Hemat Air? Apakah Perlu?

Air merupakan salah satu hal paling penting dalam kehidupan kita. Setiap harinya kita membutuhkan air untuk kegiatan rutin kita dari minum, mandi, sampai mencuci baju. Tanpa air, kita tidak bisa melakukan semua hal tersebut.

Bertambahnya usia bumi dan juga jumlah penduduk yang ada di bumi membuat kualitas air semakin menurun. Bahkan dibeberapa tempat di Indonesia dan di luar negeri mengalami kesulitan air. Beberapa bahkan mengalami pencemaran air yang sangat parah.

Hal ini membuat para penduduk yang tinggal dan hidup di lingkungan tersebut harus merasakan sulitnya mencari air bersih. Bahkan mereka terpaksa menggunakan air yang kotor.

Hal ini tentu harus kita perhatikan betul karena air merupakan kebutuhan utama dalam hidup kita. Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk bisa mengubah kebiasaan buruk kita dalam menggunakan air. Berikut adalah beberapa hal yang perlu anda lakukan untuk memiliki kebiasaan baik dalam menggunakan dan mengkonsumsi air.

Hemat Air untuk Kualitas Hidup Yang Lebih Baik

Menghemat air adalah hal paling penting karena dengan begitu anda bisa mengurangi penggunaan air. Contoh yang paling sederhana adalah dengan menghemat penggunaan air saat anda berada di kamar mandi.

Dengan mematikan keran ketika air sudah terisi penuh serta saat kita gosok gigi. Meski hanya sedikit saja anda menghemat air, namun dampaknya akan sangat baik untuk jangka waktu yang lama.

Lalu, dalam mencuci anda juga harus bisa menghemat air karena mencuci membutuhkan banyak air dari proses merendam sampai dengan membilas pakaian. Meskipun daerah lingkungan anda tinggal tidak mengalami kesulitan air bersih, anda tetap harus melatih diri and untuk membiasakan diri agar hemat dalam menggunakan air.

Membiasakan diri untuk hidup dengan lebih baik lagi agar anda bisa mendapatkan kualitas hidup yang baik dalam jangka waktu yang lama, maka anda juga sangat membantu dalam menjaga kebersihan lingkungan anda.

Yang harus selalu anda ingat adalah bahwa menghemat dalam bentuk sekecil apapun akan berdampak besar dalam jangka waktu yang lama. Mengingat air adalah kebutuhan harian anda, ada baiknya anda selalu mengingat hal ini.

Anda bisa menggunakan air bekas mencuci buah dan sayur sebagai pengganti untuk menyiram tanaman. Ini pastinya akan berguna sekali jika anda lakukan setiap hari. Memang tidak akan terasa, namun paling tidak akan memberikan efek yang baik bagi lingkungan terdekat dengan anda. Ingat, pencemaran air itu bisa berdampak sangat buruk bagi kehidupan kita, jadi mulai sekarang kita harus membiasakan hemat air.

Dampak Pencemaran Air Karena Kegiatan Rumah Tangga dan Industri

Tentang pencemaran air sendiri merupakan efek timbulnya penyimpangan sifat normal air. Hal ini bukan masalah tentang kemurniaan air, namun lebih kepada zat-zat yang menyebabkan tercemarnya air. Hal ini bisa terjadi karena proses kegiatan industry atau rumah tangga.

Contoh mudahnya adalah ketika kita mencuci baju dan piring. Sisa pembuangan dari air yang sudah tercampur dengan sabun membuat air yang mengalir ke pembuangan tercemar. Inilah mengapa kita harus benar-benar memperhatikan kegiatan mencuci dan kegiatan lain yang membutuhkan air.

Pencemaran ini akan merusak kondisi lingkungan sekitar, seperti keadaan tanah dan tanaman. Yang lebih parah lagi adalah pencemaran air yang dilakukan dalam jumlah besar, yakni seperti yang dilakukan oleh pabrik.

Pembuangan melalui sungai akan berdampak sangat buruk bagi lahan atau persawahan disekitar pabrik dan inilah yang menjadi masalah yang sampai saat ini belum bisa ditangani secara efektif oleh pemerintah.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s