Cara Sederhana Turut Serta Dalam Gaya Hidup Hijau Yang Ramah Lingkungan

Gaya hidup hijau atau ramah lingkungan merupakan hal sederhana yang dapat dilakukan siapa saja sebagai bentuk kontribusi menyelamatkan lingkungan. Ada banyak hal yang dapat dilakukan seseorang mulai dari mengelola konsumsi energi, air hingga memilih barang untuk digunakan atau dikonsumsi yang ramah lingkungan.

Menjalani gaya hidup ramah lingkungan adalah sebuah pilihan cerdas dan bijaksana, bukan pula sebuah tindakan utopis karena setiap kontribusi menyelamatkan lingkungan akan memberi efek positif; sehingga semakin banyak orang berkenan dan mau menjalani gaya hidup ramah lingkungan maka akan lebih besar harapan dan lebih besar pengaruh yang dapat dihasilkan dari segala macam tindakan guna menyelamatkan lingkungan dari kerusakan yang lebih parah.

Tidak ada seorangpun yang ingin hidup di lingkungan yang tidak layak untuk dihuni; oleh karena itu menjaga dan mengelola kualitas lingkungan dan kehidupan merupakan hal yang mutlak dilakukan guna menghindari hidup di lingkungan yang tidak layak huni.

Mengkonsumsi Makanan Sehat Bagi Tubuh dan Lingkungan

Ternyata, ada banyak jenis makanan yang sehat, menyehatkan serta dapat memberikan dampak baik bagi lingkungan karena pola membudidayakannya hingga cara memasaknya. Mempelajari jenis makanan ini dan memulai mengkonsumsinya akan menjadi sebuah kontribusi sederhana namun riil bagi lingkungan.

Hal pertama yang dapat dilakukan adalah belajar memasak sendiri dengan metode dan cara yg sehat dan hemat energi. Memasak dapat mengubah cara hidup seseorang karena pemahaman metode memasak hingga pemilihan bahan yang dilandasi oleh keinginan menjalani hidup ramah lingkungan. Hal sederhana seperti memilih sayuran organik dapat menjadi pemicu dari menularnya kebiasaan baik ini.

Dalam logika ekonomi; saat permintaan pasar akan sayuran atau bahan makanan organik meningkat, maka produsen akan berusaha memenuhi permintaan pasar dan tren ini dapat memicu petani yang belum menjalankan sistem tanam alami dan organik untuk berubah ke sistem tersebut karena hasilnya akan lebih mudah dijual.

Mengurangi mengkonsumsi makanan olahan akan menekan angka penjualan makanan olahan.

Mengapa makanan olahan patut dihindari atau ditekan jumlah konsumsinya?

Mengurangi konsumsi makanan olahan akan mengurangi penggunaan pengawet yang seringkali berupa zat kimia yang dapat memberi pengaruh buruh pada metabolisme tubuh manusia; selain itu kebanyakan makanan olahan dikemas dalam kemasan yang tidak ramah lingkungan seperti plastik ataupun kaleng.

Memilih Produk Ramah Lingkungan

Membuat pilihan membeli dan menggunakan produk ramah lingkungan merupakan tindakan yang sangat bijaksana.

Saat ini telah ada beberapa produsen fashion yang mempromosikan gaya hidup ramah lingkungan dan memproduksi produk fashion dengan cara ramah lingkungan dan juga bahan ramah lingkungan. Ini dapat menjadi pilihan guna menggugah kesadaran akan pentingnya menyelamatkan lingkungan dengan memilih mengkonsumsi atau menggunakan barang yang ramah lingkungan.

Beberapa barang atau produk lain yang juga telah mengarah kepada kesadaran akan penyelamatan lingkungan adalah produk furniture modern dan juga mainan anak – anak.

Sepertinya terkesan sederhana, namun industri furniture cukup berkontribusi pada perusakan hutan sebagai bahan baku serta penggunaan bahan plastik dan juga metal yang dapat dikatakan kurang ramah lingkungan.

Produk furniture yang memanfaatkan limbah kayu dan bahan daur ulang dapat dijadikan pilihan. Hal serupa juga berlaku pada produk mainan anak – anak modern. Bahan dan kemasan mainan anak-anak juga berkontribusi besar pada pencemaran lingkungan dan juga kerusakan hutan.

Alangkah bijaksananya jika para orang tua menanamkan kesadaran dan memberikan pengertian cinta lingkungan pada anak – anak dengan memberikan mainan yang juga ramah lingkungan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s