Desain Rumah Minimalis Cocok Untuk Lahan Terbatas di Wilayah Perkotaan

Desain rumah minimalis di zaman modern ini sangat sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang tinggal di wilayah perkotaan yang padat penduduk. Hal ini disebabkan karena wilayah perkotaan memiliki lahan yang terbatas untuk penduduk yang terbilang sangat padat.

Dengan munculnya desain rumah minimalis ini, masyarakat tidak memerlukan lahan yang luas untuk mendirikan rumah mereka karena konsep utama desain rumah ini memang lebih fokus pada gaya yang simple namun tetap praktis dan efisien.

Tidak hanya dilihat dari sudut kebutuhan lahan yang terhitung sangat efisien, sifat efisien dan praktis pun akan berlaku pada penggunaan properti rumah seperti furniture, ornament, dan masih banyak jenis properti rumah lainnya.

Dilihat dari penggunaan lahan dan properti rumah yang dibutuhkan untuk mendirikan sebuah bangunan yang berkonsep minimalis, tentu saja jenis desain bangunan ini sangat cocok untuk masyarakat perkotaan. Dan kini sudah banyak masyarakat yang mengaplikasikan konsep rumah bergaya minimalis dengan style dan tema yang berbeda-beda.

Desain rumah minimalis identik dengan rumah bergaya modern kontemporer

Desain rumah minimalis ini memiliki fungsi yang sangat optimal. Setiap ruangan dari rumah atau bangunan yang berdesain minimalis akan dapat berfungsi secara maksimal tanpa adanya bagian yang disia-siakan.

Pada mulanya pilihan desain rumah yang bersifat minimalis ini banyak dilakukan oleh para pemilik rumah yang tidak memiliki cukup lahan. Namun sekarang kondisinya sudah sangat berbeda. Desain rumah minimalis sudah beralih peran.

Bukan lagi sebagai alasan terbatasnya lahan yang akan dibangun rumah yang berdesain minimalis, namun lebih cenderung menjadi bagian dari lifestyle yang lebih menonjol pada lifestyle modern yang sangat identik dengan atmosphere perkotaan.

Rumah yang memiliki desain minimalis akan dianggap sebagai rumah yang bergaya modern kontemporer karena sangat sesuai dengan elemen-elemen bangunan perkotaan seperti gedung perkantoran, mal, dan bangunan publik lainnya.

Anda tentunya sering menjumpai gedung perkantoran yang memiliki desain exterior dan interior yang sangat minimalis namun tetap indah dan elegan. Begitu juga dengan rumah yang berdesain minimalis akan dianggap sebagai rumah yang simple namun memiliki kualitas kemewahan dan nilai estetik yang sangat tinggi. Elemen-elemen interior dan exterior rumah akan terlihat begitu mahal karena memancarkan kemewahan.

Pilihan desain rumah minimalis

Terdapat beberapa macam pilihan dalam pembuatan rumah yang memiliki desain rumah minimalis. salah satu pilihannya adalah rumah berdesain minimalis dua lantai.

Rumah berdesain minimalis dua lantai ini pada umumnya memiliki pemetaan konsep desain yang sangat umum yaitu lantai satu dimanfaatkan sebagai garasi mobil dan ruang tamu sedangkan lantai dua akan digunakan sebagai bagian sisanya seperti ruang keluarga, kamar, dan kamar mandi.

Ada juga yang mendesain bahwa bangunan lantai satu memiliki tambahan ruangan untuk dapur dan ruang makan. Dan bisa juga dibangun kamar mandi. Pembagian desain ruangan ini dimaksudkan agar tamu yang sedang bertamu juga bisa menjangkau dengan mudah jika ingin izin pergi ke kamar mandi.

Pembagian ini juga berdasarkan pada fungsi ruangan seperti ruangan apa saja yang bersifat pribadi dan ruangan apa saja yang juga bisa digunakan sebagai ruangan semi-publik seperti kamar mandi. Dapur juga perlu ditempatkan di bangunan lantai satu untuk memudahkan pemilik rumah untuk menghidangkan jamuan untuk tamu yang sedang berkunjung ke rumah sang pemilik rumah.

Dengan menata pembagian ruangan dengan baik dan benar, pemilik rumah akan merasa nyaman untuk tinggal di rumah meskipun lahannya terbatas.

Namun selain perencanaan dan pembagian ruangan yang benar, pemilik rumah juga perlu memperhtaikan hal-hal lainnya yang akan memperkuat konsep rumah berdesain minimalis seperti pemilihan warna, penggunaan furniture dan ornament rumah, dan layout interior dan exterior yang harus disesuaikan dengan tema dekorasi rumah itu sendiri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s