Tips Berwisata Yang Ramah Lingkungan

Anda suka traveling? Bila ya, maka anda menyukai hal yang sangat diperlukan dalam kehidupan anda. Mengapa? Traveling atau berwisata sangat berguna untuk mengurangi bahkan menghilangkan semua stress didalam pikiran anda yang anda dapatkan dari kesibukan bekerja sehari-hari. Berwisata seperti menekan tombol RESET yang membuat semuanya kembali ke awal. Setelah anda berwisata, pikiran anda akan lebih segar, kondisi tubuh anda juga akan lebih nyaman dan anda akan siap untuk bekerja dan beraktivitas seperti biasanya.

Akan tetapi, bila anda ingin berwisata, anda tidak bisa seenaknya. Akan lebih baik, bila cara berwisata anda lebih ramah lingkungan. Dengan ini, maka anda tidak akan mendapatkan kenikmatan dari kegiatan berwisata anda, tetapi, anda juga turut serta memulihkan kondisi bumi kita dari serangan global warming. Hal tersebut sangatlah baik untuk kita sebagai manusia dan juga makhluk lainnya. Untuk berwisata yang lebih ramah lingkungan, ada beberapa cara mudah yang bisa anda gunakan.

Memilih Akomodasi

Cara pertama yang bisa anda lakukan untuk berwisata yang lebih ramah lingkungan adalah memilih tempat menginap dan akomodasi yang ramah lingkungan pula. Untuk hotel, pilih hotel yang mempunyai taman dan lingkungan yang asri, banyak pohon dan burung-burung pun bebas beterbangan disekitar. Pilih juga kamar yang mempunyai jendela yang besar, sehingga anda tidak perlu menggunakan banyak penerangan listrik, sehingga akan lebih menghemat energi.

Selain itu, pilih hotel yang banyak menggunakan karyawan dari penduduk lokal. Mengapa? Hotel yang menggunakan karyawan dari penduduk luar kota atau bahkan luar negeri artinya mereka membutuhkan transportasi untuk mengangkut mereka dan artinya, ada banyak bahan bakar fosil yang digunakan dan menimbulkan lebih banyak polusi.

Untuk makanan, anda pilih makanan lokal atau tradisional yang disediakan di hotel tempat anda menginap. Alasannya sama dengan pemilihan hotel dengan karyawan penduduk lokal, bahan makanan yang berasal dari luar kota akan membutuhkan lebih banyak bahan bakar untuk digunakan. Selain itu, makanan lokal Indonesia terkenal dengan kelezatan dan kesehatannya, jadi, hal ini juga baik untuk anda. Bila anda ingin membungkus makanan anda, pilih yang menggunakan daun pisang. Selain rasa makanan akan terjaga dan lebih harum, jenis bungkus ini juga lebih ramah lingkungan. Bungkus makanan yang berasal dari kertas artinya memperbanyak pohon yang ditebang dan bungkus makanan dari stereofoam tidak dapat didaur ulang.

Berkegiatan Yang Ramah Lingkungan

Saat anda menikmati tempat wisata, anda juga bisa melakukan beberapa hal berikut, untuk kepentingan lingkungan kita. Pertama, bawa tempat minum sendiri. Jangan menggunakan tempat minum mineral yang sekali pakai. Hal ini akan mengurangi sampah. Bawa tas anda sendiri untuk berbelanja. Hal ini akan menghemat penggunaan plastik untuk tempat barang belanjaan anda sehingga sampah yang sulit untuk didaur ulang juga terkurangi.

Jangan menggunakan kamera Polaroid atau kamera dengan film silicon. Kamera Polaroid dan silicon menggunakan bahan yang langka. Sehingga, dengan menggunakan kamera digital, anda akan ikut menghemat bahan alam langka ini. Berjalan kaki lebih baik daripada mengendarai mobil. Anda bisa merasakan petualangan dan menikmati keindahan tempat wisata yang anda kunjungi dengan lebih dalam lagi. Mobil hanya akan menguras persediaan bahan bakar fosil dan memperbanyak polusi. Dengan menggunakan cara yang ramah lingkungan untuk berwisata, anda akan mendapatkan keuntungan. Selain untuk menyelamatkan bumi kita, cara diatas akan membuat wisata kita lebih berkesan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s