Mengajari Anak Mencintai Lingkungan Dengan Hemat Listrik dan Air

Sumber daya alam kita sudah semakin menipis. Para ahli memprediksi bawa sumber daya alam minyak akan habis dalam waktu dekat ini dan hal itu berarti kita tidak akan bisa menikmati BBM bersubsidi lagi dan kita harus ganti bahan bakar alternatif yang tentunya lebih mahal juga. Oleh sebab itu, jika kita ingin menikmati BBM dan bahan bakar fosil lainya lebih lama lagi maka yang perlu kita lakukan adalah menghemat dan berpartisipasi dalam pelestarianya. Tidak hanya berhemat pada bahan bakar minyak namun juga berhemat pada sumber energi yang lain seperti listrik. Walau listrik bisa diproduksi secara murah dengan memanfaatkan bendungan (PLTA) untuk membangkitkan listrik namun saat ini pasokan listrik juga disuplai dari PLTD dan PLTU yang masing-masing mempergunakan bahan bakar minyak dan batubara. Selain berpolusi, kedua jenis bahan bakar tersebut sudah terancam habis. Oleh sebab itu kita harus bersama-sama berpartisipasi dalam menghemat energi dan sumber daya alam yang lain termasuk air. Ada banyak cara kita melakukan pelestarian dan ada baiknya kita ajak anak-anak kita mengenal dan ikut memelihara kelestarian energi serta alam sejak kecil. Untuk anak-anak kita, yang pertama harus kita ajarkan adalah hemat listrik dan air. Ada beberapa tips yang bisa kita ajarkan kepada anak-anak kita untuk berhemat listrik dan air.

Tips Berhemat Listrik

Untuk menghemat listrik dan menghemat pengeluaran kita maka anak-anak harus diajari tips-tips berikut ini, yaitu pertama, matikan lampu saat tidak dipergunakan. Ajari anak untuk mematikan lampu saat tidur serta saat keluar dari kamarnya. Tips kedua, gantilah lampu pijar dengan lampu hemat energi yang hanya menggunakan ¼ konsumsi energi lampu pijar. Tips ketiga, ajari anak untuk mencabut barang-barang elektronik yang tidak dipergunakan seperti tape, TV, charger HP, dan lain sebagainya. Walaupun tidak digunakan, mereka tetap memakai listrik. Tips keempat adalah menggunakan alat penghemat listrik yang berkualitas bagus. Dengan begitu tidak banyak energi yang terbuang, terutama saat menyalakan pompa air dan kulkas. Tips kelima, adalah mengajari anak memakai alat elektronik dengan bijaksana dan memberi mereka alat elektronik yang hemat listrik.

Tips Berhemat Air

Penggunaan air tanah untuk konsumsi sudah sangat luas dilakukan namun ketika anda hidup didaerah yang sudah tercemar maka kadang air tanah yang anda minum menjadi berasa dan berbau. Jika sudah demikian maka hanya ada dua pilihan bagi anda selain pindah rumah yaitu mengambil air dalam dan air PDAM. Air dalam sangat ribet mengurusnya karena banyak ijinnya dan juga harus bayar pajak. Oleh sebab itu air PDAM menjadi pilihan. Karena air PDAM agak mahal bayarnya maka anak-anak harus diajari cara menghematnya. Ada beberapa tips yang bisa dilakukan antara lain adalah mempergunakan toilet yang bisa mengatur besar kecil pengeluaran air sehingga tidak banyak air yang terbuang. Tips kedua adalah menggunakan pancuran atau shower untuk mandi. Menurut penelitian, mandi dengan pancuran jauh lebih hemat daripada dengan ember atau bak mandi. Tips ketiga, pakai mesin cuci otomatis yang hemat air serta mencek pipa PDAM yang bocor. Tips berikutnya adalah matikan air saat menggosok gigi, menyabun atau sedang menggosok piring. Dan tips terakhir adalah mencuci motor dan mobil di tempat cuci mobil. Harga yang harus anda bayar, jauh lebih murah daripada mencuci sendiri dan anda juga tidak capek.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s