Pencahayaan Cermat, Energi Hemat

Dapur merupakan salah satu bagian rumah yang paling penting karena di sinilah, suplai makanan bagi seluruh anggota keluarga berada. Dapur merupakan tempat untuk menyiapkan berbagai jenis makanan yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan dasar manusia berupa makanan.

Karena dapur dianggap sebagai tempat yang identik dengan ketidakrapihan dan hanya digunakan untuk memasak, banyak orang yang kemudian menempatkan dapur di sudut rumah tanpa dukungan pencahayaan yang layak.

Karena akses cahaya menuju area dapur sangat terbatas, aplikasi lampu diperlukan agar kegiatan memasak bisa berjalan dengan lancar termasuk di siang hari.

Di lain pihak, beberapa orang ingin mengekspos ruang dapur mereka sehingga mereka memasang lampu yang berlebihan.

Penataan pencahayaan yang tepat di dapur memang diperlukan untuk mendukung estetika rumah secara keseluruhan, tetapi tidak bisa dipungkiri bahwa faktor penghemataan energi juga perlu dilakukan karena prinsip hemat energi akan membawa dampak positif terhadap pengeluaran rumah tangga untuk konsumsi energi dan kelestarian lingkungan.

Pada prinsipnya, upaya penghematan energi pencahayaan di dapur bisa dilakukan dengan mengurangi pencahayaan maupun memaksimalkan pencahayaan yang ada.

Pencahayaan Umum

Pencahayaan ini bekerja untuk menerangi keseluruhan ruangan dapur untuk memudahkan pencarian berbagai barang bahkan di dalam lemari dan melakukan kegiatan di dapur dengan bebas dan aman. Lampu ini tidak akan memberikan efek bayangan yang mendramatisir area dapur.

Jenis penerangan umum yang sering digunakan di dapur adalah lampu awan yang dilengkapi dengan pelindung neon di bagian permukaannya yang bersentuhan dengan langit-langit ruangan.

Bahan yang digunakan dalam lampu ini mendukung kebutuhan dekoratif terhadap pencahayaan area dapur dengan metode tiga dimensi. Penerangan umum juga sering digunakan untuk meningkatkan pencahayaan di atas meja dapur.

Efek sinar yang langsung menimpa permukaan meja dapur akan sangat berguna untuk memberikan penerangan bagian penting di atas meja termasuk saat meja tersebut penuh berisi bahan masakan dan peralatan memasak.

Lampu yang digunakan untuk menerangi meja dapur bisa pula digunakan untuk membantu memberikan pencahayaan di bagian bawah meja dengan tambahan efek bayangan tentu saja.

Lampu yang bisa digunakan adalah lampu strip atau halogen puck yang bisa ditempatkan di bawah kabinet. Jenis lampu ini sangat efektif digunakan untuk menerangi permukaan meja dapur dan sangat umum dipilih.

Pencahayaan Aksen dan Tambahan

Banyak orang yang ingin memastikan bahwa rumahnya bisa terlihat indah termasuk di area dapur sehingga mereka tidak akan ragu untuk memasang lampu yang berfungsi sebagai penambah aksen untuk menonjolkan bagian dapur yang merupakan aksesori dekoratif maupun fitur arsitektur tertentu.

Agar pemasangan lampu untuk keperluan ini lebih hemat energi, perlu dipastikan bahwa lampu halogen yang sangat umum dipilih untuk keperluan ini hanya dipasang di tempat yang benar-benar membutuhkan pencahayaan yang lebih terang.

Selain itu, lampu gantung juga bisa dipilih untuk menambah efek dramatis dan artistik di area dapur. Area kompor juga bisa ditambahkan dengan pencahayaan yang disembunyikan di belakang cookerhood agar masakan yang sedang dimasak bisa terlihat dengan jelas dan matang dengan sempurna.

Pemasangan lampu untuk menambah keindahan lampu dengan menggunakan lampu sorot perlu dipertimbangkan dengan baik agar penggunaannya tidak berlebihan dan menguras terlalu banyak energi.

Tentu akan jauh lebih baik jika pencahayaan alami lebih dimaksimalkan terutama pada siang hari karena kebanyakan kegiatan memasak akan dilakukan saat matahari masih bersinar. Penggunaan lampu di siang hari saat memasak tentu akan sangat membuang energi yang tidak perlu jika memang kebutuhan pencahayaan di area dapur bisa dipenuhi dengan cahaya alami.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s