Hemat Energi Dengan Sederhana

Isu lingkungan tidak bisa dipisahkan dengan isu energi karena penggunaan energi sangat berpengaruh terhadap kelestarian lingkungan. Energi fosil merupakan jenis energi yang menjadi sumber energi utama sekaligus penggerak dunia modern dalam berbagai bidang kehidupan mulai dari rumah tangga hingga industri.

Seiring dengan berjalannya waktu, energi fosil tidak lagi efektif karena keberadaannya di dunia yang semakin menipis dan sulitnnya sumber energi jenis ini untuk diperbaharui. Selain itu, penggunaan energi fosil juga mengakibatkan efek yang besar terhadap lingkungan terutama akibat emisi karbon yang dihasilkan oleh pembakaran energi fosil itu sendiri.

Emisi karbon yang menumpuk di atmosfer bumi dan tidak bisa dilepaskan ke ruang angkasa menyebabkan efek rumah kaca yang turut andil dalam naiknya suhu bumi.

Sebelum mimpi buruk akibat pemanasan global benar-benar terjadi di muka bumi, sudah saatnya kita sadar akan pentingnya melestarikan lingkungan dengan cara menghemat energi. Tidak perlu muluk-muluk dengan melakukan demo maupun menuntut pengurangan eksploitasi hutan misalnya karena melestarikan lingkungan dengan menghemat energi bisa dilakukan secara sederhana dan dimulai dari diri kita sendiri.

Langkah Konkret dari Diri Sendiri

Banyak hal yang kita anggap biasa dan tidak berharga yang rupanya berimbas besar terhadap lingkungan dan penggunaan energi. Menyalakan lampu di siang hari merupakan salah satu hal yang perlu kita hindari untuk menghemat energi.

Di siang hari, tentu sebaiknya sumber cahaya alamilah yang digunakan. Oleh karena itu, saat membangun maupun merenovasi rumah, kita perlu memastikan bahwa sumber-sumber pencahayaan alami berupa jendela haruslah diaplikasikan secara optimal.

Kita juga perlu membiasakan mematikan lampu saat tidur dan tidur lebih awal. Lampu hanya perlu dinyalakan saat kita masuk ke ruangan gelap seperti kamar mandi maupun gudang.

Jika rumah kita menggunakan pompa air listrik, ada baiknya kita memenuhi seluruh kebutuhan air di dalam rumah dengan sekali menyalakan pompa saja. Jangan terlalu sering menyalakan pompa dalam sehari karena tarikan listrik saat menyalakan pompa akan memakan daya listrik cukup besar.

Mencuci dan menyetrika pakaian secara teratur dan sekaligus akan sangat menghemat energi. Berangkat lebih pagi dan pulang lebih lambat saat menggunakan kendaraan pribadi untuk bekerja bisa dilakukan untuk menghindari macet yang akan menguras BBM.

Ada baiknya kita memilih peralatan listrik rumah tangga yang hemat energi. Kita perlu mengurangi pemakaian kendaraan pribadi untuk hal-hal yang tidak perlu. Kita perlu pula mengurangi membuang kertas bekas karena sebuah pohon ditebang untuk membuat selembar kertas.

Upaya Pemerintah

Pemerintah tentu perlu pula memberikan andil yang besar dalam upaya penghematan energi yang nantinya berimbas pada pelestarian lingkungan. Banyak hal besar yang bisa dilakukan oleh pemerintah mengenai hal ini tentu saja, tetapi hal-hal sederhana juga tidak boleh dilupakan.

Pemerintah perlu mengupayakan aturan yang berhubungan dengan penghematan energi di tempat umum seperti perkantoran, jalan raya, pusat perbelanjaan, terminal, dan lain sebagainya. Selain itu, pemerintah perlu juga memberikan semacam penghargaan yang menguntungkan bagi warga negara yang mampu menerapkan prinsip hemat energi baik secara personal maupun komersial.

Fasilitas kendaraan umum yang lebih baik dan lebih nyaman juga perlu disediakan oleh pemerintah agar masyarakat mau beralih menggunakan angkutan umum untuk berbagai kegiatan.

Sosialisasi mengenai prinsip hemat energi juga perlu dilakukan oleh pemerintah agar masyarakat lebih awas dan sadar mengenai pentingnya menghemat energi serta cara-cara yang bisa dilakukan untuk upaya ini.

Pemerintah juga perlu aktif dalam upaya mengembangkan dan melakukan penelitian energi alternatif yang bisa digunakan untuk mengatasi ketergantungan terhadap energi fosil.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s