dana cadangan.

Keempat, pilih pekerja yang profesional dan terpercaya. Jangan bekerjasama dengan kontraktor atau pekerja bangunan yang suka terlambat memenuhi jadwal atau berbuat curang dengan memainkan harga serta kualitas barang.

Pakaialah jasa yang direkomendasikan oleh teman dan keluarga anda, agar anda bisa merasa lebih nyaman.

Terakhir, buatlah jadwal renovasi agar penyelesaian renovasi tidak melenceng jauh dari waktu yang ditentukan. Dengan begini, para pekerja juga akan terpacu untuk tidak bekerja dengan santai karena mereka memiliki target yang harus segera dicapai.

Pelaksanaan Renovasi Rumah

Selain merencanakan beberapa hal sebelum memulai renovasi rumah, ada beberapa hal lain yang juga perlu diperhatikan saat anda melaksanakan proses renovasi.

Yang pertama, sebisa mungkin awasi setiap pekerjaan renovasi yang dilakukan oleh para pekerja. Jika anda tidak memiliki waktu luang, anda bisa menyuruh orang kepercayaan anda untuk melakukan pekerjaan ini. Hal ini sangatlah penting untuk dilakukan karena dengan cara ini anda bisa menghindari para pekerja yang hendak berbuat curang atau hendak malas-malasan saat bekerja.

Kedua, pastikan para pekerja bekerja sesuai dengan instruksi dan jadwal yang telah diberikan. Hal ini sangat berguna untuk tetap menjaga proses renovasi berjalan sesuai rencana dan untuk mencegah para pekerja bekerja diluar aturan dan target yang telah ditentukan.

Yang terakhir, jika anda tidak mengerti mengenai tipe atau macam-macam bahan bangunan, anda bisa meminta tolong teman atau keluarga anda yang paham akan hal ini. Ajaklah mereka untuk mengecek apakah spesifikasi barang-barang yang ada pada tagihan bahan bangunan sesuai dengan barang-barang yang dipakai dalam proses renovasi rumah anda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s