Mengelola Kehidupan Berkelanjutan Yang Ramah Lingkungan

Saat ini jumlah manusia yang tinggal di muka bumi semakin meningkat sementara luasan bumi sebagai tempat masih tetap dan sumber daya alam yang ada di dalamnya terus menerus menipis akibat dikonsumsi oleh manusia.

Adapun upaya manusia dalam mempertahankan dan menyelamatkan lingkungan dapat dilakukan oleh siapa saja dengan berbagai cara. Namun telah ada semacam rambu – rambu ataupun tindakan yang dianjurkan untuk diaplikasikan dalam kehidupan sehari – hari sebagai bagian dari cara hidup sehat, berkelanjutan dan ramah pada lingkungan.

Hal tersebut patut dipertimbangkan dengan serius mengingat masih ada generasi di masa mendatang yang masih membutuhkan bumi sebagai sebuah tempat hidup yang layak untuk ditinggali. Kerusakan demi kerusakan yang telah telanjur terjadi harus segera diperbaiki, masalah lingkungan yang terjadi harus segera diselesaikan dan dicarikan solusi.

Memberi Kontribusi Mulai Dari Diri Sendiri dan Saat Ini

Membangun kesadaran akan pentingnya memelihara kualitas lingkungan demi generasi mendatang adalah sangat penting. Memberikan pengetahuan dan membangkitkan keinginan untuk berkontribusi pada usaha menjalani kehidupan yang berkelanjutan dan ramah lingkungan adalah pekerjaan rumah bagi setiap orang yang telah tersadarkan.

Ada banyak hal seperti politik, ekonomi dan budaya populer yang mempengaruhi penyampaian pesan guna memasyarakatkan cara hidup berkelanjutan dan ramah lingkungan serta menjalankan aplikasi – aplikasi dalam meningkatkan atau setidaknya memelihara kualitas lingkungan agar tetap layak dan tetap mampu untuk mendukung berbagai kehidupan yang bergantung padanya.

Ada hal – hal sederhana dimana setiap orang hampir dipastikan dapat memberikan kontribusi positif melalui tindakan – tindakan ini. Memelihara sumber air dan mengkonsumsi atau menggunakan air dengan bertanggung jawab merupakan hal sederhana dan mudah yang dapat dilakukan setiap orang.

Ada hal – hal berkaitan dengan konservasi air yang dapat dilakukan berdasarkan perubahan perilaku dan ada juga yang memerlukan tindakan pengaplikasian suatu ilmu ataupun penerapan teknologi.

Menanam tanaman perindang dapat memberi efek positif pada kemampuan tanah menyimpan cadangan air serta mencegah adanya erosi di saat volume air meningkat dan tidak sanggup diserap oleh tanah.

Memasang sistem kran atau pengisian tangki air secara otomatis guna mencegah air meluap merupakan kontribusi dalam menjalankan konservasi air dengan penerapan suatu teknologi.

Reduce, Reuse dan Recycle

Ada tiga tindakan mendasar yang dianjurkan guna memperbaiki dan menekan tingkat kerusakan lingkungan akibat perilaku konsumsi manusia; baik itu konsumsi energi ataupun sumber daya alam lainnya.

Langkah pertama yang dianjurkan adalah reduce atau mengurangi; tindakan mengurangi konsumsi dapat diaplikasikan sebagai tindakan penghematan dengan melakukan konsumsi dengan cermat dan terukur.

Tindakan kedua adalah reuse atau menggunakan kembali. Ada banyak hasil sampingan dari konsumsi sesuatu yang dapat digunaan kembali misalnya kemasan plastik. Kemasan plastik merupakan salah satu jenis kemasan paling lazim yang digunakan mulai dari botol minuman hingga tas atau kantong belanja.

Dan kebanyakan dari kemasan plastik digunakan untuk sekali pakai; mengganti kemasan plastik dengan bahan lain yang dapat digunakan berulang – ulang dapat menjadi salah satu pilihan menekan penggunaan kemasan plastik; selain itu memanfaatkan kemasan plastik untuk fungsi – fungsi lain yang berguna juga dapat dijadikan alternatif lain.

Recycle atau mendaur ulang adalah menggunakan kembali suatu bahan setelah menjadi sampah dengan melalui proses pengolahan untuk menjadikan sampah tersebut menjadi barang baru dengan fungsi yang serupa ataupun memiliki fungsi lain yang juga tidak kalah bergunanya.

Tiga tindakan tersebut dapat menjadi dasar dari setiap usaha berkontribusi menyelamatkan lingkungan mulai dari diri sendiri dan mulai dari sekarang.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s