Berbagai Macam Ide Desain untuk Kamar Anak-Anak

Salah satu cara melatih kemandirian dan keberanian anak sejak dini adalah dengan membiasakan mereka untuk tidur di kamar mereka sendiri sejak mereka masih balita. Dengan begini, mereka akan terbiasa untuk tidur sendiri dan tidak akan merengek untuk tidur di kamar orangtua saat malam tiba.

Untuk membuat mereka semakin betah belajar, bermain dan tidur di kamar mereka sendiri, anda harus membuat desain kamar anak semenarik mungkin sehingga mereka merasa senang berada di kamarnya sendiri. Berikut adalah beberapa ide desain untuk kamar anak laki-laki dan perempuan yang mungkin bisa memberikan inspirasi untuk anda.

Ide Desain untuk Kamar Anak Perempuan

Memilih desain kamar anak perempuan lebih mudah dibandingkan dengan memilih desain kamar untuk anak laki-laki, karena kamar anak perempuan bisa menggunakan warna apa saja yang dimau sedangkan pilihan warna untuk kamar anak laki-laki sangat terbatas.

Salah satu ide desain yang paling populer untuk kamar anak perempuan adalah “fairytale”. Desain “fairytale” atau dunia peri ini didominasi oleh penggunaan warna-warna yang soft dan feminin, seperti merah muda, ungu, oranye, kuning muda, salem dan merah. Warna-warna ini sangat cocok untuk digunakan di kamar anak perempuan karena warna-warna ini menonjolkan sisi feminin serta mampu membangun suasana yang nyaman.

Dalam ide ini, anda bisa menggunakan stiker dinding bertema dunia peri agar tampilan kamar anak anda menjadi lebih cantik. Sedangkan untuk furnitur, pilihlah furnitur yang berwarna putih untuk semakin menonjolkan kesan feminin di dalam kamar mereka.

Ide desain kamar anak perempuan yang kedua adalah taman bunga. Anda bisa menggunakan warna oranye sebagai warna dasar cat dinding kamar untuk menciptakan suasana yang ceria dan bersemangat di dalam kamar anak anda.

Hiasi kamar dengan stiker dinding bermotif bunga, pepohonan dan kupu-kupu agar tampilan ruangannya menjadi semakin berwarna-warni. Pilih dekorasi dan furnitur dengan warna-warna cerah, seperti merah, hijau, kuning, cokelat muda atau hijau mint untuk menciptakan kesan “playful” di dalam ruangan.

Ide Desain Kamar untuk Anak Laki-Laki

Desain kamar untuk anak laki-laki sebenarnya lebih sederhana dibandingkan dengan desain kamar anak perempuan. Ide pertama yang bisa anda coba adalah desain kamar dengan tema pelaut. Tema pelaut didominasi oleh penggunaan warna-warna seperti biru tua, biru muda, putih dan merah.

Anda bisa menggunakan stiker dinding bergambar laut, kapal dan burung camar atau wallpaper dengan motif yang berhubungan dengan laut untuk membuat kamar anak anda menjadi semakin menarik. Untuk furnitur, pilihlah furnitur yang tidak terlalu memiliki kesan kekanak-kanakan sehingga anda tidak perlu menggantinya ketika mereka beranjak dewasa nanti.

Ide yang kedua adalah desain kamar dengan tema jungle atau hutan rimba. Gunakan warna-warna yang natural seperti coklat tua, coklat muda, oranye dan hijau untuk desain kamar ini. Sedangkan untuk pemilihan furnitur, gunakan furnitur yang terbuat dari kayu untuk menambah kesan natural dari tema hutan rimba ini.

Ide yang ketiga adalah mendesain kamar anak laki-laki anda sesuai dengan hobinya. Jika ia suka bermain bola, desainlah kamarnya dengan tema bola. Sedangkan jika ia suka menonton balap mobil atau motor, desainlah kamarnya dengan tema otomotif.

Selain ide-ide desain kamar anak yang telah dipaparkan diatas, ada satu lagi hal penting yang perlu anda ingat dalam mendesain kamar untuk anak-anak yaitu dengan melibatkan anak-anak anda dalam proses pemilihan desain kamar mereka. Dengan begini, mereka bisa merasa lebih dihargai dan juga merasa lebih senang karena mereka bisa mendapatkan desain kamar sesuai dengan keinginan mereka sehingga mereka pun pasti menjadi lebih betah tinggal di kamar mereka sendiri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s