Pemilihan Warna Untuk Ruangan Berukuran Terbatas

Pemilihan warna untuk sebuah ruangan sebenarnya bukanlah sebuah hal yang sulit. Pemilihan warna sebaiknya diputuskan setelah mempertimbangkan berbagai hal. Hal yang perlu dipertimbangkan untuk pemilihan warna sebuah ruangan adalah ukuran ruangan, kegunaan ruangan, tujuan dari pemilihan warna tersebut dan tentu saja penyesuaian dengan tema ruangan tersebut.

Memiliki rumah dengan ukuran terbatas memang membuat kita susah bergerak dalam kreatifitas mendekorasi rumah. Jika anda memiliki rumah berukuran kecil dengan ruang-ruang yang terbatas, maka pemilihan warna akan sedikit menjadi sulit.

Warna bisa memberikan pengaruh terhadap ukuran ruangan. Anda harus memilih warna yang tepat sehingga ruangan tersebut tidak berkesan sempit. Jika anda salah memilih warna, maka ruangan tersebut akan menjadi tidak beraturan kehilangan gaya. Dibawah ini merupakan beberapa saran warna yang mungkin bisa dipakai untuk ruangan-ruangan kecil di rumah anda.

Warna Hijau dan Abu-abu

Untuk sebuah ruangan dengan ukuran terbatas, pemilihan warna yang cocok adalah warna-warna dengan nuansa berani. Warna bernuansa berani akan membuat ruangan tersebut terlihat bersinar dan memiliki aksen berani. Anda bisa memilih warna hijau atau oranye sebagai warna-warna yang memiliki nuansa berani. Warna hijau tersebut bisa digunakan untuk dinding ruangan.

Namun anda juga harus ingat bahwa menggunakan warna-warna berani haruslah dilakukan sampai dengan detail. Jangan mencampur dengan warna-warna yang lembut karena malah hanya akan membuat kamar menjadi terlihat lebih kecil.

Selain warna berani seperti hijau. Warna dengan nuansa abu-abu juga cocok untuk ruangan dengan ukuran terbatas. Abu-abu merupakan warna yang cocok digunakan untuk apapun. Abu-abu merupakan warna dari hasil perpaduan antara warna hitam dan putih.

Warna abu-abu cocok dikombinasikan dengan warna lainnya. Sebagai contoh, sebuah ruangan dengan warna abu-abu bisa dipadukan dengan beberapa aksesoris dengan aken cerah seperti permadani berwarna cerah, tempat tidur dengan warna cerah dan juga lampu dengan warna cerah.

Warna-warna kontras, kuning dan Oranye

Untuk sebuah ruangan berukuran terbatas, pemilihan warna akan menarik jika anda bermain dengan warna-warna kontras. Dengan mencampurkan warna terang dan warna gelap anda bisa menciptakan kesan dramatis pada ruangan tersebut. Anda bisa menciptakan suasana yang nyaman jika anda berhasil mempadu padankan warna-warna kontras tersebut.

Selain menggunakan warna-warna kontras, anda juga bisa memilih warna kuning sebagai warna untuk ruangan berukuran terbatas. Kuning merupakan warna yang terang dan ceria. Warna kuning merupakan warna matahari, dan biasanya digunakan karena warna tersebut terang dan bercahaya. Warna kuning dapat memberikan suasana musim panas. Warna ini juga sangat cocok untuk ruangan berukuran terbatas. Warna kuning cocok digunakan untuk musim dingin dan juga musim panas.

Warna oranye juga bisa digunakan untuk ruangan berukuran terbatas. Oranye merupakan warna yang sangat kuat, dan sebenarnya warna ini sulit untuk digunakan. Maka dari itu anda harus dengan baik memilih perpaduan nuansa warna oranye tersebut. Jika anda memilih warna oranye yang terlalu pucat, maka ruangan anda bisa terlihat membosankan.

Jika anda memilih warna oranye terang maka warna tersebut bisa membuat mata yang melihat mencadi capek. Maka dari itu pilihlah warna oranye yang sesuai. Pemilihan warna oranye tersebut bisa dipadukan dengan aksen biru dan juga hijau toska sehingga tidak membuat ruangan tersebut terlihat kecil dan padat. Warna oranye memang akan tampak lebih bagus jika dipadukan dengan aksen biru maupun hijau toska.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s