Konservasi Air Dalam Perilaku Konsumsi dan Aplikasi Teknologi

Selain energi, ada beberapa item lain yang juga perlu tindakan penghematan dan pelestarian guna keperluan menjaga kualitas hidup dan lingkungan untuk jangka panjang. Air merupakan salah satu item yang perlu mendapat perhatian secara serius mengingat fungsi dan kegunaan air dalam kehidupan sehari – hari dan menopang kehidupan berbagai makhluk.

Air merupakan salah satu sumber daya alam yang harus mendapat perhatian mengingat pentingnya dan perlunya konsumsi air bagi setiap makhluk hidup. Selain itu air juga dapat menjadi sumber energi alternatif yang dapat terus menghasilkan dengan pengelolaan yang bijaksana.

Dari total sumber daya air di Indonesia; baru sekitar 23% yang termanfaatkan sehingga masih ada daerah – daerah tertentu di Indonesia yang mengalami krisis air bersih.

Pentingnya Konservasi Air

Konservasi air menjadi sesuatu yang penting dan tidak lagi dapat ditunda mengingat pentingnya air bagi kehidupan. Ada banyak hal yang bisa dilakukan guna melaksanakan konservasi air dalam skala kecil mulai dari berhemat dalam mengkonsumsi air hingga membuat instalasi penampungan air hujan guna dipergunakan untuk berbagai keperluan.

Kenyataan bahwa beberapa daerah di tepi laut telah mengalami intrusi air laut juga merupakan sebuah indikasi menurunnya kualitas dan kuantitas air tanah sehingga segala bentuk tindakan penyelamatan dan perawatan air beserta sumbernya merupakan sebuah urgensi yang tidak dapat lagi ditunda.

Karena kebutuhan air sepertinya tidak akan menurun, bahkan semakin meningkat; oleh karena itu segala bentuk tindakan konservasi air mutlak diperlukan.

Ada beberapa hal mendasar yang dapat dilakukan oleh setiap orang dengan membangun perilaku mengurangi konsumsi dan merawat sumber air serta membuat sumber air alternatif.

Adapun tindakan – tindakan tersebut dapat berupa membangun perilaku masyarakat serta menggunakan atau mengaplikasikan suatu teknologi sebagai sebuah metode penghematan konsumsi air dan juga memanfaatkan atau membuat sumber air alternatif.

Ada beberapa hal penting yang menjadi landasan dan alasan dari pentingnya melaksanakan tindakan konservasi air. Ada beberapa tujuan dasar dari konservasi air; salah satunya adalah keperluan menjaga keseimbangan dan ketersediaan air di suatu lingkungan atau ekosistem.

Alasan lain dari konservasi air adalah penghematan energi; dengan penggunaan air yang bertanggung jawab maka akan ada penghematan energi untuk keperluan pengiriman air hingga penghematan dalam mengelola pengolahan air yang juga tidak akan lepas dari konsumsi energi.

Selain itu tindakan konservasi air juga dapat menjadi sebuah program konservasi habitat air guna menyelamatkan sumber air setempat serta mengelola migrasi air melalui aliran alamiah.

Aplikasi Teknologi Sebagai Kontribusi Dalam Konservasi Air

Di sisi lain; usaha manusia dalam menghemat air juga dilaksanakan dalam bentuk penciptaan dan pengaplikasian teknologi serta desain guna meningkatkan efisiensi penggunaan atau konsumsi air.

Salah satu aplikasi desain guna menghemat air adalah diciptakannya fitur dual flush pada desain kloset; pengguna kloset dapat memilih mengguyur kloset dengan volume air yang berbeda berdasar kebutuhan.

Selain itu; desain kran dengan sistem dapat menutup sendiri saat tempat air yang tengah diisi telah penuh juga dapat meningkatkan efisiensi penggunaan air dengan mencegah air terbuang percuma saat proses pengisian melalui kran.

Membangun sistem resapan air hujan dan juga penampungan air hujan dapat menjadi alternatif guna merawat sumber air tanah serta memberikan sumber air alternatif meskipun membutuhkan sistem pengolahan air agar layak dikonsumsi oleh manusia.

Sistem daur ulang air pada gedung dengan penghuni yang banyak dan tingkat konsumsi air yang tinggi juga merupakan sebuah solusi berbasis teknologi lain guna menekan tingkat konsumsi air.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s