Karbondioksida dan Lingkungan

Saat kita menghirup udara untuk bernafas, kita menghirup Oksigen yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Dan, saat kita menghembuskan nafas, kita mengeluarkan Karbondioksida. Jadi, bisa kita katakan bahwa karbondioksida adalah zat yang tidak kita butuhkan dan berbahaya bagi tubuh kita. Akan tetapi, zat ini mempunyai pengaruh besar bagi lingkungan kita, baik itu pengaruh baik maupun pengaruh buruk.

Pengaruh Baik

Pengaruh baik karbondioksida dipengaruhi oleh tanaman. Mengapa? Anda pasti pernah mempelajari tentang proses fotosintesis pada tanaman saat anda sekolah, bukan? Proses ini menggunakan karbondioksida sebagai bahan bakar. Dan, tanaman yang melakukan proses ini mengubah karbondioksida menjadi oksigen yang kita butuhkan. Selain itu, molekul oksigen juga diperlukan dalam pembentukan Ozon, yaitu lapisan diatas lapisan stratosphere yang melindungi bumi kita dari radiasi sinar matahari.

Ozon mengurangi radiasi sinar ultraviolet yang berasal dari sinar matahari sebanyak 99%. Radiasi ini akan menyebabkan banyak macam masalah kesehatan, seperti kanker kulit. Jadi, bisa kita katakan bahwa ozon merupakan lapisan yang paling penting yang diperlukan oleh semua makhluk dibumi ini. Gas karbondioksida juga berfungsi sebagai isolator. Hal ini akan membuat bumi kita menjadi lebih hangat. Dan kondisi ini diperlukan oleh semua makhluk dibumi. Bila tidak ada penghangat ini, maka kondisi bumi kita akan menjadi tidak layak huni.

Pengaruh Buruk

Sebenarnya, gas karbondioksida akan berpengaruh buruk, bila jumlah yang terdapat dibumi kita terlalu banyak. Banyak pengaruh buruk yang bisa disebabkan oleh keadaan ini. Pertama, seperti yang disebutkan diatas, gas karbondioksida berfungsi untuk menghangatkan bumi kita. Bila, dibumi kita terdapat banyak karbondioksida, maka gas ini akan meningkatkan suhu bumi kita menjadi lebih panas atau biasa disebut dengan efek rumah kaca yang akibatnya adalah global warming yang sedang terjadi saat ini.

Kita semua pasti sudah tahu akibat buruk yang dapat diakibatkan oleh kondisi ini. Es di kutub meleleh yang meninggikan permukaan laut, merendam daratan dan mengubah arus lautan yang akan berdampak pada punahnya kehidupan dilaut. Sayangnya, hal ini sudah terjadi. Jadi, kewajiban kita untuk memulihkan kondisi buruk ini. Banyaknya hutan yang musnah juga menjadi salah satu penyebab terjadinya pengaruh buruk dari gas karbondioksida. Tidak ada lagi pengubah karbondioksida menjadi oksigen yang kita butuhkan dan juga pengontrol jumlah karbondioksida diatmosfir kita.

Sumber Karbondioksida

Selain dari pernapasan makhluk hidup, ada banyak hal yang menjadi sumber dari karbondioksida ini. Salah satu penghasil paling terbesar gas karbondioksida adalah kendaraan dan proses pembakaran di pabrik. Semua alat yang menggunakan bahan bakar fosil, menghasilkan gas karbondioksida.

Cara Mencegah Dampak Buruk Karbondioksida

Untuk mencegah pengaruh buruk karbondioksida, satu-satunya cara yang bisa kita gunakan adalah mengubah gaya hidup kita menjadi lebih ramah lingkungan. Kita jangan menggunakan mobil pribadi terlalu sering, ganti dengan menggunakan alat transportasi umum. Selain itu, bila kita ingin menggunakan mobil, gunakan mobil jenis hybrid atau mobil listrik yang tidak menimbulkan polusi. Kita juga harus ikut serta menghijaukan lingkungan tempat kita tinggal dengan menanam pohon.

Bila setiap keluarga atau rumah dalam suatu kampung menanam sebatang pohon, maka bisa kita bayangkan betapa asri, segar dan indahnya lingkungan tempat kita tinggal. Hal ini juga akan mempengaruhi hidup kita dan menjadikannya lebih baik. Kita juga akan lebih santai dan membuat kita terbebas dari stress dan tekanan hidup yang banyak orang modern alami karena pekerjaan maupun hubungan sosial mereka.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s