Penipisan Lapisan Ozon

Pada masa sekarang ini, kita harus mulai merasa peduli terhadap lingkungan di sekita kita karena jika lingkungan yang sudah ada di titik kritis ini semakin buruk keadaannya maka kelangsungan hidup manusia pun juga akan terancam karena lingkungan dan manusia sebenarnya adalah dua elemen dasar yang saling bersinergi dan seharusnya memberikan energy positif satu terhadap yang lainnya.

Benar apa kata orang, jika bukan kita yang akan merawat lingkungan kita sendiri lalu siapa lagi? Karena kita adalah satu-satunya makhluk hidup yang mempunyai akal dan budi sehingga kita tahu bagaimana melakukan upaya untuk melestarikan lingkungan karena tidak bisa kita pungkiri jika lingkungan di sekitar kita telah banyak menyumbang terhadap kelangsungan hidup umat manusia itu sendiri.

Apa itu Lapisan Ozon?

Berbicara soal lingkungan, apakah Anda pikir jika atmosfer juga merupakan lingkungan yang perlu kita jaga?

Tentu saja atmosfer juga merupakan lingkungan tempat kita hidup, karena tanpa atmosfer bumi dan seluruh isinya pasti sudah menjadi debu dan tak bersisa. Kita tahu jika pada atmosfer terdapat lapisan ozon yang sangat berguna bagi kelangsungan hidup manusia.

Apa itu sebenarnya lapisan ozon?

Topik yang satu ini ternyata telah menjadi perbincangan yang hangat sejak beberapa puluh tahun yang lalu. Ozon sendiri merupakan gas alami yang terdapat di atmosfer bumi. Seperti halnya lapisan-lapisan lain yang ada di atmosfer kita, lapisan ozon juga memiliki cirri-ciri tersendiri yang cukup unik.

Salah satu ciri-ciri yang bisa kita pelajari mengenai lapisan ozon adalah unsur-unsur kimia yang terdapat dalam salah satu lapisan terpenting dalam atmosfer ini. Unsur yang paling dominan di dalam ozon adalah O3.

Lapisan ozon sendiri berada di dua wilayah atmosfer yaitu pada troposfer sebesar 10% dan sisanya terdapat pada lapisan stratosfer. Seperti yang telah kita ketahui dari berbagai sumber jika lapisan ozon dari hari ke hari semakin menipis dan pertanyaannya adalah apakah ada dampak negatif dari perubahan ini?

Dampak Penipisan Lapisan Ozon dan Penyebabnya

Barang tentu ini akan mengakibatkan sesuatu yang negatif karena lapisan ozon memiliki fungsi penting dalam menangkal sinar UV-B langsung dari matahari sehingga apa yang ada di bawah lapisan tersebut dapat terhindar dari panas yang membakar dan juga sinar yang dapat menimbulkan kanker kulit pada manusia.

Dan ternyata menurut berbagai sumber terpercaya, lapisan ozon tidak hanya sekedar menipis tetapi sudah membentuk lubang yang semakin hari semakin lebar saja. Dan pertanyaan yang sering muncul adalah apakah yang menyebabkan hal yang mengerikan ini terjadi?

Kerusakaan ini ternyata disebabkan oleh ulah manusia sendiri dan bukan hanya sekedar faktor alam tetapi kesengajaan dan ketidakingintahuan manusia terhadap alam.

Faktor terbesar yang menyebabkan berlubangnya lapisan ozon adalah karena terdapat banyak bahan perusak ozon yang ada di sekitar kita. Contoh-contoh dari bahan perusak ozon yang banyak kita jumpai adalah CFC dan juga HCFC yang banyak dihasilkan oleh alat pendingin seperti AC dan juga freezer pada lemari pendingin. Dan tentu saja kedua alat tersebut adalah dua alat elektronik yang sering sekali digunakan di rumah-rumah tangga.

Selain itu ada juga CFC-11 yang ada dalam tembakau yang digunakan dalam pembuatan rokok yang rendah tar. Lalu persoalannya adalah bagaimana upaya kita untuk mengurangi tingkat penipisan ozon. Cara yang paling efektif adalah dengan berusaha menggunakan alat-alat seperti AC dan juga lemari pendingin dengan lebih benar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s