Pencemaran Udara Berakibat Buruk Pada Lingkungan

Pencemaran udara kini telah berkembang sangat pesat dan berakibat buruk bagi lingkungan. Hal yang terlihat saat ini tentu adalah Global Warming. Permasalahan inilah yang sedang banyak diperbincangkan di dunia. Lalu apa yang dimaksud dengan pencemaran udara?

Pencemaran udara merupakan suatu hal yang disebabkan oleh faktor-faktor tertentu. Faktor-faktor tersebut berasal dari aktivitas manusia dan alam sendiri. Pencemaran yang berasal dari manusia biasa disebut anthropogenic emissions dan pencemaran yang dihasilkan oleh alam disebut dengan biogenic emissions.

Pencemaran tersebut berasal dari asap kendaraan bermotor, adanya asap dari pembakaran sampah, sisa-sisa pertanian dan juga akibat bencana alam seperti letusan gunung berapi dan kebakaran hutan. Dengan adanya faktor tersebut menyebabkan udara yang ada menjadi terpengaruh dan tercemar. Proses itulah yang menyebabkan adanya pencemaran udara.

Dalam peraturan pemerintah di Indonesia sendiri telah disebutkan bahwa faktor tersebut menyebabkan mutu udara turun pada tingkat tertentu sehingga menyebabkan fungsi udara menurun. Dalam jangka waktu panjang udara yang tercemar tersebut dapat menimbulkan adanya gangguan kesehatan.

Jenis Pencemaran

Pencemaran udara sendiri mempunyai beberapa jenis. Jenis-jenis tersebut ada yang berdasarkan bentuk, tempat, susunan kimia dan juga asalnya. Berdasarkan bentuk, jenis pencemaran terdapat gas dan partikel. Bentuk pencemaran gas berupa uap dihasilkan oleh zat padat dan zat cair yang dipanaskan lalu menguap.

Sedangkan yang berbentuk partikel, merupakan pencemaran berasal dari debu, asap, dan juga kabut. Biasanya lebih tidak terlihat dan semu. Karena itulah bentuk yang tidak terlihat ini dapat membahayakan bagi Anda, terutama kesehatan Anda. Selain itu ada yang berasal dari tempat. Seperti dirumah dan bangunan lainnya. Biasanya karena adanya asap rokok dan asap dari dapur ketika Anda memasak. Di luar ruangan sudah pasti berasal dari asap kendaraan bermotor.

Pencemaran udara yang berdasar susunan kimia yaitu, Anorganik dan Organik. Anorganik sendiri berarti dari zat yang tidak mengandung adanya karbon dan Organik berasal dari sebuah zat yang mengandung karbon. Sedangkan yang berasal dari asalnya adalah, primer dan sekunder. Hal tersebut berarti berkaitan dengan adanya bahan kimia yang saling bereaksi.

Meminimalisir Pencemaran Udara

Dengan adanya pencemaran udara ini maka dapat berakibat buruk bagi kesehatan juga. Saat ini memang sudah ada pengendalian lingkungan yang bertujuan untuk meminimalisirkan pencemaran udara ini. Anda dapat mencoba meminimalisir pencemaran udara dengan berhenti membakar sampah. Anda bisa menimbun sampah tersebut. Selain itu, Anda dapat berhenti merokok. Merokok merupakan hal yang sangat sensitif sekali bagi udara.

Anda bisa memulai dengan berusaha mengurangi pencemaran udara dengan hal-hal disekitar Anda. Adanya pengelolaan hidup seperti hal tersebut, tentu dapat menjadikan lingkungan disekitar menjadi lebih baik lagi.

Bagi Anda yang mencintai lingkungan, ada baiknya untuk juga turut serta menjaga lingkungan Anda. Hal tersebut juga bertujuan untuk menjaga kelestarian kehidupan. Telah banyak seminar-seminar lingkungan hidup yang dapat Anda ikuti yang selalu mengingatkan Anda untuk menjaga lingkungan. Seminar ini baik karena dapat menambah wawasan Anda tentang bagaimana menjaga lingkungan hidup yang tepat.

Selain dengan menghentikan kebiasaan buruk dan mengikuti seminar, Anda juga bisa menciptakan udara baru dengan adanya penanaman kembali atau penghijauan. Hal ini mungkin lebih mudah dilakukan, mengingat hanya membutuhkan beberapa ruangan saja untuk menciptakan oksigen baru.

Anda bisa memulainya dari rumah Anda sendiri. Hal ini sudah pasti dapat memperbesar manfaat yang ada dengan memperkecil kemungkinan resiko bagi lingkungan hidup. Kebiasaan ini harus dimulai dari kesadaran masing-masing individual dalam menciptakan lingkungan hidup yang sehat. Dengan adanya lingkungan yang sehat, tentu akan memberikan tubuh kita terhindar dari sebuah penyakit.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s