Upaya Efektif Menjaga Kelestarian Satwa Langka

Satwa langka atau hewan langka merupakan salah satu bagian dari ekosistem alam yang tidak dapat ditinggalkan. Biar bagaimana pun juga, hewan dan makluk hidup lainnya akan memiliki peranan yang penting dalam keberlangsungan ekosistem yang sehat dan seimbang.

Jika salah satu unsur mati, keseimbangan lingkungan sudah pasti akan terganggu dan kesehatan lingkungan pun juga akan goyah. Karenanya, penting bagi kita untuk memperhatikan keberlangsungan satwa atau hewan liar yang masih kita jumpai.

Bahaya Perburuan Liar bagi Kelangsungan hidup Satwa Liar

Sampai saat ini, kegiatan perburuan liar masih banyak dilakukan, terutama untuk hewan laut, seperti hiu dan paus. Karenanya, kita harus memperhatikan segala hal yang berhubungan dengan perburuan liar karena apabila salah satu habitat dari hewan-hewan langka tersebut punah, ini akan memberi dampak yang tidak sedikit pada keseimbangan ekosistem alam.

Salah satu hal yang paling banyak memiliki pengaruh terhadap keberlangsungan hidup hewan-hewan liar adalah para pemburu. Sebagian besar pemburu memang berburu hewan secara sembarangan dan tanpa izin.

Bahkan, jika sang pemburu adalah para pejabat tinggi atau anggota kerajaan, aktivitas perburuan bahkan tidak akan mendapatkan halangan sama sekali. Ini tentu sangat memprihatinkan, mengingat orang-orang yang berkudukanlah yang seharusnya memberi perhatian lebih terhadap keberlangsungan hidup satwa liar yang terancam punah.

Untuk melakukan antisipasi terhadap kepunahan hewan liar, ada beberapa hal yang harus dilakukan, seperti melakukan pengawasan terhadap aktivitas perburuan di hutan terlarang, seperti taman nasional atau hutan suaka marga satwa. Ini penting untuk dilakukan karena akan berpengaruh terhadap ekosistem alam dan juga keberlangsungan hidup hewan-hewan liar.

Selain itu, aktivitas berupa pengetatan izin untuk melakukan perburuan juga akan sangat membantu. Jika perlu, pemberlakukan larangan berburu di kawasan tertentu akan jauh lebih baik dari pada harus memberi larangan setiap kali ada orang yang akan berburu.

Di Indonesia sebenarnya sudah ada peraturan yang mengatur akan aktivitas perburuan secara liar tersebut. Bagi para pemburu yang ingin melakukan aktivitas perburuan hewan di wilayah tertentu harus membayar pajak sejumlah tertentu untuk mendapatkan izin berburu.

Namun, kebijakan ini tetap dianggap kurang bijak karena hal ini justru tidak akan mengurangi aktivitas perburuan, tetapi justru akan membuka peluang untuk melakukan perburuan. Karenanya, kita harus melakukan pengawasan yang ketat guna mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan.

Upaya Melindungi Satwa Liar

Meskipun undang-undang sudah melindungi akan keberadaan hewan-hewan langka di Indonesia, aktivitas perburuan secara ilegal masih marak dilakukan. Hal ini menunjukkan bahwa pengawasan yang dilakukan oleh polisi hutan dan pengawas lingkungan hidup masih kurang.

Sebagai warga negara yang baik, kita tentu saja dituntut untuk melakukan pengawasan baik secara langsung maupun tidak langsung agar perburuan liar tidak terjadi lagi. Dalam hal ini, berbagai aktivitas yang mendukung pelarangan aktivitas perburuan akan sangat membantu dalam mengurangi perburuan hewan liar.

Selain memperhatikan perburuan liar, kita juga harus melakukan konvensi atau aturan dalam berburu yang sebenarnya sudah disepakati antara para pelaku perburuan. Konvensi ini merupakan aturan tidak tertulis yang diterapkan oleh para pemburu dalam memburu hewan, seperti tidak memburu hewan langka, hewan yang masih muda, atau tidak berburu hewan tertentu pada saat-saat tertentu, seperti menangkap ikan salmon pada musim kembang biak atau berburu kura-kura beserta dengan telurnya pada masa bertelur.

Untuk memastikan bahwa keberlangsungan hidup satwa liar yang terancam punah tersebut tidak terganggu, kita lah sebenarnya yang memiliki peranan penting. Karenanya, kita sebaiknya melakukan pengawasan dan perlindungan agar hewan langka yang terancam punah tidak selamanya lenyap dari muka bumi ini.

3 thoughts on “Upaya Efektif Menjaga Kelestarian Satwa Langka

  1. westpapuainfo September 25, 2015 / 10:32

    aparat harus tegas, mana mahasiswa yang sering meneriakkan hukum harus ditegakkan…/

  2. westpapuainfo September 25, 2015 / 10:34

    menjaga ekosistem alam dengan baik, sudah mendapatkan devisa negara, aparat harus tegas…./

  3. westpapuainfo September 25, 2015 / 10:40

    masyarakat belum tahu bahwa binatang mengispirasi manusia menciptakan hal baru yang tidak disadari akanmembawa berkah, contoh yang nyata adalah bagaimanan amerika mengexploitasi hewan langka dalam bentuk animasi yang apik dan terbentuklah apa yang kita kenal dengan film kartun binatang yang disukai oleh banyak kalangan. misal Donal bebek, micky mouse dan masih banyak lagi. mulai dari sekarang mari kita stop membunuh binatang yang ada di alam.untuk menjaga kelestarian dan keaneka ragaman hayati di negara kita yang kita cintai ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s