Cara Mendekorasi Rumah Lama

Mendapatkan warisan rumah lama tetapi bingung ingin merenovasi karena tidak ingin meninggalkan kesan kuno dan antiknya? Rumah lama adalah rumah yang memiliki nilai historis bagi pemiliknya. Seringkali rumah ini ditinggalkan oleh pemiliknya karena sang empunya merasa tidak nyaman dengan kondisinya tetapi tidak bisa merubah apapun.

Konsep desain yang paling mendekati adalah rumah dengan gaya natural “back to nature” yang saat ini sangat digemari oleh masyarakat. Selain ramah dengan lingkungan, juga menciptakan suasana alami yang sejuk dan menenangkan hati.

Pewarnaan Yang Indah

Melakukan pewarnaan atau memvernis perabot adalah tahapan yang paling awal untuk rumah lama. Selain menciptakan kesan baru, juga menimbulkan kesan alami. Atau jika ingin menimbulkan kesan historis, untuk beberapa bagian seperti kusen jendela dapat dibiarkan dengan warna kayu aslinya agar menampakkan kesan historis.

Tembok, tidak perlu diubah dengan menggunakan warna yang mencolok, karena akan bertentangan dengan konsep natural yang ingin ditonjolkan. Cukup memilih warna kalem atau warna alami bahkan bisa jadi dengan menggunakan wallpaper bernuansa alami.

Gunakan Koleksi-koleksi Unik

Jika terdapat koleksi lukisan atau foto-foto lama, juga dapat dipajang kembali. Foto akan menimbulkan kesan historis dan bila mau sedikit berkreasi dengan menambahkan cerita tentang bagaimana sejarah dibangunnya rumah lama yang ditempati saat ini serta silsilah keluarga akan menimbulkan kesan rumah klasik yang terdapat pada istana-istana di Eropa.

Pada rumah dengan gaya kuno pasti memiliki banyak bahan antik, tinggal mengeluarkan kembali barang-barang tersebut dan menatanya ditempat yang tepat. Tidak perlu menaruh disalah satu sudut rumah saja, tetapi bila ingin menambahkan gazebo pada taman, dapat juga diletakkan disana sebagai hiasan.

Untuk gazebo ini juga tidak harus membuat dari bahan baru permanen cor. Bisa menggunakan pembatas ruangan atau kerai yang tidak digunakan lagi sebagai tatakan duduk atau pinggirannya. Tinggal dipernis dan di perkuat pondasinya saja.

Jadi, siapa bilang rumah lama tidak bisa tampak menarik.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s