Cara Menjaga Lingkungan dengan Hemat Energi

Banyak orang yang bertanya-tanya mengenai hubungan hemat energi dengan kelestarian lingkungan karena bagi mereka keduanya tidak berhubungan secara langsung. Pada kenyataannya, penggunaan energi akan sangat berpengaruh terhadap lingkungan.

Bahan bakar minyak yang digunakan untuk menjalankan kendaraan misalnya, akan menghasilkan gas buangan berupa karbon yang jika tidak terserap oleh tumbuhan akan mengendap di atmosfer dan melubangi lapisan ozon dan menyebabkan efek rumah kaca.

Pemanasan global yang gencar digembar-gemborkan akhir-akhir ini tidak lain dan tidak bukan adalah efek dari pembuangan gas karbon dioksida yang sudah terjadi puluhan atau bahkan ratusan tahun di muka bumi.

Manusia tentu saja mempunyai andil besar dalam kerusakan ini sehingga tidak ada salahnya kita mulai menerapkan kehidupan yang lebih hemat energi sehingga alam pun lebih terjaga.

Evaluasi Penggunaan BBM

Penggunaan BBM di tengah masyarakat Indonesia semakin meningkat dari hari ke hari seiring dengan meningkatnya jumlah kendaraan yang melintasi jalan raya. Kita perlu melakukan pembatasan penggunaan BBM untuk kendaraan dengan cara menggunakan kartu pembatasan dan pencatatn pembelian BBM dan memilih menggunakan pertamax untuk kendaraan mewah dan keluaran terbaru.

Pemerintah juga perlu turut serta dalam upaya penghematan BBM dengan cara menaikkan harga BBM. Kenaikan harga BBM akan berdampak besar tentunya karena orang-orang akan mengurangi penggunaan kendaraan pribadi karena justru lebih hemat jika mereka menggunakan angkutan umum misalnya.

Dengan berkurangnya jumlah kendaraan yang melaju di jalan raya, tingkat kemacetan dan kecelakaan akan berkurang. Selain itu, polusi akibat asap knalpot juga akan semakin berkurang.

Kenaikan harga BBM juga akan berimbas pada berkurangnya beban subsidi pemerintah untuk BBM sehingga fokus anggaran bisa beralih ke hal-hal lain seperti pendidikan, perbaikan infrastruktur, layanan kesehatan, dan lain sebagainya.

Tentu kenaikan harga BBM juga perlu diimbangi dengan pelayanan angkutan umum yang lebih baik agar masyarakat merasa lebih nyaman.

Pengguna terbesar BBM adalah kendaraan pribadi dan jumlah kendaraan pribadi semakin hari semakin meningkat tidak lain dan tidak bukan karena kemudahan untuk membeli kendaraan tersebut secara kredit misalnya. Oleh karena itu, perlu regulasi yang lebih ketat untuk mengawasi penjualan dan produksi kendaraan.

Energi Alternatif

Selama ini, masyarakat Indonesia terlalu bergantung pada energi fosil dalam berbagai bidang kehidupan. BBM sangat diperlukan untuk menjalankan kendaraan dan BBM rupanya juga merupakan bagian penting dari produksi lstrik negara yang kian hari kian mahal.

Hal inilah yang membuat harga listrik kian hari kian mahal karena harga BBM yang digunakan untuk produksi listrik pun semakin mahal.

Sudah waktunya kita beralih ke sumber energi alternatif selain BBM yang lebih murah dan tentunya lebih ramah lingkungan karena penggunaan BBM akan menghasilkan gas buang berupa karbon dioksida yang mempunyai andil besar dalam pemanasan global.

Sebenarnya banyak sumber energi alternatif yang bisa digunakan contohnya energi air and angin yang belum dimanfaatkan secara maksimal. Energi surya yang tidak akan habis juga menjadi salah satu solusi masalah energi yang perlu dikembangkan lebih luas.

Sampah yang sudah lama menjadi masalah pelik di hampir seluruh area di Indonesia rupanya juga bisa dimanfaatkan sebagai sumber energi alternatif.

Indonesia yang berada di deretan cincin api menyimpan potensi tenaga panas bumi yang sangat besar dan sangat berguna untuk produksi listrik yang terancam krisis.

Pemerintah perlu mulai merencanakan pemanfaatan energi alternatif tersebut sekaligus memberikan penyuluhan dan pemahaman terhadap masyarakat mengenai konversi energi menuju penggunaan energi yang lebih hemat, efisien, dan ramah lingkungan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s