Menghemat Biaya Renovasi Rumah

Banyak orang memilih untuk melakukan renovasi rumah ketika rumah mereka mulai mengalami banyak kerusakan atau hanya sekedar menginginkan suasana baru di dalam rumah. Tentu saja langkah ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit, terutama jika area yang direnovasi mencakup seluruh rumah. Untuk mengatasi pembengkakan biaya renovasi rumah, berikut adalah beberapa informasi serta tips menghemat biaya renovasi yang akan sangat berguna untuk anda.

Langkah Awal Renovasi Rumah

Sebelum anda memulai langkah untuk merenovasi rumah, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan. Yang pertama, tentukan area yang akan direnovasi. Anda bisa merenovasi satu ruangan saja, beberapa ruangan atau bahkan seluruh bagian dalam rumah. Kedua, tentukan budget yang anda miliki untuk merenovasi seluruh bagian yang telah ditentukan tadi.

Ketiga, hitung besarnya perkiraan biaya renovasi rumah yang dibutuhkan. Biaya renovasi ini meliputi volume pengerjaan, dengan harga satuan bahan bangunan yang anda pakai serta upah pekerja bangunan yang biasanya dihitung dari waktu penggunaan jasa mereka.

Anda tidak perlu bingung-bingung dengan penghitungan ini, karena sekarang sudah ada software yang bisa membantu anda melakukan tugas ini. Atau jika anda tidak mau repot, anda bisa meminta bantuan dari orang-orang yang menyediakan jasa konsultasi renovasi rumah untuk menghitung estimasi biayanya.

Dan jika ternyata hasil penghitungannya jauh melebihi dari budget yang anda miliki, maka anda harus mendahulukan area rumah yang paling membutuhkan renovasi dan menunda sisanya. Inilah tiga langkah awal yang harus anda lakukan sebelum anda memulai proses renovasi rumah. Setelah tiga langkah awal ini terpenuhi, anda bisa mulai pengerjaan renovasi rumah dengan mempertimbangkan beberapa tips berikut ini agar biaya renovasinya tidak membengkak.

Tips Menghemat Biaya Renovasi Rumah

Tips menghemat biaya renovasi yang pertama adalah dengan menentukan waktu pengerjaan renovasi. Biaya renovasi bisa semakin membengkak jika waktu pengerjaannya tertunda. Sebaiknya, hindari merenovasi rumah di musim penghujan karena waktu pengerjaannya akan menjadi lebih lama.

Akan jauh lebih baik jika anda memilih merenovasi rumah di musim kemarau, sehingga waktu pengerjaannya akan jauh lebih cepat dan tidak tertunda karena faktor cuaca. Tentukan juga jadwal pengerjaan renovasi sehingga para pekerja tidak bersantai dan memiliki target yang harus dipenuhi setiap harinya.

Kedua, pilih pekerja yang profesional. Masih berkaitan dengan tips yang pertama, anda juga harus mempekerjakan pekerja yang profesional agar pekerjaan renovasi bisa selesai tepat waktu. Pekerja yang profesional yang dimaksud disini tidak harus berasal dari penyedia jasa pekerja bangunan yang mahal, tetapi juga bisa dari pekerja-pekerja biasa yang sudah berpengalaman menangani renovasi rumah. Semakin banyak pengalamannya, maka biasanya akan semakin cepat pula waktu pengerjaannya.

Ketiga, lakukan survei harga material dari toko bangunan yang satu ke toko yang lainnya. Biasanya, toko-toko akan menawarkan harga yang bervariasi untuk setiap bahan bangunan yang anda butuhkan. Manfaatkan perbedaan harga ini untuk mendapatkan penawaran yang terbaik.

Keempat, awasi pekerjaan renovasi agar kualitasnya tetap terjamin. Jika anda harus bekerja dan tidak bisa mengawasi sendiri proses renovasinya, anda bisa meminta tolong kerabat atau teman dekat anda untuk membantu anda mengawasinya. Dengan begini, para pekerja pun akan segan untuk bersantai-santai dan menunda pekerjaan sehingga pekerjaan dapat selesai tepat waktu dan dengan kualitas yang bagus pula.

Keempat tips ini merupakan beberapa tips yang cukup jitu dalam menghemat biaya renovasi rumah yang bisa anda coba di proyek renovasi anda yang selanjutnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s