Upaya Cerdas Mencegah Pencemaran Lingkungan

Pencemaran lingkungan merupakan salah satu masalah klasik yang sudah ada sejak beberapa dekade yang lalu. Pencemaran lingkungan bisa diakibatkan oleh beberapa hal, baik karena ulah manusia atau pun karena gejala alam.

Meskipun demikian, sebagai manusia, kita tentu berkewajiban menjaga kelestarian dan juga keseimbangan lingkungan agar tetap nyaman untuk dihuni. Karenanya, melakukan pencegahan sedini mungkin agar tidak terjadi pencemaran lingkungan akan menjadi salah satu hal yang dapat kita andalkan untuk menciptakan lingkungan alam yang harmonis da seimbang, berikut adalah beberapa cara atau upaya yang bisa kita lakukan untuk mencegah pencemaran lingkungan.

Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah memahami apa itu pencemaran lingkungan dan dampak apa saja yang bisa diakibatkan karenanya. Dengan memiliki pengetahuan mengenai berbagai dampak dan masalah yang bisa timbul akibat pencemaran lingkungan, anda akan sadar dan memiliki motivasi untuk menjaga lingkungan.

Selama ini, upaya penanggulangan untuk mengatasi pencemaran lingkungan lebih banyak dilakukan oleh para aktivis lingkungan yang juga dibantu oleh pemerintah. Namun, sudah selayaknya jika kita sendiri sebagai masyarakat umum yang hidup berdampingan dengan lingkungan harus turut menjaga kelestarian lingkungan dan menjaganya agar tetap seimbang.

Upaya Konkret Mencegah Pencemaran Lingkungan

Untuk menjaga atau mencegah terjadinya pencemaran lingkungan, upaya-upaya konkret yang bisa kita lakukan diantaranya adalah dengan mengatur sistem pembuangan limbah industri. Dimana pun anda berada, anda sebaiknya turut mengkritisi mengenai pembuangan limbah yang menyalahi prosedur di beberapa daerah industri.

Ada banyak hal-hal yang bisa anda lakukan untuk ini. Misalnya, jika anda tinggal di daerah tertentu yang memiliki area khusus untuk industri. Anda bisa secara berkala mengecek pembuangan limbah yang dilakukan oleh industri tersebut dan memberi pengertian mengenai cara-cara yang tepat dalam melakukan pembuangan limbah yang tidak membahayakan lingkungan.

Cara lain yang bisa anda lakukan adalah dengan melakukan pengawasan terhadap pemakaian bahan-bahan kimia yang biasa digunakan dalam dunia pertanian, seperti pemakaian pestisida, insektisida, dan bahan kimia lain yang bisa membahayakan atau dapat memberi potensi pencemarn lingkungan.

Selain itu, anda juga bisa melakukan beberapa penyuluhan atau pendidikan mengenai lingkungan hidup yang baik bagi sebagian warga agar dapat menghidupkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga keseimbangan lingkungan dan mencegah pencemaran.

Anda juga bisa mengusulkan mengenai sanksi atau hukuman tertentu yang bisa diterapkan pada orang atau pihak yang melakukan kesalahan terkait dengan pencemaran lingkungan.

Pentingnya Memperhatikan Penataan Ruang

Selain dari sisi warga dan masyarakat, sisi penataan ruang dan bangunan rumah tangga atau industri juga sangat berpengaruh. Bangunan rumah yang baik adalah rumah yang memiliki sistem sanitasi yang sehat dan sistem pembuangan yang baik. Ini juga akan bermanfaat dalam mencegah terjadinya kerusakan lingkungan dan pencemaran. Selain itu, bangunan rumah yang baik juga akan berdampak positif bagi para penghuninya.

Selain memperhatikan bangunan rumah yang baik, anda juga perlu memperhatikan penataan ruang industri. Di kota besar, kawasan industri mungkin sudah bercampur dengan kawasan pemukiman penduduk.

Padahal, kawasan industri tidak seharusnya berlokasi di sekitar pemukiman penduduk, juga sebaliknya. Karenanya, mengatur penempatan area khusus untuk industri, pemukiman penduduk, dan lingkungan alam juga sangat penting untuk diperhatikan.

Hal terakhir yang juga perlu anda lakukan untuk mencegah terjadinya pencemaran lingkungan adalah dengan melakukan penghijauan. Kita semua tahu bahwa lingkungan yang hijau dan asri akan menjadikan alam yang seimbang dan lingkungan yang sehat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s